Friday, July 7, 2017

5 Cara Agar Blog Baru Cepat Terindex Google

cara agar blog diindex google

5 Cara Agar Blog Baru Cepat Terindex Google - Blog baru memang membutuhkan index agar muncul di mesin pencari. Pengertian dari index adalah tempat agar informasi di dalam blog ditemukan dan muncul di mesin pencari. Agar blog bisa dilihat orang banyak semestinya harus diindex kepada banyak mesin pencari seperti google, yahoo, bing, yandex, dan lainnya. Namun kali ini akan dibahas mengenai bagaimana cara agar blog terindex google. Kenapa memilih google?
  • google adalah mesin pencari yang memiliki pengguna paling banyak. Setiap harinya orang mencari sesuatu lewat google. 
  • terindex google lebih mudah daripada mesin pencari lainnya.
Jika Kamu mempunyai blog baru, sebaiknya prioritaskan untuk mengindex blog ke google. Cara ini diutamakan karena pengguna mesin pencari google sangat banyak sehingga blog Kamu mempunyai kesempatan untuk memiliki visitor yang banyak juga.

Kita fokuskan dulu ke google karena saat sudah terindex google maka jika ingin mengindex blog ke mesin pencari lain lebih mudah. Cara ini memang sudah banyak dilakukan oleh kebanyakan blogger. Akan tetapi mereka tidak menguliknya secara mendalam, sehingga banyak yang masih bertanya kenapa blog ataupun artikel yang telah di publish belum juga terindex google.


1. Membuat Blog

Sebelum melakukan index google pasti Kamu akan membuat blog yang Kamu inginkan. Pilih url blogspot yang tersedia lalu buat blog. Setelah membuat blog tak lantas langsung tampil di google sehingga kamu harus menambahkan url blog kamu ke google console agar tersubmit. Nantinya google akan merayai blog mu agar masuk ke index mereka.


2. Ubah menjadi domain TLD

Langkah pertama terlewati, saat setelah blog baru telah dibuat. Namun url blog baru Kamu masih menggunakan subdomain bawaan dari blogspot. Memang menggunakan subdomain ini tidak mengeluarkan biaya, tetapi jika Kamu ingin serius menggeluti dunia blogging lebih baik uprage ke domain TLD. 

Mungkin bagi blogger baru lebih memilih subdomain bawaan daripada top level domain. Tunggu dulu. Jika Kamu berfikir untuk jangka panjang, pilihlah top level domain. Karena jika sewaktu-waktu blog Kamu telah memiliki banyak pengunjung dan masih memilih subdomain bawaan lalu ingin berganti ke domain TLD akan merugikanmu. 

Itu akan membuat rank dan index yang ada di google akan menurun. Maka dari itu lebih baik memasang domain TLD di blog baru agar index google mu tidak sia-sia sehingga tidak bekerja dua kali. Selain itu domain TLD juga terlihat profesional dan mudah di index google. Karena di mata google domain ini lebih diprioritaskan sehingga cepat untuk dirayapi.


3. Daftarkan blog ke webmaster tools

webmaster tools adalah layanan dari google untuk membantu Kamu dalam memantau blog setiap saat. Di dalam webmaster Kamu bisa melakukan pengamatan mengenai blog mu sehingga bisa melakukan optimasi mesin pencari. Terdapat beberapa menu yang bisa digunakan untuk membantu blog terdeteksi dan menempati halaman teratas google. 

  • Tampilan Penelusuran

menampilkan data blog terstruktur, penyorotan data, penyempurnaan html

  • Lalu lintas penelusuran

menganalisa penulusuran analytics, tautan internal yang menuju situs blog

  • Google indeks

membantu dalam memantau alamat yang terindex, penghapusan url, dan tautan yang diblokir google

  • Perayapan

melihat kesalahan dan statistik perayapan, penguji robot.txt, peta situs  dan parameter perayapan


4. Submit url dan sitemap

Cara ini memang sudah menjadi hal utama para blogger. Artikel yang terpublish nantinya akan di telusuri google setelah submit alamat url. Usahakan buat artikel dengan konsisten, meskipun tidak banyak tetapi stabil. Misal tiga hari sekali atau dua hari sekali. Kemudian tambahkan sitemap untuk di submit. Langkah ini Kamu harus masuk ke webmaster tools terlebih dahulu lalu klik menu perayapan dan klik peta situs. Tambahkan sitemap blog dengan ketik sitemap.xml atau atom.xml setelah http://contohblog.com/.


5. Ping google dan fetch as google

Langkah ini akan mempercepat terindex blog ke google. Cara ini memang akan membuat google untuk memprioritaskan agar blog kita cepat terdeteksi. Ping google sendiri merupakan cara untuk memberitahu google bahwa terdapat url yang harus dirayapi google. Sedangkan fetch as google agar blog cepat muncul di halaman google baik itu di desktop maupun mobile. Kamu bisa melakukan fetch as google melalui webmaster tools.

2 comments


EmoticonEmoticon