Sunday, July 16, 2017

Cara Efektif Mengurangi Bounce Rate Blog Yang Tinggi

Cara Efektif Mengurangi Bounce Rate Blog Yang Tinggi - Sebuah blog yang baik di mata pengunjung setidaknya mempunyai bounce rate yang rendah. Apa itu bounce rate? yaitu presentase jumlah pembaca yang hanya mengunjungi satu artikel di dalam blog tanpa mengklik artikel yang lainnya. Semakin banyak yang hanya membaca satu artikel, semakin tinggi pula bounce rate blog. Memang sih sebagai author tidak bisa menyalahkan pengunjung untuk keluar masuk postingan. Ini berpengaruh pada trafik blog yang semakin rendah.

cegah bounce rate tinggi


Jika Kamu belum tau cara cek bounce rate, bisa gunakan google analytics ataupun alexa rank. Di situ akan disuguhkan berapa persennya. Pengaruh tinggi rendahnya presentase itu akan mempengaruhi page rank web di mata google. Apalagi dengan adanya algoritma panda. Dikatakan rendah atau bounce rate yang bagus apabila nilainya mencapai 10% atau di bawahnya.

Terdapat beberapa cara yang bisa diaplikasikan secara efektif mengatasi bounce rate rendah. Atau mungkin bisa membuat pengunjung blog betah berlama-lama menjelajahi banyak artikel.


1. Buat artikel yang disukai pengunjung

Tidak banyak artikel di blog yang mempunyai pengunjung stabil. Ada yang mempunyai nilai kunjung lebih tinggi dan ada yang rendah. Membuat artikel agar disukai pengunjung memang membutuhkan praktek seo onpage dan diimbangi berburu backlink berkualitas. Selain itu artikel yang dimuat tidak meninggalkan hal-hal penting seperti
  • artikel enak di baca
  • sesuai kebutuhan pengunjung
  • mengetahui keinginan pengunjung
  • tidak berbelit-belit atau terlalu panjang
  • artikel blog menarik
Jika pembaca artikel menyukainya maka untuk mendapatkan pengunjung organik akan lebih mudah sehingga tidak ada kata blog kurang pengunjung. Dengan banyak yang berkunjung ditambah kualitas konten yang baik akan membaca banyak topik di blog.

Kamu harus benar-benar memikirkan bagaimana ukuran iklan adsense yang baik, lokasi yang strategis, dan penempatan iklan dengan high ctr. Mending memilih menempatkan sedikit iklan tetapi presentase kliknya tinggi daripada banyak iklan tapi tak ada satupun yang diklik.

2. Selektif menempatkan iklan di artikel

Berfikirlah mengenai kenyamanan pembaca saat memasang dan menempatkan iklan di blog. Tidak sedikit yang memilih meninggalkan situs karena iklan yang mengganggu atau menghalangi konten. Berbijaklah sesuai dengan batas wajar, meskipun memasang iklan di blog menghasilkan banyal uang tak lantas menaruh banyak iklan dalam satu artikel.

Jika blog Kamu masih tergolong baru dan masih dalam tahap pengembangan dianjurkan untuk tidak memasang iklan pop up karena sangat merugikan. Hindari juga konten iklan yang mengandung rasa jijik atau tidak pantas karena terdapat beberapa penyedia iklan yang memuat konten seperti itu. Intinya main aman saja.

3. Link tautan ke artikel lain

Untuk meningkatkan rasa penasaran pengunjung biasanya dalam sebuah artikel disempatkan link yang menuju artikel lain. Anchor text digunakan untuk menautkan link ke artikel lain yang relevan dengan menggunakan teks. Selain itu bisa gunakan "baca juga" atau "lanjutkan membaca" untuk mengaitkan ke postingan lain.

Link internal memang dibutuhkan sebuah blog untuk meningkatkan seo. Jika banyak tautan yang diklik maka kemungkinan besar bounce rate blog rendah. Tetapi sama seperti penempatan iklan, anchor text yang digunakan pun sewajarnya saja karena jika berlebihan akan tidak baik di mesin pencarian.

4. Mempercepat loading blog

Salah satu faktor penentu tinggi rendahnya presentase bounce rate adalah waktu yang dibutuhkan untuk menampilkan satu halaman blog dalam tampilan sempurna. Loading blog berat akan membuat kesal pengunjung yang ingin membaca artikel dan menutup halaman blog.

Kecpatan loading yang ideal tidak sampai 3 detik dan ukuran tampilannya tidak melebihi 100kb. Untuk menambah kecepatan loading blog bisa dengan cara meringakan script html dan menghapus properti atau widget yang tidak penting. Kamu bisa cek kecepatannya menggunakan gmatrix.

5. Widget artikel terkait

Keberadaan widget ini memang membantu dalam meningkatkan minat pembaca untuk meng klik artikel yang berkaitan. Biasanya terletal di bawah artikel yang relevan sesuai kategori. Karena dengan adanya ini, orang akan lebih mudah mencari artikel yang terlintas atau yang ingin dibaca. Peluang bounce rate rendah pun sangat realistis ditambah dengan widget lainnya seperti popular post. 

2 comments

Mantap gan tipsnya. Saya setuju banget dengan poin pertama Karena pengunjung memang membutuhkan informasi jadi penulis ya harus ekstra berusaha dalam membuat sebuah artikel yang informatif dan bermanfaat.

memang betul konten yang paling utama, jika konten tak berkualitas percuma juga optimasi seo


EmoticonEmoticon