Thursday, July 13, 2017

Mencegah Trafik Blog Turun Drastis

Mencegah Trafik Blog Turun Drastis - Pasti seorang blogger tidak ingin blog yang telah berkembang sehingga mempunyai pengunjung banyak tiba-tiba turun drastis. Banyak faktor yang mempengaruhi sebuah trafik kadang naik atau turun. Persaingan di halaman google adalah salah satunya. Usia blog tidak menjamin akan mendatangkan pengunjung yang banyak sebelum di optimasi.

Trafik blog turun drastis


Pernah teman blogger saya bercerita jika blognya tidak ada yang mengunjungi dalam satu hari tersebut padahal sebelumnya selalu mempunyai visitor yang tidak sedikit. Hal ini membuat dia bingung dan khawatir jika blognya terkena google sandbox. Terus bagaimana solusinya? Tenang dulu, berikut akan saya paparkan beberapa cara untuk mencegah hal tersebut terjadi dan tidak terulang lagi.


1. Isi artikel yang baik

Yang paling utama dan mendasar yaitu artikel dari blog tersebut. Karena visitor sejatinya akan mencari apa yang mereka cari. Tentunya yang mampu menyelesaikan masalah sampai tuntas. Konten yang baik bukan hanya di mata google saja tetapi juga yang dibutuhkan oleh orang. Jangan karena ingin menempati halaman pertama google, Kamu semena-mena dalam memasukkan kata kunci tanpa memperhatikan kenyamanan pembaca.

Ini yang tidak disukai. Bukannya materi yang dituliskan tersampaikan tetapi malah pergi mencari referensi lain. Memposting setiap hari memang boleh jika dirasa mampu, tetapi juga harus memperhatikan kualitas kontennya. Usahakan agar seluruh artikel di blog mempunyai standar kualitas seo yang sama. Jangan karena sebuah kata kunci dalam judul mempunyai nilai klik yang tinggi di mata adsense membuat Kamu meng anak emaskan. Jadi buatlah konten yang dibutuhkan orang bukan mesin pencari.


2. Judul postingan menarik

Tunjukkanlah kesan pertama kepada para pembaca dengan menerapkan judul artikel yang unik. Sehingga akan menggugah rasa penasaran mereka untuk meng klik artikel tersebut. Tetapi dalam prakteknya, banyak blogger yang menyalahgunakan tips ini untuk mendapatkan pengunjung blog yang banyak. Biasanya judul artikel dibuat seheboh mungkin (klik bait) tanpa memperdulikan isi konten yang relevan. Ini akan.memperburuk kualitas seo on page. Untuk itu tetap terapkan bidikan keyword utama di dalam judul postingan dengan di buat semenarik mungkin.

Biasanya para blogger lebih terpaku terhadap isi konten yang dibuat selama berjam-jam sehingga hanya mempunyai sedikit waktu untuk memikirkan judul postingan. Apalagi jika tidak sabar untuk cepat-cepat mempublishnya. Buatlah judul yang jelas sehingga bisa dipahami, bukan yang absurd bahkan tidak berkaitan dengan isi.


3. Mencari long tail keyword

Persaingan di halaman satu google sangatlah ketat. Untuk itu selektiflah dalam memilih kata kunci yang dibidik. Jangan hanyak karena banyak dicari lantas memaksakan untuk memilih kata tersebut, padahal banyak yang menggunakannya sebagai judul maupun keyword artikel. Untuk mensiasatinya, Kamu bisa memilih kata turunan dari kata utama.

Bayangkan saja jika jika penghuni page one google adalah blog-blog yang besar dengan reputasi dan umur yang lama. Ini akan sulit untuk memulai persaingan untuk naik ke posisi atas. Long tail keywords adalah solusinya karena persaingannya rendah. Selain pencari lebih tepat sasaran karena kata kunci yang lebih panjang sehingga bisa menduduki posisi halaman pertama.

4. Cek kesehatan blog

Setelah blog mempunyai reputasi yang bagus dengan page views yang banyak tak lantas membuat Kamu berpuas diri. Hal ini mencegah persaingan seo dengan yang lainnya sehingga artikelmu turun rangking. Pemeliharan kesehatan blog sangat diperlukan seperti mengecek crawl error, kecepatan loading, fan penyempurnaan seo.

Penurunan trafik secara drastis mungkin disebabkan oleh faktor ini sehingga blog masuk ke google sandbox. Lihatlah trafik dari setiap artikel, mana yang memiliki page view paling rendah di antara yang lainnya sehingga perlu untuk dioptimasi. Mungkin artikel tersebut yang membuat pengunjung sedikit karena terjadi masalah.

5. Promosi

Memang benar promosi adalah cara kilat untuk meningkatkan trafik pengunjung sebuah web. Namun jangan ceroboh, bisa-bisa google menganggap promosi yang dilakukan dianggap spam seperti menebar banyak link ke sosial media. Promosi yang baik adalah dengan cara menumbuhkan kepercayaan kepada orang agarau berkunjung kembali.

Bagaimana melakukannya? Kamu bisa membuat grup atau fanspage di facebook dengan berbagi ilmu kepada sesama blogger. Bantu mereka yang mempunyai masalah dalam dunia blogging. Jika dirasa tidak tahu carilah di google. Ini akan membuat orang tersugesti jika Kamu adalah blogger yang baik dan pintar. Bersamaan itu Kamu biaa mempromosikan blogmu dengan menjadi rujukan bagi mereka yang ingin mendalami ilmunya.

6. Selektif terhadap backlink

Backlink cukup berpengaruh terhadap peringkat di google. Mendapatkan itu dari web dengan prioritas tinggi memang menjadi senjata pamungkas agar google melirik dan ditempatkan di posisi teratas. Link tautan dari satu artikel ke artikel lainnya juga sangat manjur untuk menarik pengunjung agar membaca postingan lain. Tentunya dengan link yang relevan dan sesuai batas wajar. Ini bisa meningkatkan trafik blog hingga empat kali lipat.

Terdapat blog yang hanya mempunyai backlink sepuluh tetapi menduduki peringkat pertama google, sedangkan ada yang memiliki backlink dua puluh tetapi hanya duduk di jajaran baris kedua. Yang membedakannya yaitu kualitas dari backlink tersebut. Semakin tinggi nilai DA dan PA link tersebut maka semakin baik sebagai penopang blog.

7. Konsisten

Seorang yang masuk di dunia blogging harus memiliki tekad kuat dari awal untuk menekuninya sehingga dapat konsisten sampai akhir. Meskipun awalnya berjuang mati-matian membuat postingan sampai otak-atik sana sini agar seo tetapi hasil tidak akan menghianati proses. Konsisiten di sini bisa dianggap kegiataannya, trafiknya, penghasilannya, atau posisi blog di google serp. Jangan karena suatu masalah terjadi di blog semisal banyak yang deindex atau trafik blog turun drastis, atau penghasilan dari adsense sedikit membuat Kamu malas lagi terjun mengurusi itu semua.

Diantara tujuh di atas, mana yang paling utama agar trafik tetap stabil bahkan meningkat? Tulis di komentar ya, semoga bermanfaat.

3 comments

ini bermanfaat buat saya ini gan thanks yah infonya ...

sama kayak ane beberapa hari lalu drastis bgd, makasih tipsnya

This comment has been removed by the author.


EmoticonEmoticon