Wednesday, July 26, 2017

Panjang Artikel Berpengaruh Pada SEO

Panjang Artikel Berpengaruh Pada SEO - Artikel panjang apakah bagus? Apakah harus dengan konten yang panjang agar memenuhi syarat SEO? Sebenarnya artikel tidak harus selalu panjang untuk memenuhi kriteria SEO agar masuk halaman satu google. Tetapi kenapa situs dengan postingan panjang banyak yang masuk ke halaman satu google?

panjang artikel di mesin pencari

Perbandingan artikel panjang dengan pendek


Apa salahnya dengan konten yang pendek? Memang tidak salah. Tetapi bukan itu masalahnya. Sebenarnya yang penting artikel itu harus efektif. Percuma saja Kamu membuat paragraf dengan banyak kata tetapi hanya basa-basi. Buat artikel itu sesuai dengan porsinya. Maksudnya jika tema yang diangkat itu ringan percuma menjelaskannya panjang lebar. Tetapi jika yang mau ditulis itu tema yang cukup berat dan luas, memang harus dijelaskan secara rinci dan membutuhkan keyword yang banyak.


Bagaimana memilih konten yang ideal?


Membuat konten tidak lantas satu kali tulis langsung publish. Tidak, itu membutuhkan beberapa tahap menuju final. Apa saja tahapnya?


  • research keyword
Sebelum memulai, lakukanlah penelitian mengenai keyword yang akan dibidik. Masukkan keyword tidak hanya satu atau dua saja tetapi lebih dari itu. Semakin banyak keyword yang disebar, maka semakin berpeluang orang akan menemukan artikelmu. Tetapi jangan ceroboh untuk melakukan keyword stuffing dengan mengulang-ngulang kata kunci.

  • menulis dengan mengalir
Buatlah poin-poin utama terlebih dahulu mengenai tema artikel. Lalu menulislah apa yang ada di pikiranmu. Jika Kamu merasa sudah mentok dalam mencari ide, lihatlah kembali poin yang ditulis tadi. Kemudian kembangkan sesuai kebutuhan. Lanjutkan hari berikutnya jika dirasa tidak mampu.

  • revisi
Setelah selesai menulia artikel, bacalah kembali dan revisi apa yang kurang sesuai dan tidak enak dibaca. Masukkan keyword yang dibidik di awal, tengah, dan akhir paragraf. Kemudian lakukan optimasi seo onpage.


Artikel panjang seperti apa yang mempengaruhi SEO?


Jika Kamu melihat hasil di halaman pageone google, kebanyakan dari mereka memiliki artikel yang panjang dan relevan dan itu sulit untuk tergeserkan. Kenapa bisa? Orang akan memilih artikel yang mempunyai isi yang lengkap dan tidak menyimpang jauh dari judul. Situs besar pasti memiliki tidak kurang dari 50% artikel dengan jumlah kata kisaran besar. Ini diharapkan akan mempunyai keyword yang kaya sehingga orang akan banyak mencarinya. Meski panjang, tetapi tetap menarik dibaca dan informatif sehingga konten bermanfaat


Kesimpulan


Membuat artikel harus sesuai porsinya agar efektif dan relevan. Semakin mendalam pembahasan semakin baik pula konten tersebut di mata pengunjung dan mesin pencari. Dengan itu kita bisa menyebar banyak keyword yang dicari orang sehingga mempengaruhi kualitas SEO. Memang benar artikel panjang lebih baik tetapi jangan paksakan untuk membuatnya jika tidak sanggup. Artikel dengan 400-800 kata juga sudah cukup untuk menjadikannya pageone.

4 comments

Sangat bermanfaat mas,ini yang saya cari selama ini tentang penjelasan khasiat artikel pendek dan panjang untuk kualitas SEO

Kadang bagi blogger pemula seperti saya malas buat artikel panjang

awal awal emang berat gan, tapi kalo udah terbiasa dan konsisten pasti mantap


EmoticonEmoticon