Tuesday, July 25, 2017

Apa Saja Yang Dipersiapkan Untuk Memulai Bisnis Online?

Apa Saja Yang Dipersiapkan Untuk Memulai Bisnis Online - Perlu persiapan khusus untuk menjalankan suatu bisnis. Untuk terjun ke bisnis online tidak segampang yang dikira. Tidak sembarangan untuk memulai tanpa bekal yang cukup. Persiapan yang matang sangat dibutuhkan untuk memulai bisnis online dari nol. Banyak orang yang tergiur karena hasil yang menjanjikan dengan terburu-buru ingin menggelutinya. Tetapi ceroboh tanpa memikirkan untuk hal kedepannya.

Hal yang disiapkan bisnis online

Bisnis online sedikit berbeda dengan bisnis offline yang biasanya. Untuk menghadapi kekurangan dan kelebihan bisnis online dibutuhkan antisipasi dari awal. Lalu apa saja yang harus dipersiapkan untuk memulai bisnis online?


1. Rencana jangka panjang

Sebelum melakukan langkah ke depan sudah seharusnya membuat perencanaan bisnis yang dirancang secara terstruktur. Bagaimana bisa sebuah bisnis dijalankan tanpa ada langkah-langkah perencanaan usaha? 

Konsep yang dibuat tentunya sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Kamu. Misalnya berisi kelemahan dan kelebihan perusahaan, visi dan misi, penjabaran serta pengembangan bisnis seperti manajemen dan operasional. 

Itu semua tidak bisa berdiri satu-perasatu tetapi menjadi kesatuan yang utuh. Sehingga usaha yang dibangun cepat menuju puncak.


2. Modal awal membangun bisnis


Banyak marketer yang berfikir bahwa untuk memulai sesuatu perlu modal besar sehingga mereka menunda usahanya san lebih memilih untuk mengumpulkan uang terlebih dahulu. 

Tapi apakah modal hanya berupa uang saja? Banyak hal-hal kecil lainnya yang bisa dijadikan investasi jangka panjang. Modal yang digunakan semisal

  • Membuat web dengan domain tld dan self hosting
  • Membuka rekening bank
  • Membuat email perusahaan
  • siapkan produk dan jasa
Kamu bisa memakai subdomain blogspot jika belum memiliki uang yang cukup. Tapi disarankan memilih domain top level agar profesional. Untuk rekening Kamu bisa meminjam milik teman atau keluarga. Jadi jangan takut jika tidak memiliki modal uang.


3. Strategi khusus untuk bersaing


Seorang internet marketer mempunyai cara tersendiri untuk menjual produk untuk dapat bersaing dengan pebisnis lain. 

Misalnya saja usaha online shop. Pasti suatu toko mempunyai ciri khas tersendiri dalam mendapatkan pembeli. Strategi marketing sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kepercayaan pembeli. 

Tapi jangan fokus pada satu tujuan saja. Kebanyakan pebisnis pemula hanya terpaku pada satu hal. Di sini Kamu tidak hanya terfokus pada produk saja tetapi juga target pemasaran. 

Jangan pernah melakukan hal curang untuk menaikkan popularitas. Boleh membuat judul atau deskripsi produk yang membuat orang penasaran tetapi juga harus relevan dengan kondisi barangnya. 

Selain itu menjadi customer service yang ramah akan membuat pelanggan lebih nyaman dan berfikir positif terhadap bisnis online Kamu. Misalnya saja selalu menjawab pertanyaan pembeli yang tidak tau atau merasa kebingungan. 

Jangan pernah meniru apa yang dilakukan oleh pesaing Kamu, karena itu tidak akan membuat Kamu satu tingkat diatasnya.


4. Bekerja secara tim


Memang mendirikan usaha sendiri memiliki untung yang lebih banyak karena uang hasil kerja mutlak menjadi milik sendiri. Selain itu kebebasan menjalankan manajemen membuat leluasa untuk mengembangkan bisnis. 

Tetapi di samping itu apa Kalian tidak berfikir resiko menjadi indivudual marketer? Bagaimana jika tiba-tiba bisnis yang dijalankan bankrut sedangkan Kamu tidak mempunyai partner? 

Tentunya Kamu akan merasa kesulitan menangani sendiri saat bisnis onlinemu berada di titik puncak. Bekerja dalam tim akan membuat pekerjaan lebih cepat selesai dan teroganisir.


5. Perhatikan hal teknis maupun non teknis


Jangan terpaku pada hal teknis saja. Hal non teknis juga perlu ditingkatkan. Sikap disiplin, kerja keras, dan pantang menyerah menjadi beberapa contoh hal yang bisa membuat bisnis online sukses. Tidak lain, itu untuk mengantisipasi suatu hal yang tidak diinginkan dalam perusahaan. Misalnya bangkrut, stok barang tersendat, sepi pembeli, dan sebagainnya.


6. Target pasar


Pilihlah market target yang sesuai dengan produk yang dimiliki. Bidik para pembeli yang memang benar-benar membutuhkan barang tersebut dan usahakan jangan memilih market yang sama dengan yang lainnya untuk mengurangi persaingan. Untuk memkasimalkannya lakukan promosi baik dengan berbayar ataupun gratis lewat media sosial. Sehingga bisnis bisa dikenal.

Bisnis online ini memang menjadi market terbaru dengan meningkatnya pengguna internet. Kamu bisa memanfaatkan iklan online untuk meningkatkan jangkauan pembeli. Bagi pemula, persiapan untuk usaha online ini benar-benar dibutuhkan agar bisa bersaing.

1 comments so far

Cukup memahami saya. Terima kasih tips nya. Cukup membantu


EmoticonEmoticon