Saturday, August 5, 2017

Persiapan Membuat Website Toko Online Untuk Bisnis Mulai Dari Nol

Persiapan Membuat Toko Online - Untuk membuat website toko online yang profesional perlu persiapan yang matang. Kamu tidak mau kan karena membuatnya asal-asalan sehingga sedikit sekali yang membeli produk. Untuk itu perlu persiapan khusus mengenai apa saja yang dibutuhkan dalam toko online. 

Terdapat beberapa hal yang harus disiapkan untuk membuat web toko. Tenang saja, persiapan ini bisa dilakukan oleh semua orang termasuk pemula yang baru terjun ke bisnis online.

persiapan website olshop

Lalu apa saja persiapan membuat website toko online untuk memulai bisnis? Berikut ini dijelaskan hal yang harus diperhatikan sebelum membuat online shop.


1. Produk dan katalog


Hal yang paling utama adalah produk. Tujuan awal membuat toko online adalah untuk menjual produk kepada orang banyak. Untuk itu pemilihan produk sangat penting untuk kelangsungan bisnis online yang Kamu rintis. 

Mulai sekarang tentukan produk apa yang cocok untuk dijual secara online. Jika Kamu bingung mengenai barang seperti apa yang menjadi incaran banyak orang dalam  jual beli online? Untuk sedikit gambarannya, berikut kriterianya

  • jenis produk banyak dicari orang

lihatlah barang apa yang banyak dicari orang dan memiliki siklus produk yang relatif cepat. Misalnya saja barang elektronik dan fashion.

  • harga masih terjangkau

Persaingan harga dengan penjual lain menjadi lirikan para pembeli untuk menentukan pilihan toko mana yang cocok untuk tempat membeli. 

  • melihat kebutuhan konsumen

menjual produk di pasaran harus melihat permintaan konsumen. Maksudnya cermatilah apa yang mereka butuhkan sehingga mereka mencari barang untuk dibeli.

Setiap calon pembeli pasti ingin mengetahui kondisi barang yang ingin dibelinya. Terus bagaimana caranya jika lewat toko online? 

Katalog dan deskripsi produk adalah jawabannya. Di setiap toko online pasti memiliki ulasan mengenai aebuah produk sehingga memudahkan pembeli dalam memilih barang.


2. Rekening bank


Rekening bank sangat penting untuk kelancaran bisnis online. Setiap toko online pasti mempunyai rekening bank untuk menerima transfer uang dari para pembeli. Memang dengan sistemnya yang online membuat para pelapak membuka rekening untuk mempermudah transaksi jual beli. 

Untuk rekomendasi, jika Kamu mempunyai sebuah tim di dalam mengembangkan website toko sebaiknya memiliki rekening lebih dari dua bank. Ini untuk memudahkan dalam melakukan pembayaran e-commerce. 

Internet bangking dan mobile bangking juga penting jika sewaktu-waktu akan melakukan tarif. Perlu diketahui bahwa maraknya bisnis online seperti olshop mengakibatkan peningkatan nilai transaksi e-commerce lebih dari 34,9 triliyun di akhir tahun 2015 (CNN Indonesia). 


3. Domain dan hosting


Pemilihan nama domain yang bagus menjadi daya tarik tersendiri bagi pengguna internet sehingga mendatangkan banyak klik. Memilih nama domain juga harus berhubungan dengan apa yang terdapat di dalam isi website tersebut. 

Dalam kasus ini adalah masalah toko online. Pilihlah nama yang berhubungan dengan pemasaran atau jual beli. Jika Kamu menjual produk satu jenis bisa juga menggunakan nama jenis tersebut. Mungkin juga dengan menggunakan nama brand mu sendiri. 

Biasanya website online shop memilih menggunakan hosting sendiri. Untuk menjaga kenyamanan pengunjung menjelajahi website, pilihlah hosting dengan kapasitas besar dan performa yang ciamik. Hal ini mengantisipasi pengunjung kabur dan tidak jadi memesan barang karena web yang lemot. 


4. Website berkualitas dan seo friendly


Sebuah website akan menjadi tempat untuk mempromosikan produk-produk kepada semua orang. Untuk itu performa dan kualitas web sangat penting sehingga banyak orang yang mengunjungi dan melihat barang yang diiklankan di web.

 Kelengkapan navigasi di dalamnya juga diperhatikan untuk meningkatkan kepercayaan calon pembeli. Ini ada kaitannya dengan masalah user experience. 

Website toko online juga harus mempunyai kualitas seo yang bagus. Kenapa? agar web bisa nangkring di page one google sehingga banyak orang yang clik. Jadi toko online mu bisa bersaing dengan olshop lain. 

Upaya untuk mendatangkan pengunjung juga bisa melalui iklan google. Banyak situs jual beli online di Indonesia yang memanfaatkan google ads untuk mempromosikan produknya.


5. Sistematika online shop


Mekanisme dalam pembelian online harus dibuat sejelas-jelasnya agar pengunjung tidak bingung. Mulai dari pengunjung memilih barang, transaksi, pengemasan, dan pengiriman kepada pembeli. 

Toko online juga harus siap bertanggung jawab apabila terjadi kerusakan barang akibat kelalaian penjual atau kesalahan jenis barang. Untuk itu jika Kamu membuka usaha  toko online berikan jaminan dan peraturan kepada para klien. 

Persiapan membuat toko online memang tidak segampang yang dikira. Butuh keseriuaan untuk menekuni bisnis online shop ini.

8 comments

Mantal artikelnya bang jadi pengen nih buat web toko online.

https://goo.gl/6zD8Xh sangat membantu artikelnya untuk kebutuhan bisnis online follow back gan :D

pake platform apa kalau buat toko online gratis?
sekalian tutorial dari awalnya.

lebih baik hosting sendiri atau nebeng dengan penyedia situs shop online yang sudah ada min ya..

saya juga lagi coba olshop, cuman blum punya website profesional. thanks yah untuk tipsnya

Nomer 3 wajib ada, kalau poin no 4, enakan pakai WordPress + WooCommerce untuk membuat sistem toko onlinennya


EmoticonEmoticon