Wednesday, September 6, 2017

Langkah Yang Ditempuh Setelah Memposting Artikel Baru

Langkah Yang Ditempuh Setelah Memposting Artikel Baru - Apakah setelah membuat artikel dan mempostingnya lantas tugas kita selesai? Belum sepenuhnya tuntas. Lalu hal apa yang harus dilakukan setelah memposting konten baru?

yang dilakukan setelah publish konten


Memang jika konten yang Kamu buat benar-benar berkualitas tentu akan mudah dalam mendapatkan peringkat pertama di mesin pencarian. Tetapi apakah setelah berada di pageone lantas membiarkan artikelmu begitu saja? Bagaimana hal yang harus dilakukan?

Bandingkan dengan konten yang biasa-biasa saja. Setelah memposting, masih sedikit saja visitor yang datang di blog kita. Lalu langkah apa yang Kamu lakukan? Sudah pasti akan mencari tahu kenapa artikel tersebut kalah bersaing atau sedikit yang membacanya.

Dalam membuat konten tidak hanya perihal membuat artikel, publish, dan submit webmaster saja. Tetapi perlu tindakan lanjutan untuk mendapatkan nilai tambah dalam serp.

Apakah langkah yang diambil setelah publish artikel?



1. Langsung submit ke webmaster


Sudah menjadi hal umum seorang blogger akan submit blognya ke search engine terutama google. Namun ada juga yang mensubmit ke bing, yahoo, yandex, dan mesin pencari lainnya. Intinya semakin blog kita terindex ke banyak mesin penelusuran, semakin besar pula peluang mendapatkan popularitas blog.

Apa tujuan submit blog?

Dengan kita submit artikel ke mesin pencarian misalnya google, akan membuat blog kita atau artikel yang baru kita publish akan terdeteksi di search engine. Dengan kata lain jika blog mu ingin ada pengunjung, maka harus submit artikel setelah selesai posting.

Dengan kita submit artikel tersebut, otomatis google akan merayapi konten dari blog kita sehingga google mulai mengindeks apa yang terdapat di dalam blog kita.

Bagaimana cara kita submit artikel ke google?

Pertama Kamu harus menambahkan url blog terlebih dahulu ke
https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url

Masukan url blog dan klik submit. Setelah itu masukkan juga url artikel yang baru Kamu posting dan submit kembali.

Setelah tahap itu selesai, kemudian lanjutkan update sitemap blog terbaru lewat webmaster. Otomatis google akan merayapi blog mu secara keseluruhan.


2. Fetch as dan render google


Setelah melakukan submit artikel, langkah selanjutnya setelah itu adalah dengan melakukan fetch as dan fetch and render. Ini sangat penting untuk mempercepat index setelah selesai posting.

Baca juga : 5 Cara Agar Blog Baru Cepat Terindex Google

Memang di sini terdapat dua pilihan antara fetch as google dan fecth and render. Jika masih bingung, akan Saya jelaskan untuk memilih yang mana.

Fetch and render biasa digunakan untuk halaman yang diperbarui atau adanya perubahan script di halaman tersebut, misalnya template atau widget. Sedangkan fetch digunakan untuk postingan yang telah selesai di publish.

Fasilitas dari google ini sangat membantu blog Kamu untuk cepat muncul di pencarian. Kamu bisa menggunakannya di webmaster bagian perayapan lalu klik ambil alih oleh google.


3. Cek apakah artikel terindex


Jika semua langkah di atas telah dilakukan, kini saatnya Kamu melakukan pengecekan terhadap keberadaan blog mu di search engine. Bagaimana kita mengetahui jika artikel kita sudah terindex? Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan.

Kamu bisa cek apakah artikel baru mu sudah da di dalam pencarin google tau belum dengan langsung memasukn url artikel.Dengan menambahkan "site:" di depannya.

Kamu juga bisa melihat berapa jumlah artikel yang terindex melalui webmaster bagian google indeks dan klik status index. Dalam menu perayapan Kamu juga bisa melihat berapa jumlah post yang tersubmit melalui sitemap.


4. Pantau posisi serp


Konten memang menjadi prioritas atau hal yang penting untuk menunjang peringkat pencarian agar pageone. Konten yang SEO friendly akan membuat artikelmu menduduki halaman pertama google. 

Nah untuk itu setelah postingan selesai, ceklah posisi artikelmu di halaman berapa. Jika berada di halaman pertama google, itu akan menjadi modal bagus karena akan banyak kesempatan untuk diklik.

Tetapi jika posisi serp nya berada di posisi yang tidak diinginkan atau terlempar dari pageone misalnya, ini yang harus dikoreksi kembali. Kamu setidaknya memantau perkembangan posisi peringkat pencarian beberapa waktu, minimal satu bulan setelah memposting.


Setelah mengetahui jika konten baru mu tidak berada di page satu, itu adalah tugas mu mencari tahu kenapa penyebab itu semua terjadi. Jadi Kamu harus melakukan sesuatu agar kontenmu nangkring di rank satu pageone.


5. Optimasi secara berkala


Optimasi sangat perlu dilakukan. Kenapa? Karena algoritma google dalam jangka waktu tertentu akan berubah. Sehingga Kamu juga harus mengikuti trend aturan terbaru dari google agar tetap bersaing di mesin pencarian. Jika Kamu tidak mengikutinya, bisa-bisa blog mu turun peringkat atau deindex google.

Hal-hal mengenai seo dari tahun ke tahun juga mengalami perubahan. Untuk itu perlu dilakukannya update seo terbaru. Optimasi artikel lama akan sangat berpengaruh baik di mata google. 

Untuk itu perlu melakukan penyuntingan artikel yang dirasa kurang baik atau menambahkan poin-poin yang dirasa penting.

Optimasi ini berguna untuk meningkatkan peringkat serp juga. Yang tadinya tidak muncul di halaman pertama, tetapi setelah dilakukan perbaikan optimasi maka ada peluang untuk peringkat pertama google.


photo by pixabay

11 comments

No 5 biasanya ane luput, untung diingatkan dgn artikel ini

saya kalau cek serp malah gk pernah nih

Pantau posisi serp jarang ane lakukan gan 😂😂😂

ternyata setelah post artikel baru, harus melakukan hal seperti itu ya gan, selama ini cuma hanya post saja terus udah

Bener banget mas. Trik nya ampuh untuk meningkatkan seo

Share di MedSos juga penting gan...

Bener banget tuh kang, dan Share di MedSos juga penting banget gan :)

Bermanfaat sekali gan, otw praktek

kalau menurut ane sih yang no 1 paling penting


EmoticonEmoticon