Saturday, September 23, 2017

Strategi SEO Modern untuk Meningkatkan Trafik Blog

Strategi SEO Modern untuk Meningkatkan Trafik Blog - Sebenarnya apa yang kalian ketahui mengenai SEO? Sejauh mana pengetahuan kalian mengenai perkembangan SEO yang ada sekarang ini? Sebenarnya optimasi blog bertujuan untuk mengembangkan brand atau merk dari blog itu sendiri agar dikenal oleh banyak orang. Lalu jika blog kamu sudah terkenal, apakah akan beranggapan bahwa seo itu penting?


strategi meningkatkan trafik


Jangan harap suatu website akan cepat terkenal tanpa optimasi terbaru yang baik. Optimasi yang dimaksud disini adalah seperti meningkatkan kecepatan situs, keamanan situs, relevansi, dan sebagainya.

Seperti apa SEO Modern itu?

Untuk itu SEO Modern merubah gambaran yang pada mula optimasi hanya berkutat pada bagian kata kunci. Banyak blogger yang terlalu menekankan untuk riset kata kunci yang banyak dicari orang. Tetapi tidak itu saja, kata kunci yang sedikit orang mencarinya pun masih berpeluang meningkatkan trafik blog dalam jangka panjang.

Inilah pentingnya kita menerapkan modern seo. Lupakan optimasi kuno yang beredar banyak di internet. Jangan ikuti panduan optimasi yang sudah expired dijamannya, karena algoritma google akan terus berkembang. Meski begitu cara-cara dulu masih banyak digunakan karena banyak ditemui sampai sekarang ini.

Bagaimana menggunakan SEO Modern agar trafik meningkat?

Memang banyak cara untuk meningkatkan trafik blog supaya banyak, tetapi efektifkah cara tersebut? Bagaimana agar Kamu tidak susah payah belajar teknik seo berbulan-bulan bahkan sampai kursus dengan para master suhu blogger yang ahli bidang optimasi web.


SEO modern cukup sederhana saja, kita dituntut untuk memberikan pengalaman yang baik pada pengunjung blog kita sehingga mereka loyal kepada kita. Lalu apa saja yang perlu kita lakukan untuk menerapkan strategi seo tersebut?


1. Topik konten relevan dan menarik


Apa itu konten relevan dan menarik? Menurut Saya konten relevan dan menarik adalah berisi mengenai suatu pokok bahasan yang benar-benar penulis kuasai dan dibutuhkan banyak orang. Masalahnya ada juga oknum-oknum nakal yang membohongi pembaca dengan membuat judul artikel yang berlebihan. Dengan maksud agar banyak orang meng klik artikel mereka tetapi pengunjung merasa isi berbeda jauh dengan apa yang dituliskan dijudul.

Penulis blog tidak hanya sekadar mempublish artikel tanpa memiliki isi yang berbobot. Pembahasan yang mendalam akan disukai oleh pembaca karena mereka merasa apa yangs disajikan benar-benar niat memberikan informasi.

Google juga akan menyukai dan memberikan satu peringkat lebih baik kepada mereka yang membuat artikel yang benar-benar dibutuhkan pembaca. Dan ini merupakan salah satu sari SEO Modern tersebut, dimana nilai relevansi lah yang dicari setiap orang.


2. Prinsip bahwa konten dibuat untuk manusia bukan robot


Ini yang kebanyakan para blogger pemula salah kaprah. Biasanya awal mula mereka membangun blog akan tergiur yang namanya mendapat uang dari internet seperti google adsense. Sehingga mereka berlomba-lomba bagaimana caranya mendapatkan uang dari blog dengan cepat. Biasanya mereka memilih cara pintas untuk menuju peringkat pertama google atau meningkatkan trafik blog dalam jumlah besar.

Ada pengalaman dari teman Saya, Dia membuat artikel dalam jumlah banyak kira-kira hampir 1000 artikel. Namun artikel tersebut mempunyai isi sama persis. Dia hanya mengganti setiap artikelnya dengan judul yang sedikit berbeda. Ini yang menjadi kesalahan mendasar.

Demi mendapatkan trafik blog tinggi sampai-sampai mengakalinya dengan cara seperti itu. Ada lagi yang menggunakan sistem AGC (Auto Generate Content) sehingga mereka bisa post artikel otomatis dengan meng copy konten dari blog lain.

Membuat konten seharusnya mengutamakan kenyamanan pembaca. Jangan membuat pembaca bingung karena kalimat atau kata berbelit-belit. Dari tahun ke tahun seo akan selalu berubah. Mengutamakan pengalaman pengguna sama saja menjalankan seo modern secara alami.

Untuk saran saja, sebelum Kamu memposting artikel baru, sempatkanlah untuk membacanya dan tanyakan pada dirimu bagaimana pendapat mengenai artikel yang dibuat.


3. Membuat konten yang mendalam


Apa sih konten mendalam itu? apakah artikel dengan jumlah mencapai 2000 kata termasuk mendalam? Belum tentu. Bisa saja artikel dengan 300 kata saja sudah dikatakan mendalam. Tetapi ada juga dikatakan mendalam jika memuat sampai 1500 kata ke atas. Bagaimana menurutmu?

Memang sebuah postingan dituntut untuk memecahkan masalah dari pembaca itu sendiri. Mereka datang karena mereka butuh informasi yang valid. Untuk itu tugas kita memberikan apa yang dibutuhkan pembaca secara lengkap.

Dengan begitu secara otomatis blog kita akan didatangi banyak visitor karena mereka menganggap bahwa artikel tersebut mempunyai nilai referensi.


4. Hindari keyword stuffing


Biasanya, karena ingin menempati posisi pertama di pencarian google, ada yang menggunakan keyword secara berlebihan. Tindakan ini akan memanipulasi rating web di google. Contohnya kamu menempatkan satu keyword dalam satu paragraf lebih dari tiga kali bahkan ditulis berulang-ulang di setiap kalimat.

Ini sangat tidak disarankan untuk dipraktekan karena akan menghilangkan nilai user experience. Bukan informasi ataupun isi yang didapatkan tetapi visitor cenderung akan menutup halaman blogmu karena tidak ada manfaat yang diharapkan.

Bahkan jika google mengetahui ini, rating blogmu akan turun drastis bahkan akan hilang di pencarian google karena terkena google sandbox.


5. Lakukan link building yang baik


Link building yang baik akan meningkatkan peringkat blog kita. Untuk itu selektiflah dalam membangun link building. Lakukan pembangunan link ddngan cara yang alami dan tidak terburu-buru. Pilihlah backlink kepada web yang sekiranya memiliki nilai relevansi terhadap blog kita.

Pilihlah juga backlink terhadap blog yang memiliki nilai rating tinggi di mata google atau yang memiliki usia blog yang cukup. Kamu juga harus pintar-pintar untuk memilih antara memasang do follow atau no follow link.

Jika sekiranya link tersebut sangat direkomendasikan dan relevan maka pilihlah do follow link. Tetapi jika link tersebut hanya untuk pelengkapa atau hanya sekadar referensi, maka pilih yang no follow.


6. Membangun otoritas web


Otoritas web juga tidak jauh dari backlink yang berkualitas. Semakin banyak backlink yang mempunyai PA dan DA tinggi semakin baik pula nilai blog tersebut.

Tidak hanya backlink, user experience juga menentukan otoritas web juga. Semakin banyak orang yang mengunjungi blog kita setiap hari dan itu dilakukan secara berulang-ulang berarti blog kita memang menjadi referensi mereka. Dan ini yang menyebabkan semakin baiknya otoritas blog dimata google

Memang meningkatkan trafik blog di awal-awal membangun blog memang susah, tetapi jika terus kerja keras maka usaha itu membuahkan hasil. Blog mu semakin hari semakin banyak dikunjungi.

Tinggalkan seo kuno dan beralih ke strategi SEO Modern.


photo by pixabay
edited by rek blogging

8 comments

Bisa lah dipraktekkan dikit-dikit, Bener, user experirnce emang harus utama, aga blog kita punya rating yang bagus di mata Google, sippp

Salam #DuniaFaisol

Mantap gan, mau saya praktekkan satu satu nih.

Nice info om.... mampir ya
Indonesiasand.blogspot.co.id

kalau blog saya biarlah pengunjung saja yang menilai, jika bermanfaat Alhamdulillah, di anggap gak bermanfaat pun juga tak apa.

Sangat membantu gan . . .
Thank's atas ilmunya . .

bisa buat pelajaran nih

nitip situs download lagu terbaru secara gratis www.seltra.me

iya benar om ,susah datangkan visitor kalau buatnya asal asalan...makasih infonya...


EmoticonEmoticon