Monday, November 20, 2017

Cara Mencegah Blog Terkena AGC (Auto Generate Content)

Cara Mencegah Blog Terkena AGC (Auto Generate Content) - Siapa sih yang tidak kesal blognya terkena AGC oleh orang jahil? Pastinya merasa kesal karena postingan di blog kita dicuri. Sekarang ini memang marak para blogger menggunakan cara curang ini sehingga mereka tidak susah payah membuat artikel. Hanya dengan bermodalkan script AGC, mereka bisa mengcopy artikel blog seseorang dan otomatis terposting di blognya. Banyak blogger berusaha untuk mencegah blognya terkena AGC karena membuatnya resah.


Mengatasi Autoblog

Apa sih sebenarnya AGC itu?

AGC (Auto Generate Content) atau bisa dikatakan Autoblog merupakan cara blackhat yang dilakukan seorang blogger dengan mengcopy paste artikel blog yang menjadi sasaran dan secara otomatis langsung terposting di blog tersangka. Dengan bantuan RRS Feeds atau feed dari blog maka dia bisa mencuri artikel blog seseorang. Menggunakan sebuah script atau plugin AGC dan dibantu pihak ketiga yaitu situs aggregator. Dengan adanya situs aggregator memungkinkan semua orang dapat melihat informasi dari sebuah blog.


Dampak terkena AGC atau Autoblog


Tentunya dampak AGC sangat merugikan bagi target yang terekena, apalagi jika artikel yang dituju sudah mempunyai posisi atas di halaman pencarian google. Dengan dicopy paste secara otomatis lewat Autoblog maka bukan tidak mungkin jika peringkat di halaman pertama google akan terancam dan bahayanya adalah terjadinya duplikat konten antara blog korban dengan blog AGC karena isi yang sama.

Pasti Kamu tidak akan terima artikel yang sudah dibuat dengan segenap pikiran, tenaga, dan waktu yang tidak sedikit dicuri begitu saja. Mereka berfikir enaknya saja tanpa susah payah membuat artikel dari hasil pemikirannya sendiri. Tinggal menarget blog mana yang akan di AGC atau Autoblog, dan tinggal posting saja.

Bukan tidak mungkin juga jika blog Kamu (blog target) kalah peringkat di SERP dengan blog AGC. Tetapi tenang saja, kecurangan tersebut tidak akan ada gunanya. Posisi tersebut tidak akan bertahan lama karena google akan mencurigai atau Kamu juga bisa melaporkan ke google atau DMCA. Maka dari itu jangan khawatir berlebih dengan adanya blog AGC.


Mencegah dan mengatasi blog terkena AGC


Jika blog Kamu terindikasi terkena atau menjadi sasaran orang jahil, maka sebaiknya antisipasi mencegahnya agar terhindar dari pencurian hak cipta atau jiplak. Berikut yang bisa Kamu lakukan untuk mengatasi atau paling tidak mencegah terhindarnya copy paste secara otomatis dengan AGC.

Mulai membuat separated feeds


Jika Kamu masih menggunakan umpan default, maka mulai sekarang buatlah umpan secara terpisah pada blog kita dan kemudian dialihkan ke FeedBurner. Apa itu FeedBurner? yaitu layanan gratis dari google untuk mengelola umpan web atau blog yang selanjutnya dikirimkan keseluruh situs aggregator untuk dikumpulkan menjadi satu. Situs aggregator sangat banyak, oleh karena itu Kamu bisa memilih opsi seperti Google Reader, News Gator, Google Fusion, dan lainnya. Orang yang nargetkan blogmu pasti akan mengikuti atau follow blogmu untuk mendapatkan feeds dari artikel terbarumu. Nah salah satu fungsi situs agregator misal google reader, akan mengirim umpan kepada orang yang follow blogmu. Oleh karena itu mereka bisa memanfaatkan celah tersebut. Bagaimana membuat feedburner?

  1. Buka web FeedBurner
  2. Masukkan url feeds default blog kamu, klik tanda centang dan tombol "Next". Ikuti langkah selanjutnya sesuai petunjuk yang diberikan hingga selesai.
  • jika blogger gunakan http://www.namablog.blogspot.com/feeds/posts/default/
  • jika wordpress gunakan http://namablog.com/feed/
umpasn terpisah blog


Membuat feeds Summary


Tujuannya adalah untuk mencegah orang mengcopy artikel blog kita secara keseluruhan, artinya kita bisa meminimalisir terjadinya AGC karena tidak akan bisa mendapatkan feeds artikel secara sempurna. Langkah-langkahnya seperti di bawah ini
  1. FeedBurner dalam keadaan login kemudian klik "Optimize"
  2. Klik "Summary Burner" yang terletak di kiri bawah
  3. Isi Summary Burner dengan maksimum panjang karakter sesuai dengan yang diinginkan. Usahakan tidak terlalu panjang. Contohnya 30 karakter, dan jangan lupa isi deskripsi umpan blog kita, sehingga jika blog terkena AGC maka tidak keseluruhan isi artikel tercopy tetapi hanya deskripsi umpan blog ini saja. Terakhir klik "active"
feeds summary


Pengalihan default feeds pada blog

Langkah yang ditempuh yaitu
  1. Buka dasbor blogger (dalam keadaan log in)
  2. Klik "setelan" kemudian pilih klik "lainnya"
  3. Pilih izin feed blog "singkat"
  4. Masukkan alihan url feed postingan, Kamu bisa menemukan urlnya di FeedBurner bagian "Edit Feed Details" sebelah kiri atas.
feeds pada blog


Semoga dengan adanya tiga cara di atas bisa terhindar dari blog AGC. Meskipun ada juga blog yang tidak terkena autoblog, alangkah baiknya tetap waspada dengan mencegahnya lewat cara di atas. Auto Generate Content memang membuat gelisah para blogger, maka dari itu harus ada langkah-langkah untuk mengantisipasinya.



photo by freepik
edited by rek blogging




EmoticonEmoticon