Saturday, December 2, 2017

Hindari 20 Kebiasaan Buruk Ini Jika Ingin Menjadi Blogger Sukses

Hindari 20 Kebiasaan Buruk Ini Jika Ingin Menjadi Blogger Sukses - Kebiasaan buruk memang menjadi salah satu yang dapat menghambat keberhasilan seseorang. Hal yang tidak baik sepatutnya untuk ditinggalkan dan buang jauh-jauh perilaku itu. Dalam menggeluti dunia blogging memang tidak segampang yang dikira, butuh ketelatenan untuk bisa suskses di bidang itu. Tetapi dengan adanya tantangan yang ada malah menjerumuskan para blogger pada kebiasaan buruk mereka. Tanpa disadari hal ini menyebabkan mereka membangun blog dengan cara yang salah. Biasanya yang paling banyak melakukan kebiasaan buruk adalah mereka yang baru mengenal dunia blogging. Tetapi bukan tidak mungkin blogger yang sudah lama menekuni dunia perbloggeran masih tetap melakukan cara yang tidak baik.

hindari perilaku buruk blogger


Langkah yang salah tentunya akan menambah bebasn saja, bayangkan saja yang seharusnya Kamu bisa update artikel sekali dalam sehari tapi malah digunakan untuk hal-hal yang seharusnya tisak perlu. Ini akan membuang-buang waktumu yang sangat berharga. Dan pastinya akan ketinggalan satu langkah dari blogger lain yang berusaha keras. Untuk itu hindarilah tindakan-tindakan yang memang tidak baik jika Kamu ingin menjadi seorang expert blogger. Berikut kebiasaan buruk yang mungkin ada dalam diri Kamu mungkin juga termasuk Saya.


1. Mindset yang salah


Apa yang menyebabkanmu ingin menekuni dunia blogging? Mungkin jawaban setiap orang berbeda-beda. Tetapi satu hal yang pasti adalah sebuah niat untuk memulai menjadi blogger. Entah itu karena tertarik melihat teman suskses ngeblog, mendapatkan uang, atau menyalurkan hobi. Jangan anggap ngeblog menjadi beban bagi kita, sehingga kita bisa nyaman dan tidak mudah bosan dengan apa yang kita kerjakan. Lebih baik jangan berfikir dulu mendapatkan uang saat pertama mulai, lebih baik upayakan dulu untuk membangun blog dan konten tersebut agar bisa bersaing. Jika mindset dari awal untuk mengejar uang pastilah membuat setiap konten di dalamnya tidak maksimal. Nah, jika dirasa blog sudah layak, maka Kamu bisa berfikir untuk mendapatkan uang dari hasil blog.


2. Malas ngeblog


Datangnya rasa malas malah memuat beban kita bertambah. Ketika sebuah artikel yang harusnya sudah bisa publish hari ini, tetapi harus diundur dua hari lagi karena berhenti di tengah jalan. Malas terjadi mungkin karena rasa bosan atau capek ngeblog yang kerjaannya cuma di depan laptop dan itu-itu mulu. Tetapi tahukah Kamu jika artikel yang Kamu  buat benar-benar berkualitas pastilah ada orang yang menghargai Kita. Bukan tidak mungkin juga akan ada banyak pengunjung berdatangan. Bagimana perasaanmu, senang bukan? Nah seharusnya ini yang menjadi motivasi agar tidak malas membuat konten blog lagi.



3. Ingin hasil tanpa usaha dari blog


Jika Kamu ingin menjadi blogger sukses seperti Mas Sugeng pemilik sugeng.id, Mbak Arlina pemilik arlinadzgn.com, Mbak Indri pemilik juragancipir.com, dan masih banyak kisah sukses blogger lainnya maka usaha keras adalah kuncinya. Mereka masuk dunia blogging juga mulai dari nol, belajar dari yang awalnya pemula sampai expert blogger. Tentunya usaha tersebut dibayar dengan hasilnya sekarang. Mereka dikenal banyak blogger, blognya terkenal, dan bahkan hampir semua artikelnya berada di pencarian teratas google. Untuk itu janganlah berharap kerja setengah-setengah tidak akan membuahkan karya yang berkualitas. 


4. Sombong dan puas pujian


Ketika blog Kamu mendapatkan banyak pengunjung bahkan artikel yang biasanya tenggelam dan sekarang nongkrong di halaman pertama google membuat Kamu senang. Bahkan sampai-sampai share ke berbagai grup blogger dengan membagi screenshoot trafik blog. Atau ada juga yang minta tolong cek keyword untuk memastikan artikenya di pageone, padahal aslinya ingin pamer. Belum lagi yang baru diterima google adsense atau saldonya. Itu semua percuma saja Kamu share jika tidak disertai dengan tips dan trik bagaimana Kamu bisa mendapatkan itu semua. Orang lain pasti memuji Kamu tetapi tidak mendapat manfaat atau ilmu dari Kamu. Yang didapat hanyalah rasa iri belum bisa seperti itu dan dianggap pamer saja. Janganlah pelit-pelit ilmu, berbagi dan sharing kepada sesama blogger melakukan diskusi.



5. Gengsi untuk meminta tolong


Bagi Kamu yang mungkin masih pemula dalam blogging dan banyak yang belum dipelajari tentang blog pasti bingung harus mulai dari mana. Memang banyak tutor blog yang ada di google, tetapi sebagian dari mereka masih bingung mengenai langkah-langkahnya. Maka dari itu jangan sungkan meminta tolong kepada yang sudah ahli (suhu). Meskipun kadang ada mastah yang tidak menggubris pertanyaan kita atau tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan semisal "googling saja dulu, ntar yang belum jelas tanyakan atau lihat blog saya". Mungkin juga Kamu canggung atau takut meminta tolong, tetapi ketahuilah mastah yang baik adalah mereka yang mau membantu sesama dan berbagi ilmunya.


6. Selalu mengeluh


Ketika usaha yang Kamu lakukan tidak membuahkan hasil, janganlah selalu mengeluh. Lakukan cara lain jika cara yang sebelumnya tidak membuahkan hasil. Banyak sekali tutor yang bertebaran di internet mulai dari yang gratisan sampai berbayar. Semua itu ada jalan untuk dimudahkan. Ketika Kamu mendaftar adsense dan ditolak, jangan langsung down. Evaluasilah kenapa bisa tidak diterima, dan aplikasikan pada blogmu. Ketika hal paling buruk terjadi yaitu selalu ditolak google adsense, masih ada cara lain yaitu membeli akun google adsense dan pasangkan di web atau blogmu.

Baca juga: Ditolak Google Adsense: Mengatasi Situs Tidak Memenuhi Kebijakan Google


7. Pesimis terhadap blog miliknya


Ketika blog Kamu masih sepi pengunjung janganlah lantas berhenti update artikel. Ketika artikelmu tidak masuk pageone google, janganlah bosan untuk membenahinya. Lebih baik belajar dari pada berhenti di tengah jalan. Mungkin Kamu beranggapan bahwa "Ah gimana mau bersaing di halaman pertama, yang punya blognya saja para mastah". Memang tidak dapat dihindari persaingan untuk menempati peringkat pertama sangatlah ketat, tapi tak lantas menurutkan semangatmu untuk ngeblog. Jadikan blog sainganmu untk melakukan studi kasus dan melihat kelemahan dan kelebihan yang dimilik.


8. Blog tidak mempunyai tujuan yang jelas


Bagi Kamu yang mempunyai blog gado-gado lebih baik tentukan niche blog dari sekarang. Memang sih tidak salah memilih isi blog dari segala macam tema. Alangkah baiknya jika itu dijadikan seperti web news yang dikategorikan. Tetapi jika Kamu kesulitan maka lebih baik fokus pada satu topik yang dibahas secara mendalam. Karena lebih profesional dan berpeluang untuk berkembang lebih jauh. Jika orang bertanya "Eh itu blog si A tentang apa si?" Kan bisa jawab tentang blogging atau tentang game. Terus semisal lagi "Kalo mau cari informasi tentang smartphone dimana ya" Dan ada yang merekomendasikan ke "blog si A saja disana lengkap tentang gadget". Jika Kamu isinya gado-gado maka Kita juga bingung kan mau fokus yang mana dan sebenarnya mau dibawa kemana arah pandang blog Kita. Dari awal Kita harus punya tujuan untuk apa blog itu dibuat sehingga sudah tau apa yang harus dilakukan. 



9. Tidak mau berkembang


Oke jika Kamu sudah melakukan update artikel secara rutin bahkan setiap hari, tetapi dari semua artikel tersebut hanya sebagian kecil yang menempati halaman pertama google. Jeleknya Kamu tidak mengevaluasi semua itu. Beranggapan yang penting kan selalu posting artikel dan semakin banyak maka visitor otomatis juga mrningkat. Sama saja Kamu berjalan di tempat. Maka dari itu perlu adanya optimasi secara rutin terhadap blog baik on page maupun off page. Lakukanlah hal-hal yang sejatinya mendongkrak blog agar dikenal dan disukai orang maupun google. Tak lain dan tak bukan adalah SEO. Promosi dan meningkatkan kualitas artikel mengenai keyword yang dibidik dan harus enak dibaca oleh pengunjung tetapi masih dalam bahasa yang baik dan benar.



10. Terlalu terpaku pada blog saingan



Memang Kita perlu melirik blog lain untuk melihat bagaimana mereka berkembang dan menerapkan strategi untuk bisa bersaing. Mencari kelemahan dan krlebihan untuk menjadi senjata kita mengalahkan posisinya. Tetapi jangan karena sering mencari-cari hal tentang blog orang lain sehingga Kita melupakan blog Kita sendiri. Dan kebanyakan blogger masih melirik dan meniru artikel orang lain ketika membuat artikel sendiri. Meskipun tidak copy paste tetapi sama saja ide tersebut tidak original. Boleh saja membahas yopik yang sama atau judul yang mirip tapi usahakan isi berbeda. Bayangkan saja jika kita search sesuatu di google dan halaman pertama sampai lima isinya mirip semua hanya beda cara menyampaikan saja. Usahakan buat posyingan yang baru dan yang belum dibahas blog lain.



11. Menggunakan cara Black hat


Black hat adalah mengoptimalkan blog dengan cara yang curang seperting penggunaaan keyword berlebihan, penggunaan keyword dalam domain dan sebagainya. Dengan cara ini maka akan mengelabuhi serch engine dengan strategi yang seharus tidak diperbolehkan. Kebiasaan menggunakan cara black hat sangat beresiko tetapi masih banyak blogger yang menggunakan teknik blackhate agar bisa meningkatkan performa web untuk keuntungan secara cepat. Apalagi mereka yang mempunyai web atau blog seputar bisnis dan produk. Seharusnya penggunaan teknik ini dihindari karena akan beresiko sekali terhadap blog dalam jangka panjang karena bisa-bisa terkena deindex search engine.


12. Spam postingan ke media sosial


Cara ini memang juga tergolong teknik topi hitam. Biasanya untuk memudahkan spamming ke berbagai sosial media khususnya facebook, mereka menggunakan tools yang share otomatis ke berbagai grup fb. Dengan banyaknya share konten ke berbagai media sosial membuat pengguna lain merasa terganggu karena membagikannya terus menerus sehingga memenuhi beranda. Apalagi jika ada yang beranggapan bahwa banyaknya postinganmu yang dishare dianggap phising atau terindikasi virus oleh orang-orang yang tidak suka. Resiko yang besar seharusnya mengurangi kebiasaan kita untuk tidak berlebihan menebar link kemana-mana.


13. Tidak menghargai karya blogger lain


Setiap blogger harus saling menghargai dan mendukung blogger lain. Jangan malah karena bersaing terus menjatuhkan lawan. Apalagi dengan melakukan copy paste artikel orang lain. Biasanya dengan melakukan AGC (Auto Generate Content). Memang artikel di posting untuk berbagi informasi pada semua orang. Tetapi tidak juga untuk di duplikat. Bahkan ada yang bilang seperti ini "kalau tidak mau dicopas ya jangan dipost". Ini tanggapan yang sama sekali bukan mencerminkan seorang blogger. Bayangkan jika artikelmu yang susah payah Kamu buat lalu di klaim orang lain. Pasti ada perasaan kesal. Selain tidak menghargai pembuatnya juga pasti mrngambil peluang untuk mendapatkan pengunjung dari artikel copas.

Baca juga: Cara Mencegah Blog Terkena AGC (Auto Generate Content)l


14. Tidak merespons pengunjung yang berkomentar atau bertanya


Mungkin karena sibuk membuat artikel atau mengoprek blog sehingga tidak sempat membalas bahkan mebaca komentar pengunjung. Mungkin beberapa pengunjung berkomentar sekadar untuk mengucapkan terima kasih atas artikel yang bermanfaat, tetapi ada juga visitor yang memberikan sebuah pertanyaan di kolom komentar karena tidak jelas atau ada sangkut pautnya dengan isi artikel. Seharusnya interaksi antara author dengan pengunjung lebih dekat karena ini berpeluang untuk meraup lebih banyak pengunjung. Pasti mereka akan senang jika komentarnya dibalas sehingga lain waktu bisa berkunjung kembali. Minimal jika tidak bisa membalas semua komentar, pilihlah sekiranya yang harus dijawab.


15. Suka pamer trafik atau earning


Pernah Kamu melihat blogger yang sukanya posting screenshoot trafik pengunjung atau pendapatan dari penayangan iklan? Bagaimana perasaanmu? Pasti ada rasa kesal tiap kali orang itu posting ss yang sama diberbagai grup. Apalagi mereka yang sok merendah dengan kata-kata "maaf saya masih newbie" tapi di gambarnya trafik ribuan atau earning jutaan. Memposting gambar seperti itu tidak apa-apa asal disertai dengan tips dan trik. Motivasi saja tidak cukup jika tidak tau actionnya.


16. Tidak mempertanggungjawabkan artikelnya


Ketika artikelmu sudah publish, maka sepenuhnya isi dari artikel tersebut tanggung jawabmu. Walaupun dalam artikelmu terdapat beberapa sumber sebagi referensi tetaplah artikel itu dibuat olehmu. Ketika ada visitor yang bertanya mengenai sesuatu yang berkaitan dengan isi postingan seharusnya Kamu bisa menjawab. Bukan malah dibiarkan saja karena tidak tahu. Kebenaran sebuah artikel harus dipertanggungjawabkan apakah itu benar atau hoax. Jangan karena mencari visitor lantas membuat artikel yang diluar kapasitasmu


17. Melanggar hak cipta


Ini yang masih banyak dilakukan oleh blogger yaitu melanggar hak cipta. Disadari ataupun tidak kerap kali ditemui postingan yang mengandung hak cipta orang lain. Entah dari artikel, gambar, video, bahkan ide. Apalagi yang mempunyai niche blog download dan berisikan konten ilegal dan bajakan. 

Penggunaan gambar dan video pada konten yang asal comot di google dan lainnya berpeluang terkena pelanggaran lisensi. Untuk itu cerdaslah mengambil gambar dan video yang legal bebas hak cipta untuk keperluan konten. Kita bisa mendapatkannya dari Creative Common Zero. Kita bebas memakai gambar tersebut.

18. Hanya memikirkan tentang SEO


Blog tidak hanya bergulat pada SEO semata. Percuma saja Kamu menerapkan SEO tetapi tidak memperhatikan pengalaman pengguna (user experience). Artikel kita dibuat bukan untuk search engine tetapi untuk dibaca sebagai sumber referensi orang. Jangan karena ingin mengejar peringkat di halaman pencarian lantas hanya memikirkan bahasa SEO saja tanpa peduli artikel tersebut untuk manusia. Optimasi yang berlebihan justru akan memperburuk citra blog dimata pengunjung.


19. Tidak teliti


Ketika Kita selesai menulis artikel, kesalahan yang paling umum adalah tidak dibaca kembali. Ya, seharusnya sebelum artikel tersebut dipublish alangkah baiknya Kita membaca isi seolah-olah sebagai visitor. Apakah bahasa yang digunakan baik dan benar. Apakah artikelnya enak dibaca, terlalu panjang atau terlalu pendek. Teliti tiap kata apakah ada kata yang typo. Kebanyakan mereka mengetahui artikelnya bermasalah seperti salah kata kurang huruf ketika sudah tayang di search engine.

20. Tidak serius


Kembali pada poin pertama, awal memulai ngeblog untuk apa? Niat menjadi seoarang blogger harus ditanam dari awal. Bayangkan jika Kamu berhenti ditengah jalan, kan sia-sia. Maka dari itu jika Kamu serius untuk terjun ke dunia blogging maka lakukan dengan hati senang. Jika Kamu tidam serius pasti artikel yang dibuat atau konten yang posting juga asal-asalan. Juga menggunakan cara-cara instan agar lebih cepat menghasilkan.

Itu dia 20 kebiasan buruk yang harus dihindari jika Kamu ingin menjadi blogger yang sukses. Tanamlah dari awal untuk tidak melakukan tindakan ini karena akan menghambat jalanmu menjadi blogger yang ahli.

1 comments so far

yang menjadi soal awal sebenernya uang. Para blogger pemula melihat para senior blogger yang memperlihatkan penghasilan yang besar, lalu mereka pemula mencoba cara "cepat" agar bisa seperti blogger terdahulu yang notabennya membutuhkan waktu bertahun-tahun.


EmoticonEmoticon