Thursday, January 18, 2018

Teknik SEO yang Seharusnya Ditinggalkan di Tahun 2018

Teknik SEO yang Seharusnya Ditinggalkan di Tahun 2018 - Sudah memasuki tahun 2018 dan tentunya SEO akan terus berkembang. Bagaimana prediksi SEO tahun 2018? Seharusnya Kamu tidak sepenuhnya berpatokan pada aturan-aturan yang sudah kadaluarsa. Tetapi jika Kamu masih saja menerapkan cara lama di waktu sekarang, maka bisa dibilang tidak mengikuti perkembangan yang ada. Karena google akan selalu memperbarui algoritmanya setiap waktu, apa Kamu akan melakukan hal yang sama dengan algoritma yang baru? Yang ada Kamu akan kalah dalam persaingan mendapatkan tempat peringkat pertama mesin pencarian.

Prediksi SEO tahun 2018


Maka dari itu pintar-pintarlah mencari teknik SEO terbaru di internet, karena barang kali cara tersebut sudah usang dan Kamu tidak tahu hal tersebut dan terus menggunakannya padahal salah. Yang ada malahan taktik tersebut tidak bekerja di blogmu atau mungkin mempunyai efek tetapi tidak terlalu signifikan. Untuk itu perlu diketahui cara apa saja yang cukup populer di kalangan blogger pemula tetapi apa yang dilakukannya sudah ketinggalan zaman.


Tinggalkan teknik SEO ini di tahun 2018



1. Keyword Stuffing


Teknik SEO ini masih saja banyak digunakan oleh para blogger, bahkan seseorang ynag sudah terjun lama di dunia blogging pun tak jarang masih terindikasi stuffing keyword di artikelnya. Memang tanpa disadari bisa saja kita termasuk orang yang menerapkan spam kata kunci di dalam artikel kita. Cara memperbanyak kata kunci utama adalah model kuno yang banyak diterapkan kala itu. Dan kini google telah melakukan banyak pembaruan algoritma dan tentunya jika Kamu masih menggunakan teknik ini, maka jangan berharap bisa menjadi nomor satu. 

Bagaimana menghindari kepadatan kata kunci yang berlebihan? Beberapa blogger ketika membuat sebuah artikel terlalu terfokus pada kata kunci utama saja. Tanpa disadari Dia memasukkan keyword utama tersebut berlebihan dalam satu kata. Belum lagi satu paragraf atau satu artikel penuh. Untuk mengakalinya, gunakanlah kata atau kalimat turunan untuk mendukungnya. 

Ya, turunan  (long tail keywords) dari kata yang akan ditargetkan atau yang berhubungan dengan hal tersebut. Sekarang ini, orang cenderung mencari sesuatu di mesin pencarian secara spesifik dan ini LSI menjadi target utama. Ini juga akan membuat presentase density atau pengulangan katanya tidak terlalu besar. Keyword density yang ideal yaitu sekitar 3 sampai 5% dari keseluruhan isi. Maka dari itu, sebelum publish, baca dulu artikelnya dan teliti apakah memang benar-benar sudah siap posting atau belum. 


2. Backlink


Memang masih menjadi perdebatan antar blogger, apakah backlink masih berpengaruh atau tidak. Tapi menurut Saya sebuah backlink tetap berpengaruh, hanya saja nilainya akan kalah dengan konten yang berkualitas dan relevan. Oke, jika umpan balik mempengaruhi sebuah situs, maka setiap orang akan berlomba-lomba mendapatkan backlink sebanyak-banyaknya. Nyatanya backlink yang berlebihan tidak lebih dari spamming.

 Seharusnya itu tidak dicari tetapi didapatkan secara alami, tetapi karena sulit untuk mendapatkannya natural maka banyak yang mencari dan membeli dari jasa backlink. Sebuah link akan bermanfaat atau berpengaruh pada blog Kamu di mesin pencarian ketika menerapkan dofollow pada situsmu sebagai rujukan. Ini akan mendapatkan nilai seo oleh mesin pencari. Percuma mempunyai banyak backlink tetapi konten blog banyak yang tidak relevan, lebih baik bangun dahulu blogmu dengan artikel yang berkualitas.


3. Anchor text


Dalam sebuah artikel yang ideal terdapat anchor text untuk mendukung relevansi isi. Anchor text yaitu teks yang berisi tautan link ke halaman lain dalam satu blog atau website. Yang wajib ditinggalkan dalam penerapan acnhor text yaitu cara-cara kuno yang menurunkan kualitas sebuah artikel dan user experience. Banyak jenis dari acnhor text ini, yang wajib ditinggalkan adalah penempatan yang tidak sesuai dengan isi pada bagian paragraf yang disisipi. Apalagi jika menambahkannya berlebihan akan mengakibatkan spam. Ketika Kita akan membuat anchor text alangkah baiknya jangan menggunakan url halaman terkait secara langsung tapi menggunakan teks frasa sesuai keyword yang diberi hyperlink. Nah, yang tidak boleh dilupakan adalah lebih baik pasang anchor teks berupa artikel yang masih kurang mendapatkan posisi di mesin pencari pada artikel yang menduduki posisi pertama google karena membantu menaikkan SERP.


4. Spam komentar


Kegunaan kolom komentar pada blog adalah untuk menghubungkan antara pembaca dengan penulis artikel. Seorang pembaca bisa mengomentari artikel tersebut dan memulai percakapan untuk sekedar bertanya, memberi saran kritik, atau berdiskusi. Aktif berkomentar setiap artikel menandakan Kamu pengunjung yang loyal. Terlebih lagi jika mendapatkan backlink dari komentar blog dofollow. Ini akan menguntungkan Kamu. Tetapi banyak yanga asal menebar komentar saja pada setiap postingan dan isinya tidak ada yang menandakan adanya relevansi. Bahkan ada juga yang memanfaatkan untuk promosi blognya agar ada yang mau mengunjungi atau iklan sebuah produk online.

Spam komentar tidak ada gunanya! Ketika pemilik blog melihat komentar yang tidak jelas atau mengganggunya pasti akan dihapus atau remove. Jadi jangan buang-buang waktumu untuk hal yang tidak ada gunanya. Berkomentarlah dengan bijak sesuai dengan kadarnya yang bisa membuat Kamu dekat dengan pemilik blog.

Hal-hal di atas mungkin masih ada yang melakukannya, lebih baik tinggalkan teknik dan cara seo seperti itu. Di tahun yang baru mungkin ada hal yang baru juga, Kita nantikan prediksi teknik SEO ke depannya di tahun 2018 ini.




reference: neilpatel
photo: vecteezy
edited photo: rekblogging


EmoticonEmoticon