Wednesday, February 14, 2018

Cara Mempromosikan Konten Blog Secara Efekif Untuk Mendatangkan Pengunjung

Cara Mempromosikan Konten Blog Secara Efekif Untuk Mendatangkan Pengunjung - Promosi konten ya, yuk bahas. Sebuah blog yang memiliki konten berkualitas tidaklah cukup. Konten yang bagus adalah disertai dengan promosi blog agar setiap orang dapat mengetahui dan membaca artikel Kita.

cara promosi konten blog


Mungkin saja mereka tidak mengetahui jika Kita mempunyai artikel yang mereka cari atau ada artikel baru di blog Kita. Bisa saja kan? Memang sih bisa melakukan promosi gratis jika artikel Kita terdapat di halaman pertama google. Tetapi apa salahnya jika Kita melakukan langkah-langkah promosi lebih agar bisa mendapatkan pengunjung lebih. Visitor organik dapat, visitor dari usaha promosi juga dapat. 


Apa sebenarnya promosi konten blog?


Promosi konten blog adalah langkah yang ditempuh untuk memberitahukan ke khalayak umum jika terdapat konten atau artikel baru agar mendapatkan pengunjung lebih sehingga diharapkan adanya peningkatan visitor. Di satu sisi juga agar lebih banyak orang yang mengenal atau melirik blog Kita sehingga mereka akan mengklik blog Kita dengan konten-konten yang berkualitas.

Sebelum mengulik bagaimana cara promosi konten blog yang terbilang efektif, di sini Saya akan katakan bahwa cara ini mungkin sudah banyak orang yang memakainya dan juga ini tidak seratus persen murni pemikiran dari Saya, karena Saya juga belajar dari berbagai blogger di luar sana sebagai referensi terpercaya, dan berikut ini yang bisa Saya simpulkan mengenai rahasia mempromosikan konten blog yang dilakukan blogger expert dan juga Saya aplikasikan pada blog Saya sendiri.


1. Share ke sosial media



Berbicara mengenai sosial media, memang cakupannya sangat luas dan banyak macamnya di luar sana.Nah, apakah Kita lantas harus share ke semua sosial media? Saya katakan tidak juga. Tergantung konten dan isi dari website mu sendiri. Untuk mengefektifkan cara kerjanya mari Kita cari tahu terlebih dahulu sosial media apa saja yang cocok untuk dijadikan tempat promosi konten blog.

Dari data (APJII) Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia mengumumkan hasil survei media sosial yang paling banyak dikunjungi pada tahun 2016 lalu yaitu Facebook, Instagram, dan Youtube. Dari tiga media sosial tersebut terdapat dua yang dapat dikatakan efektif untuk promosi konten. Selain itu terdapat sosial media lain yang cukup efektif menurut Saya, seperti Whatsapp, Google Plus, Twitter, Line, Linkedin, dan Pinterest. Mari Kita bahas satu-satu.

promosi blog di media sosial



Facebook

Menurut Country Director Facebook Indonesia, pengguna aktif Facebook di Indonesia pada tahun 2017 sebesar 115 juta pengguna atau naik 40% dari tahun sebelumnya yang hanya 82 pengguna saja. Bukan tidak mungkin lagi jika nantinya akan terus bertambah. Nah ini yang bisa dijadikan tempat bagus sebagai promosi karena dapat menjangkau jutaan orang. Bagaimana caranya agar yang dibagikan tertarget? Berikut yang bisa dilakukan.


  • Buat fanspage
Fanspage menjadi salah satu alternatif untuk mendapatkan pengunjung terutama lewat facebook. Menurut Saya lebih baik buat fanspage dari awal Kita membuat blog. Dan usahakan like yang didapat benar-benar real bukan hasil membeli atau cara instan lain, sehingga mereka memang benar-benar tertarik apa yang ada di fanspage. Apakah semua artikel Kita yang baru dipublish langsung di share ke fp? Tidak, jangan stagnan, jika semua isi fanspage hanya berupa link dari blog mu saja, mereka akan kabur. 
Usahakan diselingi postingan tulisan atau gambar dan bisa juga share artikel blog lain yang berkaitan dengan tema. Berikanlah penjelasan beberapa puluh kata di atas link yang di share sehingga orang akan mengetahui cuplikan isi artikel tersebut. Jika postingan menarik entah itu berupa link atau hanya tulisan pasti ada saja yang share kembali di facebook. Ketika semua itu sudah teralisasi dan jumlah like semakin banyak, mulailah meningkatkan intensitas postingan di facebook dan jangan segan-segan untuk membalas komentar mereka.

  • Share ke beranda sendiri
Share ke beranda sendiri bukanlah hal yang buruk, banyak teman facebook yang akan melihat apalagi jika artikel mengundang daya tarik. Jika ingin menjangkau lebih banyak pengguna, usahakan beri tag yang sesuai dengan judul tetapi tidak berlebihan.

  • Share ke grup facebook
Bergabung dengan grup yang memiliki ketertarikan sama antara satu dengan membicarakan konten yang sama, ini memberi kesempatan kepada Kamu untuk memberitahu kepada mereka jika Kamu memiliki hal yang serupa untuk dijadikan informasi.


Whatsapp dan Line

Sebagai salah satu medsos yang banyak digunakan terutama oleh usia produktif membuat ini menjadi tempat promosi terbaik. Bergabung dalam sebuah grup diskusi mengenai konten tertentu dapat dijadikan sebagai bahan untuk share artikel yang terkait dengan yang dibahas ataupun ada yang menanyakan.


Twitter dan Google Plus

Biasanya setelah selesai posting artikel baru, share ke google plus adalah tindakan yang wajib. Keuntungan share ke google plus adalah biasanya ketika Kita mencari kata kunci atau judul di google akan muncul artikel yang Kita share di google plus sebelumnya. Untuk twitter Kamu bisa menggunakan direct messagee atau pun langsung twit mengenai share artikel bisa juga dengan menambahkan tag agar muncul ketika di cari di search box.


Pinterst

Membuat board atau pin sangatlah berguna untuk bisnis bahkan blog Kamu di Pinterest. Misalkan Kamu terfokus pada dunia gadget, maka Kamu bisa memposting mengenai perkembangan gadget terbaru. Dan juga fitur pin untuk menambahkan gambar dengan keterangan yang berkaitan dengan produk Kamu.


2. Membangun hubungan dengan membuat Konten Review atau berkaitan dengan brand lain


Membuat artikel mengenai brand lain adalah cara yang patut dicoba. Ketika Kamu mencoba menulis artikel mengenai Mereka atau review tentang produk yang dimilikinya pasti merekea sangat senang. Misalnya Kamu membuat artikel mengenai beauty blogger Indonesia atau Traveller blogger Indonesia. Setelah posting, beritahukan kepada mereka mengenai postinganmu itu. Tentu mereka sangat senang nama atau brandnya masuk dalam artikel, terlebih jika rasa sangat menarik, tidak mustahil jika mereka share artikel tersebut kepada yang lain lagi. 

Menulis konten tema yang sama dengan blog lain juga bisa dijadikan ajang promosi. Terlebih kepada blogger yang sudah mempunyai nama-nama besar. Jika beruntung, bisa juga diajak kerja sama untuk menaikkan reputasi satu sama lain. Ajak juga para pembacamu atau yang berkomentar di blogmu untuk ikut share artikel tersebut, maka dari itu jangan lupa pasang tombol share di blog.

Kunci dari cara mempromosikan konten blog adalah kepercayaan. Ketika sudah menjalin hubungan yang baik dan mendapatkan reputasi, maka promosi blog Kamu berhasil. Jika sudah mendapatkan reputasi, secara alami web atau blog Kamu akan semakin dikenal dan meningkatkan banyak pengunjung. Dalam keadaan ini, promosi blog pun bisa dihentikan, karena visitor akan datang dengan sendirinya. Intinya promosi dilakukan untuk membangun brand.

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon