Wednesday, March 21, 2018

Cara Daftar dan Verifikasi Website di Google Webmaster Tools

Cara Verifikasi Blog di Google Webmaster Tools - Hal pertama yang dilakukan setelah membuat blog adalah mendaftar dan memverifikasinya ke google webmaster tools. Setiap mesin pencari mempunyai webmaster tanpa terkecuali google. Dalam hal ini google sebagai mesin pencari terpopuler di dunia akan mengindeks banyak sekali website ataupun blog. Kegunaan webmaster ini agar blog Kamu bisa dirayapi dan terdaftar di google. Maka dari itu sangat penting sekali untuk mendaftarkan blog ke webmastertools jika ingin mendapatkan pengunjung dari google.

cara verifikasi google webmaster tools


Apa sebenarnya manfaat webmaster tools?


Banyak sekali manfaat yang didapatkan dari mendaftarkan blog ke google webmaster tools. Intinya Kita bisa mengelola blog dan memantau peforma agar tetap baik. Dalam fitur yang diberikan gratis oleh google web tools, Kita bisa mengetahui dan mengevaluasi blog Kita dengan melihat data yang ada seperti tampilan penelusuran (data terstruktur, kartu rich, penyorotan data, penyempurnan html, halaman seluler yang dipercepat), lalu lintas penelusuran (analisis penelusuran, tautan ke situs, tautan internal, tindakan manual, penargetan internasional, kebergunaan seluler), indeks google (status index, sumber daya yang diblokir, menghapus url), perayapan (kesalahan perayapan, statistik perayapan, fetch as google, penguji robots.txt, peta situs, parameter url). 

Semua itu bisa membantu Kita untuk meningkat performa dan menjaga blog Kita dari masalah antara lain url not found, menghapus url yang tidak perlu, menganalisis blog di google seperti kata kunci yang menuju blog, banyak klik, dan masih banyak lagi.


Cara daftar dan verifikasi blog di webmaster tools google


verifikasi ke webmaster


2. Akan muncul kotak seperti pada gambar dan isi dengan url website yang akan didaftarkan ke webmaster. Lalu klik "Add".


3. Cari gambar roda gerigi dan klik tanda panah segitiga di sampingnya. Kemudian pilih "Verification Details".
search console

4. Kemudian akan muncul halaman seperti di bawah ini, dan klik "Verify using a different method".

verifikasi blog di webmaster

5.  Akan ada beberapa pilihan cara verifikasi website di google webmaster tool ni. Tetapi yang paling mudah yaitu menggunakan HTML tag. Klik lingkaran di sebelah tulisan "html tag". Nanti akan muncul kode meta tag yang merupakan kode verifikasi webmaster.

menggunakan webmaster tools

6. Buka dasbor blogger -> tema -> edit html -> cari kode <head> (gunakan ctrl+F) -> copy kode verfikasi tepat setelah kode tersebut. Simpan html dan jangan lupa klik "verify".


<meta content='kode verifikasi google webmaster tools' name='google-site-verification'/>

Itu dia cara mengenai bagaimana daftar dan verifikasi website atau blog di google webmaster tools. Mungkin di lain kesempatan akan Saya share cara mendaftar sekaligus verifikasi blog di webmaster tool lain seperti bing. Gunakan fitur gratis ini dari google untuk memaksimalkan seo blog.


EmoticonEmoticon