Wednesday, May 9, 2018

Bersama UNTAN Membangun Negeri

Bersama UNTAN Membangun Negeri - Peran pendidikan dalam kemajuan sebuah bangsa sangat vital sekali. Dengan adanya pendidikan yang berkualitas tentu akan menghasilkan lulusan dengan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas unggul juga. Dengan kata lain salah satu faktor kemajuan sebuah negara adalah SDM yang berpendidikan. Pembangunan tidak akan berjalan tanpa adanya orang yang ahli di bidangnya semisal, dokter, guru, insinyur sipil, dan lain sebagainya. Maka perlu adanya sebuah wadah pendidikan sebagai tempat menimba ilmu guna bersama-sama membangun negeri agar terus berkembang.

bersama universitas tanjungpura membangun negeri


Dalam hal ini pemerintah terus mengupayakan untuk meningkatkan mutu dan pelayanan pendidikan di Indonesia. Dalam hal ini harapan semakin banyak lulusan sarjana atau gelar diatasnya yang ikut andil dalam membangun negeri ini. Karena bukan rahasia umum lagi masih banyak lulusan yang menganggur.

Maka dari itu Universitas Tanjungpura sebagai salah satu universitas negeri di Indonesia ikut berpartisipasi menghasilkan lulusaan-lulusan terbaik yang diharapkan dapat mengaplikasikan ilmu yang di dapat di masa bangku kuliah ke kehidupan nyata. Kampus UNTAN terletak di Pontianak, Kalimantan Barat.

Terlebih lagi dengan kualitas pendidikan di Kalimantan Barat tergolong masih rendah dikarenakan kekurangan tenaga pengajar. Sedangkan dilihat dari Indeks Pembangunan Nasional Kalbar dengan nilai 66,26. Nilai ini tergolong dalam kategori pembangunan sedang. Dibanding dengan provinsi yang lain. Peran UNTAN sangat penting untuk membangun Kalimantan Barat khususnya dan Indonesia pada umumnya. (Sumber data: Badan Pusat Statistik)
Alamat lengkap: Jl. Profesor Dokter H. Hadari Nawawi, Bansir Laut, Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat (78124),  Telp: (0561) 739630, Email:  untan_59@untan.ac.id

Bersama UNTAN Membangun Negeri


Universitas yang awalnya dikenal dengan nama Universitas Daya Nasional yang didirikan pada 20 Mei 1959 ini merupakan perguruan tinggi negeri yang cukup berpengaruh di Kalimantan khususnya Kalimantan Barat. Sejak 14 September 1965 berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 278 Tahun 1965 diganti menjadi Universitas Tanjungpura. Setiap tahunnya ribuan mahasiswa baik dari luar maupun dalam pulau Kalimantan bersaing untuk memperebutkan kursi di UNTAN. Sampai sekarang ini terdapat 9 Fakultas.

Fakultas di Universitas Tanjungpura (UNTAN)


Fakultas Teknik, Hukum, Pertanian, Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Kehutanan, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Ilmu Sosial dan Politik, dan Ekonomi.

Dalam hal ini UNTAN memiliki 63 Program Sarjana, 24 Pascasarjana yang di dalamnya terdapat 31720 mahasiswa dengan 2059 staf pengajar. Sampai sekarang ini Universitas Tanjungpura telah menghasilkan lulusan mencapai 58061 lulusan. Dengan akreditasi A sejumlah 3, akreditasi B sejumlah 48, dan akreditasi C sejumlah 19.  Sebagai perguruan tinggi yang diharapkan melahirkan lulusan ahli dan intelektual baik moral maupun ilmu pengetahuan guna membangun negeri, UNTAN memiliki visi dan misi maupun tujuan karena slogannya yaitu bersama untan membangun negeri.

Visi


Pada tahun 2020 Untan menjadi institusi preservasi dan pusat informasi ilmiah Kalimantan Barat serta menghasilkan luaran yang bermoral Pancasila dan mampu berkompetisi baik di tingkat daerah, nasional, regional, maupun internasional.


Misi

Menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat secara bermutu sehingga dapat menghasilkan luaran yang mampu mengikuti, mengembangkan, dan memajukan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni serta mampu memberikan arah bagi pengembangan sesuai dengan disiplin ilmu masing-masing.

Tujuan

Dalam tahun 2015-2019 seluruh kegiatan Untan ditujukan untuk membangun untan sebagai perguruan tinggi yang mampu menjadi Pembelajaran Unggul Menuju Peningkatan Daya Saing Untan dalam rangka merealisasikan Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH/BLU).

Dalam mewujudkan misi dan misi maupun tujuan yang ingin dicapai, Untan memiliki rencana strategis yang pada intinya dirumuskan empat tahapan pengembangan strategi utama (Grand Strategy), yaitu :
  1. Periode 2015-2019: Menjadi Universitas Pembelajaran Unggul (Excellent Teaching University);
  2. Periode 2020-2024: Menjadi Universitas Riset dan Pelayanan Bermutu (Research and Excellent Teaching University);
  3. Periode 2025-2029: Menjadi Universitas Berdaya Saing Regional (Regional Class University);
  4. Periode 2030-2034: Menjadi Universitas Berdaya Saing Internasional (Entreprenerial World Class University).
Sebagai salah satu universitas yang memiliki peran penting khususnya di Provinsi Kalimantan Barat, UNTAN harus dan mampu menghasilkan lulusan yang terampil, ahli, dan mampu mengaplikasikan dan mengembangkan keilmuannya dalam pembangunan negara. Dan nantinya setelah lulus dari kuliah dapat mengabdi di masyarakat sehingga mampu meningkatkan pembangunan dengan pembaruan ke arah yang lebih baik. Bersama ini UNTAN mempunyai peran penting membangun negeri dengan mencetak mahasiswa yang mampu berfikir kritis terhadap kondisi di sekitarnya.

Mahasiswa maupun pengajar dibekali keterampilan tidak hanya teori saja. Buktinya penelitian yang sudah dilakukan sampai saat ini mencapai 197 penelitian. Diharapkan dengan adanya penelitian seperti ini dapat menjadi bahan referensi data informasi mengenai teori maupun masalah saat ini atau masa yang akan datang sehingga dapat mengembangkan apa yang ada. Hal ini sangat bermanfaat untuk ke depannya terlebih untuk membangun negeri ke arah lebih baik.

Dalam hal ini Universitas Tanjungpura juga melakukan kerjasama dengan berbagai pihak seperti perguruan tinggi lain, instansi-instansi, baik mitra dari dalam maupun luar negeri. Itu semua dilakukan untuk menunjang pengembangan pengajaran dan sumber daya manusia.

Sebagai perguruan tinggi yang cukup berpengaruh di Kalimantan Barat, UNTAN berada di peringkat 40 besar universitas seluruh Indonesia versi Webometrics. Hal ini cukup menjadi bukti bahwa Untan sebagai pelaksana pendidikan dan pengajaran yang berkualitas. Memang slogan "Bersama UNTAN membangun negeri" bukan sekadar kalimat bualan saja. Tetapi ini adalah sebuah harapan, impian sekaligus kewajiban yang harus dilaksanakan sebagai bukti bakti untuk Indonesia. Langkah yang tepat di ambil, karena pada saat ini, Negeri ini butuh penggerak menuju pembaharuan yang mampu menjadikan Indonesia maju di segala bidang.


sumber referensi:
http://www.untan.ac.id
https://www.bps.go.id
http://webometrics.info

photo by freepik
edited by rekblogging

4 comments

Mantap artikelnya university semoga makin rajin bikin artikelnya

kampusnya termasuk yang paling luas di indonesia ya?

bukannya universitas indonesia ya?


EmoticonEmoticon