Thursday, June 14, 2018

Mengenal Anchor Text Yang Menjadi Senjata SEO

Mengenal Anchor Text Yang Menjadi Senjata SEO - Anchor text merupakan salah satu bagian dari SEO On Page yang cukup penting. Hampir seluruh artikel Saya menggunakan teks jangkar minimal dua bahkan tiga, tetapi jangan berlebihan memakainya karena malah akan memperburuk nilai seonya. Memang masih ada yang mengesampingkan unsur seo yang satu ini, padahal jika Kita mengoptimalkannya bisa saja malah menjadi senjata seo yang dapat mendatangkan pengunjung ke blog Kita secara murni. Tetapi malah banyak yang menyepelekan, alih-alih sudah menerapkannya tetapi masih salah dan asal tanpa menggunakan strategi seo. Maka dari itu perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu anchor text, jenis-jenis acnhor text, manfaat anchot text, dan penerapannya di dalam artikel.

jenis-jenis optimasi anchor text


 Apa itu Anchor text?

Anchor text (teks jangkar) adalah kata atau frasa di dalam artikel yang jika diklik akan menuju ke link yang relevan dengan isi postingan (hyperlink). Biasanya muncul sebagai tulisan berwarna biru dan bergaris bawah. Tetapi beberapa tidak berwarna biru karena dimodifikasi dengan HTML dan CSS. Intinya anhor text merupakan teks yang terdapat link baik internal link maupun out bond link yang dapat diklik pembaca untuk mengetahui informasi lebih dalam mengenai konteks yang terdapat di dalam artikel yang berperan sebagai navigasi di web Kamu.

Contoh kode teks jangkar seperti ini

<a href="http://www.contoh.com">Isi teks disini</a>

Kamu juga bisa menambahkan teks jangkar dengan fitur di blogger ketika menulis artikel. Caranya blok tulisan yang ingin dihyperlink dengan mengklik tombol "link" bagian bawah judul post. Kemudian masukkan url link yang akan dipasang kemudian klik "ok".

Beberapa jenis anchor text


1. Teks jangkar menggunakan target keyword
Menggunakan kata kunci target sebagai teks jangkar cukup menjanjkan tetapi juga perlu was-was. Google akan menghukum ketika Kita menggunakan keyword secara berlebihan dan diulang-ulang. Maka dari itu menggunakan keyword utama sebagai anchor text sedikit beresiko.

2. Teks jangkar partial
Ini lebih baik daripada nomor 1. Kamu tetap bisa memasukkan kata kunci tetapi ditambahkan dengan kata lain. Hal ini tidak menimbulkan kecurigaan google yang menganggap Kita melakukan spam dan juga tidak terlihat memanipulasi algoritma google.

3. Teks jangkar dengan merek
Menggunakan nama merek sebagai anchor text akan meningkatkan otoritas blog di mata google karena google melihat bahwa blog Kita mengarahkan link ke web yang berkualitas. Apalagi dengan cara menaruh link bound dengan nama brand akan membuat pembaca lebih percaya dan menganggap artikel Kita berbobot.

4. Teks jangkar secara umum
Yang dimaksud disini adalah teks jangkar yang banyak digunakan oleh kebanyakan blog. Karena banyak digunakan, maka penggunaan ini dianggap baik. Padahal kenyataanny hal ini tidak banyak memberikan pengaruh yang besar.
Kata yang banyak digunakan antara lain :

klik disini
klik halaman ini
read more
click more info, dll

5. Teks jangkar sesuai dengan link
Jenis anchor text ini tidak dianjurkan karena terlihat tidak original dan profesional. Kamu hanya menempatkan url di dalam postingan dan mengarah sama persis ke link url tersebut. Dilihat dari segi human friendly sangat buruk. Ketika google merayapi artikel blog mu, tentu google akan membaca link saja.

6. Teks jangkar menggunakan LSI Keywods
Jenis ancor text ini sangat baik untuk optimasi seo on page. Menggunakan Long Semantic Indexing Keywords yang terkait dengan keyword utama membuat lebih relevan dan google akan menandainya sebagai prioritas karena nilai relevansi yang cukup tinggi. Tetapi jangan sembarang menggunakan LSI untuk teks jangkar. Kita perlu berfikir apakah kata kunci terkait perlu informasi lebih dalam untuk diberikan link.


Manfaat Anchor Text


Di lihat dari segi SEO tentu anchor text mempengaruhi peringkat google berdasarkan kata kunci tertentu. Hal ini bisa dikatakan dengan adanya anchor text di dalam artikel akan lebih menguatkan posisi artikel di halaman google. Di sisi lain dapat memudahkan navigasi di dalam blog Kita melalui link internal sehingga pembaca juga dapat mengetahui informasi lain yang relevan dengan yang mereka baca. Ketika merujuk ke link keluar maka google menganggap blog Kita memiliki otoritas karena merujuk pada web luar yang tentunya memiliki relevansi dan berkualitas.

Kesimpulan
Anchor text digunakan didalam artikel untuk meningkatkan kualitas seo agar mendapatkan rangking di google. Yang terpenting dalam menerapkan teks jangkar adalah bagaimana kita memahami struktur dan kualitas tautan, relevansi terhadap topik, dan otoritas situs itu sendiri di mata google. Mungkin sampai di sini Kamu sedikit lebih mengenal anchor text sebagai unsur penting di SEO.



EmoticonEmoticon