Friday, July 6, 2018

Cara Daftar Google Analytics dan Menghubungkannya ke Blog

Cara Daftar Google Analytics dan Menghubungkannya ke Blog - Google memiliki layanan yang dapat Kamu gunakan untuk mengetahui statistik website sehingga dapat mengontrol performa agar baik. Tentunya fungsi google analytics ini sangat penting apabila Kamu tahu cara menggunakannya. Maka dari itu banyak blogger yang mendaftar google analytics dan menghubungkannya ke blog mereka. Tetapi sebagian mereka yang daftar google analytics tidak dapat mengoptimalkan kinerja yang sudah ada, biasanya ketika sudah memasukkan kode analytics di website dan terhubung dengan google analytics dianggap sudah seo tanpa melakukan analisis.

mendaftarkan blog ke google analytics


Lalu apa manfaatnya jika hanya sekadar memasang kode di blog? Maka dari itu jika Kita sudah menambahkan fitur google analitik maka seharusnya Kita selalu mengecek kinerja website Kita yang di analisis google. Dari situ Kita bisa melakukan tindakan yang bisa dilakukan ataupun yang tidak boleh dilakukan. Google analytics pun dilengkap fitur yang cukup lengkap seperti dapat mengetahui sumber trafik, tayangan halaman, kecepatan situs, rasio pentalan, dan masih banyak lagi.

Itu tadi sedikit pembahasan sedikit mengenai google analytics, yuk langsung saya langkah mengenai cara daftar google analytics.

#1 Membuat akun google atau gmail untuk bisa mendaftar ke googel analytics. Jika sudah punya maka Kamu login terlebih dahulu ke akun google.

#2 Masuk ke halaman google anayltics untuk daftar. Klik "sign up" dibagian sebelah kanan.

#3 Akan muncul halaman baru seperti di bawah ini

cara daftar google analytics di blogspot

Pilih pelacakan untuk website dan isi data yang harus dilengkapi mulai dari nama akun,nama website, url website, kategori industri, dan zona waktu (pilih waktu indonesia).

#4 Jika sudah di isi semua maka klik kotak warna biru "Get Tracking ID".

menghubungkan google analytics ke blog

#5 Akan muncul pop up yang berisi term service dari analytics google. Setujui dengan mengklik kotak kecil yang terletak di bawah term and service.

#6 Muncul lagi halaman dan Kamu akan mendapatkan kode tracking ID. Kode ini nantinya di pasang di template blog Kamu tepat di atas </head>. Kurang lebihnya seperti ini kode scriptnya.

fungsi google analytics

#7 Lebih jelasnya buka dashbor blogger kemudian pilih "Theme" dan klik "edit HTML", gunakan ctrl+F untuk mencari kode </head> dan copy paste kan script google analytics tepat di atasnya lalu save.

#8 Jika ada lebih dari satu blog yang ingin dihubungkan ke google analyticsmu, maka Kamu bisa melakukannya dengan mengklik gambar "roda bergerigi" di bagian kiri bawah. Kemudian akan muncul menu property. Pilih property yang tengah dengan klik "create property". 

Sekarang blog Kamu sudah terhubung dengan google analytics. Untuk melihat informasi mengenai statistik Kamu bisa melihatnya di menu bagian sebelah kiri. Di bawah "Home" terdapat beberapa menu yang memuat informasi web. Demikian cara untuk daftar google analytic untuk menghubungkannya ke blog. Mudah bukan?


EmoticonEmoticon