Saturday, September 29, 2018

Cara Mencegah dan Mengatasi Jingling Blog atau Auto Visitor

Cara Mencegah dan Mengatasi Jingling Blog atau Auto Visitor - Beberapa dari banyak resiko menjadi seorang blogger ialah ada saja orang yang usil dengan blog yang Kita kelola, misalnya saja plagiat konten dan mengirim bot pengunjung yang diharapkan terkena banned ketika dia memasang google adsense. Mungkin beberapa blogger sudah ada yang tahu bagaimana cara mengatasi plagiat konten dengan cara melaporkannya ke DMCA . Tetapi bagaimana dengan cara mengatasi jingling atau auto visitor?

Banyak blogger yang mengeluhkan jika trafik blognya meningkat secara instan (jingling), tak tanggung-tanggung bisa sampai 5x lipat dari visitor biasanya. Saya pun juga sempat was-was takut blog Saya di jingling. Maka dari itu banyak orang yang mencari cara untuk mengatasi dan mencegah jingling atau bot auto visitor. Karena banyak sekali dampak buruk atau negatif jika blog Kita terkena jingling ini. Biasanya ada orang yang jahil atau mungkin iri dengan blog Kita, maka si orang tersebut menyerang blog Kita dengan menggunakan auto visitor blog. Maka dari itu mari cari tahu cara mengatasi jingling blog.

mencegah auto visitor blog

Sebenarnya apa dampaknya jika blog terkena jingling?


Berikut beberapa dampak buruk apabila blog sudah terkena jingling atau auto visitor website:

1. Peringkat blog di search engine bisa turun
Bisa saja artikel Kamu yang menempati posisi atas di halaman google menjadi turun. Bahkan bisa saja turun secara drastis dari halaman pertama ke halaman 5 sampai 10.

2. Terdeteksi spam oleh google
Algoritma google dapat mengetahui darimana saja lalu lintas blog di dapat. Bisa-bisa blog Kamu terindikasi spam oleh google karena trafik tinggi akibat bot auto visitor.

3. Deindex dari search engine
Beberapa atau semua artikel yang Kamu submit bisa deindex atau tidak diketahui lagi keberadaannya di mesin mencari. Bahkan jika Kamu submit artikel baru lagi akan sulit (lama) untuk terindex.

4. Google adsense terbanned
Jika Kamu memasang google ads di blog, mungkin saja bisa terkena banned, apalagi yang dijingling adalah iklannya. Google adsense memliki peraturan yang ketat, jika blog tersebut terindikasi traffic bot maka bisa saja iklan google adsense tidak tayang (suspend) bahkan banned permanen.

Setelah mengetahui dampak buruknya maka berhati-hatilah jika blog Kamu terkena jingling dan langsung cari tahu bagaimana cara mengatasi jingling tersebut. Biasanya blog yang terindikasi terkena auto visitor sebagai berikut:

  • Peningkatan visitor secara drastis dalam waktu singkat
  • Traffic source nya bukan berasal dari google tetapi dari alamat url yang aneh
  • Audience dari berbagai negara, biasanya Amerika Serikat
Selama Saya ngeblog, beberapa kali pernah di jingling oleh orang lain karena share link sembarangan, namun hanya mencapai visitor ratusan saja tidak sampai ribuan. Ketika itu Saya melihat statistik lalu lintas yang aneh karena peningkatan pengunjung dari luar negeri. Padahal blog Saya ditargetkan untuk audience Indonesia.

Baca juga: Bahaya Menggunakan Traffic Exchange pada Blog

Cara Mengatasi Jingling Blog atau Auto Visitor dari orang jahil


1. Buka dashbor blogger.

2. Pilih menu setelan atau settings.

3. Pilih menu preferensi penulusuran atau search preferences.

4. Lihat bagian crawl dan indexing, pilih edit pada custom robot txt. Lihat gambar di bawah ini

mengatasi bot auto visitor

5. Copy paste kode di bawah ini pada kotak yang tersedia di custom robot txt




User-agent: Mediapartners-Google
Disallow: 

User-agent: Googlebot
Allow: /

Disallow: /search
User-agent: *
Disallow: /

Sitemap: http://www.namablog.com/feeds/posts/default?orderby=UPDATED 

5. Ganti url blog dengan url blog Kamu, Simpan hasilnya.

Berikut ini juga Saya berikan tips agar tidak terkena jingling, bisa dibilang pencegahan.

Tips Mencegah Jingling Bot Visitor Blog


Beberapa tips ini merupakan pengalaman Saya ketika blog utama Saya di jingling orang lain.

  • Jangan sembarangan share link blog Kamu ke grub blogger. Lihat lah situasi atau perhatikan bagaimana sifat member dalam grub tersebut.
  • Jangan pernah pamer kepada orang lain, bisa jadi orang tersebut iri dan malah menjatuhkan kredibilatas blog Kamu.
  • Menggunakan hosting dan plugin (pengguna WP) untuk mencekal orang yang ingin jingling blog Kita.
Demikian beberapa tips bagaimana cara mengatasi jingling blog dari orang yan usil. Apabila ada pertanyaan silahkan sampaikan di kolom komentar.


EmoticonEmoticon