Sunday, July 9, 2017

Optimasi SEO On Page Untuk Meningkatkan Page Rank Google

Cara teknik seo on page lengkap

Optimasi SEO On Page Untuk Meningkatkan Page Rank Google - Teknik seo memang banyak dicari oleh para blogger untuk meningkatkan performa blog. Jika Kamu berseluncur di google, banyak sekali tutorial seo untuk blog mulai dari A sampai Z.

Meskipun begitu tidak banyak yang mengupasnya secara mendalam. Berbeda dengan optimasi seo wordpress yang mengandalkan plugin, blogspot sendiri harus melakukan optimasi secara manual untuk meningkatkan page rank di mata google.

Terdapat dua optimasi yaitu seo on page dan off page. Kali ini saya mendahulukan untuk membuat artikel seo on page daripada seo off page karena untuk mendapatkan hasil seo off page yang baik harus diimbangi dengan seo on page yang baik pula.


Apa yang dimaksud SEO On Page?

SEO On Page adalah cara untuk meningkatkan kualitas blog di mata google melalui optimasi halaman situs dengan meta tag maupun koding.

Perlu diketahui bahwa baik buruknya page rank sebuah website di google didasari oleh faktor seo. Untuk meningkatkan ranking website di google lakukanlah optimasi SEO On Page berikut ini.


1. Mengoptimasi Meta Description

Mengoptimalkan meta description memang tidak begitu berpengaruh untuk menaikkan page rank, akan tetapi bisa memaksimalkan SERP di halaman google. Banyak blogger yang sekadar memasang meta description ala kadarnya sehingga berasa sia-sia.

Dalam meta description terdapat 150 karakter yang bisa dimaksimalkan untuk meningkatkan pengunjung. Isilah meta tersebut dengan keyword utama yang menjadi gambaran artikel blog sehingga pengunjung tertarik untuk membacanya.

Untuk meningkatkan seo, lebih baik memilih meta description secara manual sehingga bisa menyelaraskan dengan artikel. Meta tag yang baik adalah meta tag yang tidak terlalu pendek sehingga bisa memuat keseluruhan artikel.

2. Mengoptimasi Alt Tag

Alt tag yang dimaksud terdapat pada gambar postingan di blog. Google hanya akan membaca keseluruhan teks dalam blog dan tidak bisa membaca gambar. Jika saat Kamu memposting artikel ke google dengan menambahkan gambar sebagai ilustrasi maka tambahkan title dan alt tag.

Fungsi dari alt dan title tag ini agar google bisa membaca gambar melalui teks. Masukkan teks dengan keyword utama pada judul artikel sehingga bersesuaian saat penelusuran gambar di google. Didukung dengan ukuran gambar yang responsive dan compress gambar sampai batas wajar membuat seo blog seemakin optimal.

3. Mengoptimasi Permalink

Perbedaan  mendasar antara blogspot dan wordpress adalah permalinknya. Berikut ini adaalah contoh url dari blogspot.

http://rekblogger.blogspot.co.id/2017/07/cara-agar-blog-cepat-terindex-google.html/

Dalam permalink blogspot terdapat bulan dan tanggal saat memposting artikel. Sedangkan dalam wordpress langsung url judul artikel.

http://panduanim.com/on-page-seo/

Memang dalam segi permalink, wordpress lebih unggul ketimbang blogspot. Tetapi url blogspot pun bisa dioptimasi. Pilihlah permalink yang manual sehingga Kamu bisa mengubahnya agar tidak terlalu panjang.

4. Mengoptimasi Template SEO friendly

Template SEO friendly itu yang seperti apa? Ya yang membuat pengunjung betah untuk berlama-lama di blog mu. Menu navigasi yang mudah dan kecepatan loading blog cepat juga menjadi faktor seo on page. 

Apakah template seo friendly akan meningkatkan page rank blog? Tentu saja. Dengan meninjau kemudahan bagi pengguna, tentu google akan memprioritaskan blig mu agar naik ke atas.

5. Mengoptimasi Link Juice

Link juice merupakan kumpulan backlink yang terdapat dalam blog. Bisa terdiri dari link internal dan link eksternal. Sebaiknya pilihlah dalam menautkan link dalam suatu halaman di blog. Biasanya link juice paling terbanyak terdapat pada halaman home. 

Seperti link menuju label, post, kategori, dan lainnya. Sehingga presentase link juice yang didapatkan semakin kecil. Maka dari itu pilihlah yang dianggap butuh dan penting. Jangan karena mengejar backlink sehingga Kamu menaruh banyak link di blig.

6. Mengoptimasi Riset Keyword

Sebelum membuat artikel tentunya perlu memikirkan ide apa yang akan dijadikan tulisan. Mungkin dari kalian mempunyai metode yang berbeda dalam mencari ide. Setelah mencari ide barulah mencari keyword yang banyak dicari di mesin pencarian. 

Dalam langkah ini Kamu harus riset keyword mana saja yang mempunyai pencarian banyak dengan pesaing rendah. Jika Kamu pengguna adsense pasti juga mempertimbangkan keyword dengan high paying keyword atau hpk. 

Jika artikel kaya akan keyword dengan tingkat pencarian tinggi pastinya akan semakin tinggi peluang visitor yang mengunjungi. Hal ini bisa membuat peringkat blog di google semakin baik. Kamu bisa riset keyword dengan banyak tool mulai dari yang berbayar sampai yang gratis. Kalau saya pakai keywordrevealer.

7. Mengoptimasi Penyebaran Keyword

Memang benar semakin banyak keyword semakin bagus. Akan tetapi bagaimana cara agar keyword menjadi seo on page? Ini hanya soal penempatannya saja. Biasanya keyword diletakkan pada heading 1, isi, dan akhit artikel.

Dalam hal ini Kamu juga bisa menggunakan lsi keyowrd. Latent semantic indexing keyword ini bisa dibilang keyword yang mirip dengan keyword utama. Bisa berupa sinonim atau penulusuran terkait.

Cara seo on page dalam berjalannya waktu akan membuat blog merankak ke halaman atas google. Jadi jangan khawatir page rank blog mu merosot, dengan adanya optimasi seo on page tentunya bisa mempunyai kesempatan menempati page pertama google.


EmoticonEmoticon