Sunday, July 9, 2017

Kesalahan SEO Yang Biasa Dilakukan Blogger

Kesalahan umum seo

Kesalahan SEO Yang Biasa Dilakukan Blogger - Perkembangan SEO dari waktu ke waktu telah berubah. Hal ini karenakan tindakan google yang selalu memperbaharui algoritmanya. Yang perlu menjadi perhatian adalah google algoritma panda karena mempunyai dampak besar terhadap posisi SERP. Algoritma ini memang bertujuan menenggelamkan halaman web yang memakai cara curang untuk bisa nangkring di halaman pertama google.

Masih banyak blog yang memberikan cara SEO kuno bertebaran di internet dan itu akan tetap ada selagi pemilik blog tidak menghapusnya. Padahal dengan dikeluarkannya algoritma panda membuat optimasi seo kuno tidak berguna. Sebaliknya, malah membuat blog Kamu menjadi mangsa empuk algoritma panda.

Kesalahan seo ini tidak disadari oleh kebanyakan blogger apalagi yang masih baru dalam dunia blog. Jika Kamu salah satunya, perbaikilah mulai sekarang. Cek apa saja kesalahan seo yang biasa dilakukan oleh blogger?


1. Kesalahan SEO pada judul artikel


Banyak para blogger yang memilih judul dengan metode long tail keyword karena menghindari persaingan yang ketat. Namun dalam prakteknya  optimasi seo ini banyak yang memilih kata kunci yang terlalu panjang. Sehingga judul artikel dalam mesin pencari tidak tampil secara penuh. Akibatnya malah berdampak pada penurunan seo blog. Berikut ini cara mengoptimalkan seo pada judul artikel.

  • Memiliki sekurang-kurangnya tiga kata
  • Tidak melebihi dari 60 karakter
  • Optimalnya antara 7 sampai 57 karakter
  • Mengandung keyword yang dibidik

2. Kesalahan SEO pada meta description


Meta tag description memang menjadi salah satu cara optimasi seo on page di blog dan menjadi salah salah satu komponen yang berpengaruh terhadap artikel. Fungsi meta tag ini adalah memberikan keseluruhan gambaran yang terdapat di artikel secara ringkas.

Kasusnya hampir mirip dengan judul artikel. Dalam memasukkan meta tag tidak boleh terlalu panjang dengan keyword yang sediilkit. Sehingga Kamu cuma memasukkan teks yang tidak begitu penting. Terlebih meta description hanya berisi 145 karakter. Optimalkan kepadatan kata kunci sehingga google mudah merayapi artikelmu. Lanjutkan membaca SEO On Page untuk meningkatkan page rank google.

3. Kesalahan SEO pada artikel


Konten blog memang menjadi syarat utama agar trafik blog tinggi sehingga bisa menaikkan page rank google. Konten yang baik adalah konten yang mampu bertahan lama dalam halaman pertama google. Banyak blogger bilang jika artikel yang bagus berkisar minimal 300 kata. Saya bilang itu salah. 

Coba tengok blog yang berada di halaman pertama google. Semua artikel yang terdapat di page one memiliki kisaran 500 sampai 1000 kata bahkan lebih. Contohnya saja seperti blog PanduanIM, blog mas sugeng, blogodolar, dan lainnya. Kenapa dalam jumlah kata segitu banyak?
  • Mengupas suatu masalah secara mendalam
  • Mampu memperoleh banyak keyword
  • Memberikan konten yang benar-benar dibutuhkan

4. Kesalahan SEO pada backlink


Mendapatkan backlink memang menjadi cara untuk mengoptimalkan prioritas blog kita di mata google. Kesalahan yang dilakukan biasanya dengan melakukan backlink secara sembarangan. Misalnya dengan melakukan spam backlink ke situs yang tidak jelas. Memang dengan banyaknya tanam backlink membuat posisi blog naik secara instan. 

Tapi sekarang tidak, google telah melakukan tindakan secara ketat melalui algoritma google penguin. Maka dari itu pilihan yang baik adalah dengan melakukan backlink berkualitas. Apa backlink berkualitas? yaitu backlink ke blog yang mempunyau PA dan SA tinggi. Tidak hanya itu, tetapi juga harus sesuai dengan tema blog Kamu sehingga saling relevan di mata google.

Beberapa kesalahan seo di atas masih banyak ditemui di kalangan para blogger. Umumnya mereka tidak menyadari dan terus melakukan praktek seo yang salah. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu.

5 comments

Tkss gan sangat membantu, SEO rumit juga unik hhiii.

terima kasih atas koreksinya gan, bisa lebih teliti nih

makasih infonya gan, artikelnya sangat bermanfaat apalagi buat ane yg masih newbie

kesalahan nomor 4 nih yang seing terjadi sekarang.


EmoticonEmoticon