Monday, August 28, 2017

Tips Memilih Nama Domain Menarik Agar Website Lebih Keren

Tips Memilih Nama Domain Agar Website Lebih Keren - Pemilihan nama domain menjadi salah satu hal penting saat membuat blog atau website. Setelah menemukan konten dengan tema apa yang akan di masukkan dalam blog, langkah selanjutnya yaitu menentukan nama url blog. Ya, sedikit sulit menemukan kata yang pas untuk dijadikan url link web.

cara memilih nama domain

Suatu nama domain akan menjadi penting karena digunakan untuk jangka waktu yang relatif lama. Untuk itu pilihlah nama domain yang menarik agar tidak selalu ganti-ganti nama karena alasan kurang cocok atau bosan.

Menentukan domain yang tepat akan membantu blog dalam meningkatkan pengunjung dan peringkat di search engine. Nanti akan dijelaskan mengenai masalah ini.

Sebuah website memerlukan nama url yang unik untuk menjadi sebuah brand situs yang mudah dikenal orang.

Ini bertujuan agar setiap orang tertarik mengunjungi blog kita, di samping konten yang juga harus berkualitas.

Seperti apa sih untuk menentukan nama domainnya? atau bagaimana tipsnya memilih domain yang membuat visitor tertarik berkunjung ke blog kita? Ini dia.


1. Memilih ekstensi domain terlebih dahulu


Ekstensi domain terdiri dari gTLD (generic Top Level Domain) dan ccTLD (country code Top Level Domain. Ekstensi seperti COM, NET, dan ORG termasuk gTLD. Sedangkan ID termasuk ccTLD khusus Indonesia.

Perlu diketahui bahwa ekstensi yang paling banyak digunakan adalah COM. Kebanyakan pemilik blog memilihnya karena sudah familiar di mata setiap orang. 

Jika Kamu bertanya kepada orang awam atau gaptek, pasti mereka berfikir alamat website hanya berakhiran COM. 

Alasan Saya memilih ekstensi ini juga hampir sama. COM sudah sangat populer bahkan di dunia internasional sekalipun. Terlebih lagi untuk blog perorangan atau pribadi akan sangat umum memilih ekstensi ini.

Jika mungkin nama domain yang Kamu pilih tidak tersedia dalam ekstensi COM, alternatif kedua adalah dengan berakhiran ID. Ya, banyak blogger memilih alternatif ini setelah COM. 

Mungkin dulu untuk membuat domain ID sedikit ribet karena memerlukan scan kartu identitas seperti KTP, tetapi sekarang syarat itu sudah dihapus. Jadi Kamu bisa memilih domain ID sebagai alternatif lain.

Selain itu domain NET juga banyak digunakan. Tetapi untuk menggunakannya, Kamu harus merogoh kocek lebih dalam karena untuk membuat dan perpanjangan domain sedikit lebih mahal.

Saya sarankan jangan memakai domain gratisan seperti TK dan GA karena terlihat tidak profesional dan sedikit orang yang mengetahui domain tersebut. Selain itu domain tersebut jarang yang masuk di halaman pertama google.


2. Nama domain harus mudah diingat


nama domain gampang diingat


Jadikan nama domain atau blog selalu diingat oleh orang yang mengunjungi. Coba buat visitor atau yang melihat blogmu mempunyai kesan pandangan pertama. 

Untuk membuat kesan mudah diingat, tentukan nama domain yang sekiranya tidak asing di telinga kita. Terdapat beberapa blogger yang salah dalam memilih kata untuk nama. Ini dia beberapa kesalahannya.

  • kata terlalu panjang
buat orang mudah mengingat blog kita. Jadi pilihlah kata sesingkat mungkin tidak lebih dari 10 karakter. Coba bandingkan domain rekblogging.com dengan areksukangeblog.com. Tentu lebih mudah diingat yang pertama.

  • hindari menggunakan angka
memang terdapat website-website besar yang menggunakan angka seperti liputan6.com atau bagas31.com. Sebenarnya tidak salah juga. Tetapi akan lebih baik untuk menggunakan huruf saja.

  • jangan memakai tanda hubung minus
Menurut Saya tanda hubung minus akan membuat Kamu kesusahan dalam mempromosikan web ke setiap orang. Coba saja jika ada orang menayakan apa alamat webmu? Entah Kamu atau dia yang bertanya, sedikit mencerna mengenai alamat urlnya.

  • menggunakan ejaan yang susah
usahakan pengucapan dan penulisan nama domain sama agar tidak terjadi kesalahan dalam penafsiran.


3. Cari kata menarik berhubungan dengan niche blog


Ini yang menjadi fokus blogger dalam menentukan istilah untuk domainnya. Cari kata yang sekiranya cocok dengan niche blogmu untuk dijadikan url. 

Contohnya Saya, blog Saya berdomain rekblogging.com karena isinya berfokus pada tutor mengenai blogging dan internet marketing. Tetapi jangan terpaku untuk memilih kata yang berhubungan dengan niche saja. 

Kamu juga bisa menggunakan nama panggilanmu sebagai url domain. Jika Kamu mempunyai ide kata yang menarik iu juga bisa dijadikan brand websitemu. 

Intinya pilihlah istilah yang unik sehingga banyak orang yang mau klik alamat blog Kamu.


4. Buat list pilihan nama domain lebih dari satu


cek ketersediaan domain

Usahakan untuk mencari nama domain lebih dari satu. Nantinya ini akan menjadikan perbandingan mana domain yang lebih bagus dan mana yang kurang cocok. 

Nah saat Saya membuat blog ini, terdapat nama yang Saya pilih. Berikut contoh nama domain yang unik dan bagus menurut Saya

rekblogger.com
rekblogging.com
remumedia.com

Akhirnya Saya memilih rekblogging untuk blog ini dan remumedia untuk blog yang lain. Rekblogger tidak dipilih sebagai url karena termasuk brand perusahaan lain.


5. Cek domain


Setelah memutuskan memilih nama apa yang cocok untuk dijadikan nama domain web atau blog, sekarang saatnya cek domain tersebut. 

Kamu harus cek apakah domain tersebut masih tersedia atau sudah digunakan oleh orang lain. Jika ekstensi domain yang dipilih sudah dipakai, coba dengan ekatensi yang lain. 

Lebih baik memilih nama domain yang belum pernah digunakan sebelumnya. Tetapi tidak salah juga mengambil domain aged yang expaired.

Jika Kamu ingin cek apakah domain tersebut pernah digunakan atau brlum bisa cek di whoisdomaintools.com


6. Jangan memakai domain tertarget


Banyak juga yang memakai trik curang untuk mengelabuhi mesin pencari. Contohnya dengan domain tertarget. Nama domain dibuat sama dengan isi konten agar bisa masuk ke halaman pertama mesin pencari.

Ini Saya berikan contoh domain tertarget silakan cek di google.

khasiatminyakzaitun123.blogspot.com

semua artikel di dalamnya memuat isi yang sama drngan judul yang hampir sama pula. Biasanya para blogger melakukan cara ini untuk penjualan produk.

Jangan pernah lakukan ini, karena rawan untuk deindex dari google.


7. Jangan memakai kata berunsur brand berhak cipta


Ini merupakan alasan kenapa Saya tidak memakai nama domain rekblogger karena terdapat kata yang memuaf unsur brand dari perusahaan google.

Sebenarnya tidak apa-apa memakai kata tersebut jika blogmu tidak dimonetisasi. Tetapi jangan salahkan jika sewaktu-waktu ada yang menuntut nama blog mu. 

Paling jika Kamu menggunakan nama brand dari google bisa-bisa di deindex dari serp.


8. Daftar ke penyedia domain


Tahap terakhir untuk menentukan domain dengan mendaftarkannya ke penyedia domain. Banyak sekali di Indonesia jasa domain yang terpercaya.

Saya membeli domain di rumahweb karena terhitung pelayanannya yang bagus. Tetapi jika Kamu punya referensi lain juga bisa digunakan.

Kesimpulannya, tips tersebut agar Kamu lebih mudah untuk menentukan nama domain apa yang cocok untuk blog. 

Menemukan nama domain yang unik dan menarik bisa untuk prospek pengembabgan blog. Jangan salah pilih. Jadikan blog mu keren dengan domain yang unik.


photo by pixabay

7 comments

Tambahin lagi gan klo menurut ane cek nama blog yang ingin dibuat di google dulu siapa tau udah dipake + cari artinya juga.

asal nama domainnya nggak panjang kayak rel kereta aja, utamakan unik biar lebih beda

wah dulu pernah buat domain cuma ngasal

wah menarik nih ane dulu suka riset domain supaya dpt yg memuaskan

cukup bagus bisa dicoba yang pastinya


EmoticonEmoticon