Tuesday, August 1, 2017

Manfaat Ngeblog Yang Tidak Disadari

Manfaat Ngeblog Yang Tidak Disadari - Tanpa disadari ternyata banyak juga manfaat ngeblog untuk kita. Nah untuk pemula atau yang belum mengetahui blogging, apa sih itu blog? Blog adalah situs web yang memuat halaman berupa tulisan, gambar, atau sejenisnya untuk dipublikasikan ke banyak orang lewat internet.

Manfaat blogging

Bagi Kamu yang sudah terjun ke dunia blogging dan tiba-tiba berhenti menulis artikel karena putus asa ngeblog atau karena jenuh, jangan berhenti dahulu sebelum mengetahui ini. Apakah Kamu tidak befikir berapa lama waktu yang dihabiskan atau biaya yang dikeluarkan untuk ngeblog? Hal itu berasa sia-sia jika Kamu stop ditengah jalan. Padahal bisa juga lho mendapatkan keuntungan yang diperoleh ketika Kamu ngeblog tanpa disadari. 


1. Mengerti HTML


Sejak memulai membuat blog Kamu akan mengenal HTML. Ya, pondasi atau dasar dari tampilan blog saat dimuat adalah kode script yang terdapat di blog tersebut. Jika tersabung ke internet, maka script tersebut akan menjadi tampilan default. 

Dalam menjadikan blog lebih profesional, tentunya Kamu akan mempertimbangkan untuk mengganti template bawaan blogger dengan yang premium atau free. Bisa juga membuat template sendiri dengan menerapkan dan merombak html sesuai keinginanmu. 

Aktivitas ini tanpa disadari bisa membuatmu tahu mengenai dasar-dasar html. Karena mau atau tidak mau pasti pernah edit html sedemikian rupa. Terlebih lagi yang penasaran dengan html dan yang ingin mendalaminya.


2. Mengetahui informasi baru


Secara tak langsung ketika kita rutin membuat artikel mengenai niche yang dipilih, tentu semakin banyak informasi baru yang kita terima. Dengan membuat konten baru pastinya kita akan mencari referensi atau sumber lain untuk dijadikan rujukan. 

Pada saat itulah manfaat blogging dirasakan. Menambah pengetahuan lebih dengan mencari informasi yang valid untuk dijadikan rujukan sebelum dilakukan analisis. Untuk membuat artikel, biasanya akan memilih tema yang memiliki banyak jumlah pencarian di mesin telusur, sehingga dapat memperbanyak viewers blog. 

Konten-konten viral juga dijadikan ladang khusus bagi para blogger untuk meraup pengunjung. Nah, dengan ngeblog pastinya kita mengetahui info terhangat yang sedang banyak dibicarakan. Terlebih jika Kamu ikut dalam suatu komunitas atau grup. Pasti ada saja info terbaru yang bisa menambah ilmu atau sebagai ide konten.


3. Mengasah kemampuan menulis dan kreativitas


Blogging tidak hanya sekadar menulis kata demi kata untuk di publish saja, tetapi di dalam proses membuat ide sampai mencari keyword dan kalimat yang menarik akan mengasah kemampuan dalam hal menulis. 

Tentunya Kamu juga sering membaca blog orang lain untuk mencari referensi. Di saat ini pula Kamu akan mengamati bagaimana gaya penulisan mereka, ciri dari artikel tersebut, dan keunikan yang dimiliki sehingga pengunjung mau membacanya. 

Semakin lama maka menulis pun tidak sesulit saat awal-awal membuat blog. Dengan selalu rutin pos artikel blog, maka semakin terasah pula skill menulismu. Inilah yang kenapa banyak orang berminat blogging.



4. Banyak kenalan di sosial media


Biasanya para blogger akan ikut dalam sebuah komunitas diskusi seputar blog. Tak tanggung-tanggung jumlah anggota dalam sebuah grup diskusi yang melebihi ribuan orang. Keuntungan ini bisa dimanfaatkan untuk promo produk dan blog sekaligus menggali ilmu dari hasil sharing. 

Jika kualitas blog mu di atas rata-rata dan bisa menjadi tutor para blogger lain, maka bisa dikatakan Kamu akan menjadi rujukan ilmu bagi blogger lain. Apalagi dengan banyaknya member membuat kenalan semakin banyak. Terlepas dari itu Kamu bisa menjadi blogger terkenal.


5. Memupuk jiwa pebisnis yang ulet


Apa Kamu percaya dengan manfaat ngeblog yang satu ini? Seharusnya sih iya. Kebanyakan blogger akan memonetisasi blognya dengan berbagai cara. Entah dengan menjadi publisher iklan atau menjual produknya sendiri. Google adsense adalah salah satu contoh layanan favorit para blogger untuk menghasilkan uang. 

Jangan salah, ngeblog itu tidak sesulit yang dibayangkan. Memang awalnya terdapat rasa malas atau bosan untuk update artikel. Tetapi lama kelamaan itu sudah menjadi hal biasa. Terlebih dengan motivasi untuk mendapatkan uang dari adsense. Tanpa disadari dengan ngeblog keuletanmu diuji seberapa keras Kamu berjuang. Itulah beberapa manfaat ngeblog yang bisa Kamu dapatkan.



Kesimpulan


Ternyata banyak juga kan manfaat ngeblog yang mungkin tidak disadari olehmu, mungkin karena Kamu keasikan ngeblog jadi tidak memikirkan hal-hal seperti ini. Artikel ini dibuat hanya untuk mengingatkan para blogger untuk terus berkarya dan selalu konsisten. Semangat ngeblog.

4 comments

nomer 3 ama 4 bener gan. kalo HTML skarang masih ga ngerti2. wkwk lemot emang. kalo bisnis, ane blog cuma hobi aja. ads juga seru2an aja

Benar min, semenjak behangat belajar ngeblog, behangat jadi sedikit tahu html,css, dan sedikit sql.

Dan tahu informasi teruptedet

bener mas. manfaatnya kerasa meskipun ya awal awal. dan html cukup kurang paham aku dibuatnya wkwk

Makasih dan bermanfaat dan sukses terus


EmoticonEmoticon