Tuesday, December 19, 2017

Cara Mengatasi Trafik Blog Turun Akibat Algoritma ccTLD Google Terbaru

Cara Mengatasi Trafik Blog Turun Akibat Algoritma ccTLD Google Terbaru - Akhirnya Google memperbaharui algoritma terbaru pada akhir bulan Oktober 2017 lalu. Secara terus menerus Google akan meningkatkan kualitas pencarian guna mendapatkan pengalaman pengguna yang lebih baik. Kali ini mereka update mengenai major algoritma ccTLD. Google selalu rutin update algoritmanya dengan melakukan banyak perubahan yang tentunya menuju ke arfah yang lebih baik agar orang yang akan mencari sesuatu di pencarian google mendapatkan hasil yang benar-benar relevan. Untuk itu perlu ada upaya dari google agar memberikan hasil perayapan yang dibutuhkan.

algoritma google terbaru


Kenapa Google mengupdate mengenai algoritma ccTLD?

Sebelum Saya jawab, alangkah baiknya Kita perlu mengetahui  apa itu domain ccTLD, yaitu Country Code Top Level Domain yang disetiap negara berbeda-beda. Contohnya di Indonesia menggunakan co.id, web.id, net.id atau di Inggris menggunakan co.uk, web.uk dan lainnya sesuai dengan kode negara masing-masing. Meskipun cakupan domain ccTLD tidak seluas TLD, tetapi dengan menggunakan domain jenis ini akan menfokuskan penargetan.

Untuk itu kenapa Google mengubah algoritma terbarunya dengan pergeseran peringkat pencarian internasional khususnya web atau blog yang menggunakan domain ccTLD yang berakibat pada penurunan peringkat pada search engine google.com dan penurunan trafik yang bisa dibilang besar. Karena Google ingin hasil relevan pada mesin pencari dengan penargetan sesuai negara dan bahasa. Tetapi dampak lain yaitu domain ccTLD akan menjadi prioritas utama google pada pencarian lokal.

Intinya pengaruh dari algoritma google ini yaitu perubahan peringkat search engine cakupan global. Sehingga web atau blog dengan domain lokal tidak perkasa lagi di pencarian internasional meskipun isi di dalamnya menggunakan bahasa inggris karena dikhususkan untuk penargetan lokal sehingga hasil yang didapat diharapkan lebih relevan.

Lalu bagaimana mengatasi dampak dari algoritma ccTLD yang menyebabkan penurunan trafik?


Google menginginkan hasil pencarian yang relevan untuk itu buatlah penargetan negara mana yang ingin dituju, kemudian gunakan bahasa yang sesuai dan lokasi yang tepat. Misalnya web Saya www.asuransi.id yang berisi mengenai hal asuransi di Indonesia maka penargetanya negara Indonesia dengan bahasa yang digunakan dan set lokasi Indonesia. Ini tidak dikhususkan untuk domain tertentu saja, diharapkan semua domain membuat penargetan agar hasil yang dicari relevan dengan apa yang ingin dicari. Apalagi yang menggunakan webnya untuk branding dan bisnis, tentunya akan membuat hasilnya lebih tertarget sehingga  bisa meraih lebih banyak klien.

Sebenarnya di dalam webmaster tool pun sudah disediakan pilihan penargetan internasional, namun kebanyakan dari Kita meremehkan hal tersebut atau bahkan tidak tahu, untuk itu ubahlah penargetan di webmaster toolmu.

bahasa dan negara penargetan webmaster

Setelah itu Kamu juga bisa menambahkan meta content yang SEO Friendly, biasanya template yang  SEO seperti buatan Arlina Design sudah terpasang meta tag seperti ini. Berikut kodenya dipasang di bawah kode <head>

<meta content='id_ID' property='og:locale:alternate'/>
<meta content='Indonesia' name='geo.placename'/>
<meta content='id' name='geo.country'/>

Selanjutnya menambahkan fungsi tag hreflang pada template untuk menentukan bahasa yang digunakan, misal Kita pilih bahasa Indonesia, berikut kodenya dipasang di bawah <head>

<link expr:href='data:blog.url' hreflang='en-ID' rel='alternate'/>

Begitulah kira-kira bagaimana cara mengatasi dan mengantisipasi penurunan trafik akibat algortima ccTLD google terbaru ini, dengan demikian, blog Kamu sudah diseting sesuai anjuran dan aturan google terbaru untuk mendapatkan hasil pencarian yang maksimal dan relevans.

Reverensi artikel dari Omblogging


photo by: vecteezy
edited by: rekblogging

1 comments so far

Niche info . . .
Terima kasih info nya gan . . .


EmoticonEmoticon