Thursday, May 10, 2018

Ini Dia Keuntungan dan Kerugian Mengikuti Kontes SEO

Keuntungan dan Kerugian Mengikuti Kontes SEO - Tidak sedikit para blogger sering mengikuti kontes seo untuk mendapatkan hadiah. Banyak pihak seperti sebuah brand yang mengadakan lomba seo untuk umum terutama blogger. Ya, tak lain dan tak bukan para peserta akan membuat artikel dengan ketentuan dan syarat yang sudah diberikan. Biasanya tema dan keywordnya sudah ditentukan berikut dengan ketentuan pendukung lain seperti jumlah link dalam sebuah artikel, dan penyelenggara bebas membatasi lomba dengan aturan mereka. Nah, sebagai jurinya, biasanya search engine terutama google yang menentukan juara. Artikel peringkat pertama dengan keyword tertuju di pencarian google maka itulah yang menjadi juara pertama, begitu pula dengan posisi kedua, ketiga dan seterusnya. Tetapi tidak menutup kemungkinan penyelenggara tidak hanya melihat posisi artikel di mesin pencari. Tetapi juga isi artikel yang berkualitas.

keburukan dan keuntungan ikut kontes seo


Bagi seorang blogger, mengikuti kontes seo sebenarnya wajar-wajar saja. Karena banyak memang yang ikut lomba baik itu iseng atau memang benar-benar ingin memenangkannya. Tentu saja ada banyak faktor yang membuat orang tersebut ikut berpartisipasi. Bermacam-macam keuntungan maupun kerugian yang didapat, jangan salah lho mengikuti kontes juga bisa memberikan hal tidak baik bagi Kita maupun web yang Kita ikut sertakan. Apa saja itu? Mari simak hal positif dan negatif ikut ajang seo.

Manfaat atau keuntungan mengikuti Kontes SEO


1. Mengasah Kemampuan Menulis SEO

Ibarat pisau akan tetap tumpul jika tidak diasah, apalagi digunakan untuk memotong. Begitu juga dengan ilmu yang Kita miliki. Seharusnya ilmu yang Kita punya harus diasah terus menerus agar mampu berkembang. Dalam dunia blogger, kualitas artikel adalah sangat menentukan sekali bagaimana pengunjung menggambarkan diri Kamu. Jika apa yang ditulis merupakan suatu hal yang layak diapresiasi dan mempunyai manfaat lebih maka mereka akan menanganggap dirimu ahli. SEO tidak melulu soal sebuah artikel berada di peringkat pertama. Tetapi proses bagaimana artikel tersebut bisa mencapai posisi pertama. Maka dari itu dengan mengikuti lomba, Kita akan tahu sejauh mana ilmu seo Kita. Memadukan karakteristik search engine dan kemauan pembaca adalah satu kesatuan yang harus dibangun dalam menulis artikel. Pembidikan keywords tanpa berlebihan tapi tepat sasaran, pemilihan dan jumlah gambar, meta tag, backlink, itu semua  dilakukan agar menang dalam kontes. Tetapi pesan yang dibuat tetap dapat ditersampaikan oleh pembaca.

2. Menaikkan Rating Blog dan Pengunjung

Ketika Kita membuat sebuah artikel untuk kontes seo maka pasti Kamu akan berusaha untuk mendapatkan peringkat pertama atau minimal halaman pertama google. Nah di sini kelebihannya. Orang akan mengunjungi artikelmu tersebut sehingga akan mendapatkan pengunjung biasanya terbilang lumayan banyak. Apalagi jika yang menyelenggarakan lomba merupakan brand besar, otomatis pengunjung akan semakin banyak. Kenapa? Pertama, faktor dari brand itu sendiri. Jika brand sudah banyak dikenal orang, maka sudah pasti banyak yang akan mencarinya di internet untuk mendapatkan informasi mengenai itu. Kedua, faktor dari kontes tersebut. Bisa saja yang mengunjungi artikelmu adalah mereka yang ingin atau sudah menjadi peserta kontes tersebut. Apalagi jika menduduki posisi pertama, sudah pasti akan banyak yang lihat untuk sekadar menganalisa bagaimana Kamu membuat artikel itu. Otomatis hal ini akan menaikkan ratting blog Kamu.

3. Mendapatkan hadiah

Mungkin beberapa teman blogger yang mengikuti kontes SEO karena ingin mendapatkan hadiah. Bukan tidak mungkin jika mereka ingin mendapatkan juara dengan hadiah yang menggiurkan semisal uang ataupun gadget. Sangat bermacam-macam hadiah yang ditawarkan oleh penyelenggara, tidak hanya berupa uang saja. Ini adalah salah satu alternatif para blogger jika mereka sulit atau memang ingin mendapatkan uang lebih dari blog. Mereka memanfaatkan ini sebagai ladang pundi-pundi uang. Apalagi jika sudah menjadi master seo, sangat mudah untuk menjadi juara dan mendapatkan hadiah.

4. Improvisasi teknik seo

Waktu ke waktu pasti algoritma google akan berubah dan update terus menerus. Maka dari itu diperlukan sebuah langkah baru agar tetap bisa menembus peringkat atas. Dalam perkembangannya, teknik SEO sebenarnya sama, tetapi dibutuhkan beberapa hal kecil untuk mengantisipasi algoritma yang ada. Untuk itu perlu adanya uji coba apa yang perlu dilakukan untuk mengantisipasi hal tersebut. Dari lomba ini bisa saja Kita mencoba cara baru mengenai teknik seo. Jika dirasa itu berhasil, maka ini akan menjadi senjata baru untuk ngeblog.


Kerugian atau keburukan mengikuti Kontes SEO


1. Update artikel akan terganggu

Jika Kamu mengikuti lomba, sudah pasti Kamu akan berusaha keras untuk bisa memenangkannya. Ini menyita waktumu untuk membuat artikel biasa di blog. Kecuali jika Kamu mempunyai stok artikel banyak untuk rutin update di blog, ini tidak akan masalah. Tetapi jika tidak, ini akan berdampak buruk. Bisa-bisa pengunjung setiamu akan protes. memang untuk membuat artikel untuk kontes seo membutuhkan waktu sedikit lama. Apalagi terdapat syarat dan ketentuan yang harus dipatuhi. Ketika memulai kita menganailsa kompetitor terlebih dahulu, kemudian penempatan keyword, LSI, jumlah kata, dan lain sebagainya. Intinya untuk membuat artikel lomba 2x lebih kerja keras.

2. Kalah tidak ada artinya

Memang sebuah kekalahan sangat menyakitkan. Ibarat kerja keras Kita berasa sia-sia dan apa yang ingin Kita capa tak terwujud. Ini yang menjadi kerugian ketika mengikuti Kontes SEO. Apalagi jika kalah karena didiskualifikasi karena suatu hal. Tetapi ada juga yang sudah peringkat pertama, tetapi tiba-tiba pihak penyelenggara membatalkan kontes tersebut karena kuota peserta tidak memenuhi. Maka dari itu jika memang Kamu berniat untuk ikut serta, niatlah dari awal dan buat artikel yang memang benar-benar berkualitas.

3. Rawan dicekal google

Berhati-hati jika sudah mengikuti lomba seo. Selain keuntungan, kerugian mungkin juga akan ada di blog mu. Ketika Kamu menembak keyword secara berlebihan atau mungkin karena judul artikel yang sama dengan peserta lain bisa saja ini membuat citra buruk di mata google. Banyak sekali kemungkinan yang terjadi, bisa saja deindex, penurunan peringkat, hilangnya sitelink, dan masih banyak hal terburuk lainnya.

Kesimpulannya, jika ingin mengikuti sebuah kontes seo, telitilah terlebih dahulu apakah penyelenggara bisa dipercaya atau tidak dan juga harus memiliki sikap serius ketika sudah mempunyai niatan ikut serta. Demikian keuntungan dan kerugian mengikuti kontes seo, semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon