Tuesday, April 30, 2019

Cara Membuat Sabun Transparan Untuk Suvenir

Cara Membuat Sabun Transparan Untuk Suvenir - Sabun transparan merupakan benda padat yang mudah dibentuk kedalam berbagai wujud karya seni dengan berbagai macam tehnik. Tekstur padat dan tidak mudah pecah menjadi salah satu keunggulan dari media ini. Oleh karena itu membuat souvenir dengan media sabun transparan batang bisa menjadi pilihan.

sabun transparan untuk suvenir

Bagaimana langkah-langkah membuat sabun transparan untuk souvenir?


Untuk membuat suvenir media sabun tansparan batang membutuhkan keterampilan atau skill ukir dasar. Karena pada dasarnya membuat suvenir dari sabun transparan metode ukir tidak jauh beda dengan mengukir di media kayu atau sejenisnya.

Pada kesempatan ini Saya membagikan cara membuat sabun transparan sebagai suvenir dengan teknik ukir untuk pemula.

Alat yang dibutuhkan dalam membuat karya seni ini sangat sederhana dan mudah didapat, yaitu pisau ukir dan pisau potong biasa.

Tahapan pembuatan suvenir dengan sabun transparan batang cukup mudah, berikut ini langkah-langkah mengukir sabun menjadi suvenir yang indah:


#1 Siapkan alat dan bahan

Alat dan bahan yang perlu disiapkan yaitu pisau potong, pisau ukir, sabun transparan batang dan perlengkapan pendukung lainnya seperti tisu dan model (misalnya buah apel).


#2 Buat Sketsa

Langkah pertama adalah membuat sketsa patung pada kertas sesuai dengan karya yang ingin kamu buat, kamu bisa membuat sketsa burung, ikan, buah-buahan seperti apel, jeruk dan lain-lain. Alat yang digunakan adalah pisau potong dan pisau ukir, untuk detail pembuatan sketsa adalah sebagai berikut:

  1. Potong sabun transparan hingga membentuk segi empat gunakan pisau potong, kemudian 
  2. Ambil pisau ukir untuk membuat sketsa.


#3 Ukir Sesuai Sketsa

Langkah kedua yaitu ukir sabun mengikuti pola pada sketsa. Awali memahat dengan mengurangi bagian-bagian yang tidak penting. Jika Kamu membuat suvenir berbentuk buah apel maka langkah awal adalah dengan membentuk sabun transparan batang menjadi bulat.


#4 Ukir Detail

Langkah ketiga, mulai bentuk sabun transparan batang menjadi sebuah buah apel dengan mengukir bagian buah secara pelan-pelan secara detail. Pada langkah ini dibutuhkan kesabaran dan ketlatenan dalam membentuk detail buah apel.

Bersihkan serbuk sabun hasil pahatan dengan cara ditiup. Kamu dapat menggunakan alat pahat lainnya untuk membersihkan sabun dari serbuk yang menempel.

Kerajinan tangan dari sabun ukir yang sudah jadi bisa Kamu kemas supaya lebih menarik.


EmoticonEmoticon