Saturday, May 29, 2021

Penyebab Bau Mulut yang Tak Kunjung Hilang dan Cara Mengatasinya

 Penyebab Bau Mulut yang Tak Kunjung Hilang dan Cara Mengatasinya - Bau mulut memang menjadi masalah besar bagi Kamu sehingga tampil tidak percaya diri. Alih-alih hanya menutup bau mulut agar tidak tercium, lebih baik cari tahu akar masalah penyebab mulut bau. Bau mulut yang tidak kunjung hilang terjadi karena beberapa hal.


penyebab bau mulut



Halitosis atau yang biasa dikenal bau mulut ini merupakan kondisi di mana mulut kita memliki aroma nafas yang tidak sedap. Biasanya karena makanan yang dia konsumsi. Hindari makanan yang menyebabkan bau seperti bawang merah dan bawang putih. Keberihan mulut yang tidak terjaga juga menjadi faktor penyebab bau mulut. Kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol, dan bisa juga faktor kesehatan yang buruk mempengaruhi kondisi mulut.



Apa Yang Dapat Kamu Lakukan dengan Bau Mulut?


Sebenarnya cukup mudah untuk mengatasi bau mulut yang susah hilang. Kebiasaan ini pun bisa kamu lakukan dalam keseharian. Berikut beberapa cara untuk menghilangkan bau mulut tidak sedap:



1. Menyikat Gigi dengan Baik dan Benar


Karang gigi yang melekat dapat memunculnya bakteri yang menyebabkan bau mulut. Sisa makanan yang terperangkap di sela-sela gigi juga menambah masalah. Sikat gigi kamu setidaknya dua kali setiap hari. Jika kamu khawatir tentang napas kamu yang tidak sedap, lakukanlah sedikit lebih sering. Namun, jangan berlebihan. Setidaknya lakukanlah setelah makan dan sebelum tidur. Jangan asal menggosok gigi, lakukanlah dengan benar. Jika kamu menyikat terlalu keras, Anda dapat merusak gigi kamu dan membuat gusi berdarah. Itu akan rentan terhadap bau tidak sedap akibat bakteri.



2. Berkumur dan Bilas Mulutmu


Selain membuat nafas menjadi segar, obat kumur menambahkan perlindungan ekstra dengan menyingkirkan bakteri yang terdapat di mulut. Rasa mint pada obat kumur bisa membuat kamu merasa lebih baik. Namun pastikan obat kumur yang kamu pilih membunuh kuman penyebab bau mulut. Jangan hanya menutupi baunya tetapi tidak dengan penyebabnya. Bilas setiap hari dengan obat kumur yang baik dan hentikan bau mulut pada sumbernya. 

Kamu juga bisa membilas mulutmu dengan air biasa setelah makan. Ini bisa menghilangkan partikel makanan yang menempel di gigi. Jika perlu, gunakan air garam untuk berkumur. Air garam bisa menjadi obat penghilang bau mulut alami. Mudah saja, gunakan segelas air hangat yang dicampuri sedikit garam kemudian berkumur selama 30 detik. Kamu bisa mengulanginya sampai bau di mulut benar-benar hilang.



3. Membersihkan Lidah


Membersihkan lidah dengan cara menggosok menggunakan sikat gigi ternyata penting juga loh. Sebenarnya lidah merupakan tempat yang rawan untuk berkumpulnya bakteri sehingga dapat menyebabkan bau mulut. Hal ini terjadi karena lidah mempunyai area pangkal yang lembab yang jarang tersentuh. Selain menggunakan obat kumur, kamu bisa menggosok menggunakan sikat gigi, jika perlu menggunakan obat khusus pembersih  lidah. Gunakan sikat gigi yang panjang dan lembut agar lebih mudah mencapai area yang susah dijangkau.



4. Membuat Mulut Selalu Basah


Perlu diketahui jika mulut kering bisa berdampak pada bau mulut tidak sedap. Kondisi mulut kering ini biasa terjadi karena produksi air liur yang melambat, padahal air liur berfungsi untuk melembabkan dan membersihkan mulut. Kandungan yang terdapat di air liur dapat menetralkan asam yang dihasilkan oleh plak-plak sisa makanan di mulut. Minumlah air putih untuk menghilangkan mulut kering guna membasahi permukaan lidah dan mulut. Selain itu kamu juga bisa menguyah permen karet tanpa gula agar menjaga kondisi mulut tetap lembab.



5. Periksa ke Dokter Jika Bau Mulut Berlanjut


Jika kamu sudah mengupayakan segala hal agar bau mulut hilang tetapi tidak kunjung hilang, periksalah ke dokter. Bisa jadi, bau mulut yang kamu alami menjadi faktor kesehatanmu yang buruk. Untuk mengetahui masalah lebih lanjut sebaiknya segera ke klinik atau rumah sakit.

Untuk mengantisipasinya hindarilah hal-hal yang menyebabkan bau mulut. Lakukanlah hal-hal di atas agar bau mulut kamu segera hilang. Jangan khawatir tidak tampil percaya diri di depan orang. Sekarang kamu sudah tahu cara mengatasinya.


EmoticonEmoticon