Sunday, September 17, 2017

Cara Meningkatkan Jumlah Pengunjung Organik Blog Berlipat Lipat

Cara Meningkatkan Jumlah Pengunjung Organik Blog Berlipat - Sudah tahukah Kamu pengunjung organik itu apa? Ya, pengunjung yang berasal dari search engine seperti google. Kenapa banyak sekali blogger yang menginginkan blognya mempunyai visitor organik yang banyak? Apakah pengunjung non organik tidak penting?

meningkatkan trafik organik

Mari terlebih dahulu kita membandingkan antara trafik organik dengan trafik non organik.

Apa itu trafik organik?


Trafik organik adalah jumlah pengunjung yang datang ke sebuah website melalui mesin pencarian baik itu google, yahoo, yandex, dan lain-lain. Dikatakan organik karena orang secara kesadaran diri masuk ke halaman web kita melalui kata kunci yang mereka cari dari kolom pencarian. Semakin banyak trafik dari google maka semakin besar pula blog Kamu masuk di halaman satu google. Sehingga bisa dikatakan blog dengan trafik organik tinggi mempunyai kualitas SEO yang baik.

Apa itu trafik non organik?


Berbanding terbalik dengan di atas, traffic non organic bukan berasal dari mesin telusur. Lalu lintas ini di dapat karena blog Kita di share ke media sosial seperti facebook, twitter, maupun google plus. Sehingga pengunjung datang ke blog Kita karena adanya link web yang di share. Biasanya para blogger pemula menggunakan trik seperti tukar blogwalking dan komen di blog orang lain.

Bagaimana dengan menuliskan langsung url blog yang otomatis langsung tertuju pada blog kita?Apakah itu termasuk organik? Bukan

Visitor yang menuliskan langsung alamat blog kita dianggap pengunjung non organik karena mereka sengaja mengetik langsung url sehingga tertuju pada halaman suatu blog tanpa membidik kata kunci yang dicari.

Pengunjung dari search engine yang banyak, mengindikasikan bahwa semakin banyak keyword yang dibidik tepat sasaran. Oleh karena alasan itu para blogger lebih mementingkan cara agar pengunjung natural banyak. 

Bagaimana meningkatkan pengunjung organik sampai berlipat-lipat? Tenang, itu ada triknya.

Jika Kamu menerapkannya, secara otomatis akan meningkatkan trafik blog


Bahkan website PanduanIM pun bisa meningkatkan visitor hingga lebih dari sepuluh kali lipat saat mulai dirintis.

1. Mengoptimalkan Teknik SEO Modern


Salah satu tujuan dari optimasi SEO adalah untuk memperbanyak trafik ke blog kita. Maka dari itu SEO penting untuk dilakukan agar blog kita mampu bersaing di urutan teratas halaman google. Dengan kita menggunkan SEO, semakin besar peluang blog masuk pageone google sehingga banyak diklik oleh banyak orang. Untuk memaksimalkan optimasi, terdapat dua jenis SEO yaitu on page dan off page. Keduanya tidak boleh terpisahkan dan jangan memilih mengoptimalkan salah satunya saja.



Setelah Kamu melakukan optimasi, lihatlah dahulu apakah seo yang Kamu lakukan adalah seo modern atau kuno?

Sekarang ini tidak jamannya ngemis blogwalking ke sana- kemari dan spam komentar di blog yang hanya membuang waktumu saja. Kamu tinggal duduk manis melihat pengunjung berdatangan dengan sendirinya dengan menggunkan SEO Modern.


Faktor yang terpenting dalam SEO adalah konten itu sendiri. Jangan mengandalkan cara instant seperti menggunakan software. SEO yang modern adalah dengan membangun konten berkualitas yang dibutuhkan oleh orang banyak.


2. Membuat konten yang banyak dicari


Mau kan blog mu dikunjungi banyak orang setiap hari? Apa sih yang membuat mereka mau mampir ke blog kita? Bahkan ada pengunjung loyal yang selalu menantikan artikel terbaru kita.

Kuncinya adalah membuat konten menarik yang viral. Viral di sini diartikan yang banyak dicari oleh banyak orang. Tetapi bukan dengan ikut-ikutan membuat artikel yang sama dengan blog lainnya. Tetapi membuat artikel original yang memberikan rasa ingin tahu seseorang dan belum ada di blog lain.

Untuk memudahkan keyword apa yang banyak dicari, maka kita gunakan bantuan google keyword planner atau google trend. Di situ Kamu bisa melihat kata kunci apa yang memiliki tingkat pencarian banyak.

Misalkan kita membidik keyword "Optimasi SEO", padukan dengan kata turunannya seo on page dan off page, black hat dan white hat seo, dan banyak lagi.


3. Membuat konten untuk jangka panjang


Memilih niche blog memang menentukan langkah untuk kedepannya, terutama dalam membuat konten. Untuk mendapatkan banyak pengunjung secara terus menerus, buatlah artikel abadi. Maksudnya adalah artikel yang tidak kadaluarsa atau viral di musim tertentu saja. Pilihlah konten seperti tutorial atau tips semacamnya.

Jika Kamu membuat konten yang booming di waktu itu saja, misalkan mengenai batu akik, maka presentase pengunjung akan semakin menurun. Begitu juga dengan web bertemakan berita. Satu artikel berita akan stabil mendapatkan banyak visitor hanya 3-4 hari saja.

Berbeda dengan konten mengenai "tutorial mendapat trafik blog secara cepat". Pasti akan selalu ada orang yang mencari mengenai judul artikel tersebut. Itulah yang menyebabkan trafik blog stabil meskipun jarang update.


4. Mendapatkan trafik dari google adword


Salah satu layanan google untuk membantu blog Kamu agar mendapatkan pemirsa yang lebih banyak adalah google adword. Salah satu keuntungan menggunakan google adword ialah blog Kamu akan muncul di halaman pertama google paling atas.

Berbeda dengan layanan iklan lain, visitor dari adword dianggap organik karena melalui pencarian google. Hal ini semakin besar peluang untuk menambah pengunjung dengan modal yang tidak begitu banyak.

Kamu juga bisa menargetkan daerah atau negara mana saja yang bisa melihat iklan blog mu. Biasanya layananan ini digunakan oleh perusahaan e-commerce dan situs besar untuk mempromosikan produknya. Tetapi tidak masalah jika blog pribadimu menggunakan adword karena semakin besar kemungkinan untuk di kunjungi.


5. Membangun kepercayaan pada orang lain


Memang pada mulanya sangat sulit untuk langsung mendapatkan pengunjung yang banyak. Tetapi ada cara untuk menempuh tujuan itu. Ya, buatlah orang lain mempercayai dirimu ahli dalam bidang tersebut. Sehingga orang akan menilai dirimu dapat menjadi sebuah rujukan dalam mengatasi masalahnya. 

Misalnya, Kamu ahli mengenai SEO dan artikelmu banyak yang berada di halaman pertama google. Tunjukkan pada mereka bahwa Kamu memang berkompenten dalam isi blog mu. 

Maka dari itu, mereka akan mengunjungi blog mu sebagai referensi rujukan. Kamu juga bisa mensiasati dengan meminta cek keyword artikelmu di pencarian apakah ada pageone google atau tidak.

Jika mereka mencari kata kunci tersebut dan mengklik artikel blogmu yang ada di halaman satu, maka peluang visitor organik terbuka lebar.

Lakukanlah seperti itu dengan konsisten, maka akan menambah jumlah pengunjung organik, meskipun tidak seberapa tetapi tetap membantu. Lama kelamaan akan semakin banyak orang yang mempercayaimu dan merujuk blog mu sebagai bahan referensi mereka.

Untuk meningkatkan pengunjung yang benar-benar murni dari google memang harus mempunyai trik tersendiri. Mungkin setiap orang berbeda-beda agar visitor blognya naik berlipat-lipat.


photo by pixabay



20 comments

Emang membangun kepercayaan orang lain itu yang sulit mas, dulu aku sukses membentuk karakter branding Surga Blogging, karena udah sold, sekarang lagi bangun branding nya *Dunia Faisol*

Bismillah, salam #DuniaFaisol

Sy masih blm paham banget soal seo, selama ini nulis blog karena memang suka nulis aja

teknik seo modern itu seperti apa ya gan

yang paling sulit bagi saya adalah seo mas, o ya adakah tips seo yang bagus mas, kalau ada share lah

Bermanfaat bangat, semoga ajah trafik ane melejit..

Bermanfaat bagi pemula sepertu sya

membuat clickbait yang paling cepet gan :D

Langsung saya praktekkin gan, dan lumayan lah naik sampe 2 kali lipat, makasih gan

Menurut saya yang paling susah di zaman ini adalah poin ke 5,karena banyak sekali manusia yang sering menipu untuk memperkaya diri sendiri,bukan seperti para blogger tutorial yang memberikan banyak sekali informasi yang dapat berguna bagi nusa bangsa (h)

sampai sekarang juga saya kurang mengerti tentang seo

Membangun kepercayaan orang lain yang susah, tapi dengan artikel di blog yang sesuai dengan realitas pasti nanti banyak yang dateng, walaupun gak instan, betul kan om :D

Menurutku paling susah itu membangun kepercayaan orng.
Nungguin dikasih feedback orng -_-
thks infonya mas

Apakah blog peraonal kyk blog saya ini bisa dapet visitor organic ya? Secara artikelnya gak banyak dicari orang
Www.ekopriantoblogs.top

Oke makasih nih buat tipsnya, kaykanya semua cara udah dicoba.. tinggal dimaksimalkan lagiii

Terimakasih untuk artikel yang bermanfaat terutama bagi blogger pemula seperti saya. Akan saya coba terapkan tips dan trik yang anda berikan. semoga pengunjung blog anda tdak pernah sepi setiap hari agar banyak orang yang bisa mengetahui tips dan trik jitu dari anda :) .

strategi seo sy blum terbangun jadinya visitor sepi nih,,,setelah dapt info ono mudah2an dpt mendatangkan visitor banyak...thanks infonya gan...

Paling susah mencari trefik yaitu membangun kepercayaan orang lain itu sangat sulit karena mungkin persaingan nya sangat lah ketat
https://www.kustiana.xyz

ya betul yang paling sulit itu membangun kepercayaan orang lain, tp jalani saja terus berjuang dengan sabar dan ikhlas. semangat.


EmoticonEmoticon