Sunday, July 23, 2017

Pengaruh Kecepatan Blog Terhadap SEO dan User Experience

Pengaruh Kecepatan Blog Terhadap SEO dan User Experience - Seorang blogger menanyakan kepada Saya apakah kecepatan loading blog berpengaruh? Memang betul berpengaruh terhadap SEO dan UX (User Experience).

Kecepatan blog terhadap seo

Saat pertama kali membuat blog, orang akan memikirkan template yang cocok untuk blognya. Dan yang dilakukan adalah memilih visual template yang keren dan bagus di mata pengunjung. Kebanyakan mereka malah mengeluhkan loading blog yang berat. Ini yang salah besar.

Buat blog tidak hanya dengan tampilan yang bagus saja tetapi juga yang nyaman bagi pengunjung. Pilihlah dari awal untuk memakai template yang SEO friendly. Tetapi jika kecepatan blogmu berat lebih baik tingkatkan kecepatan dari sekarang. Karena bisa berpengaruh terhadap optimasi mesin pencarian dan pengalaman pengunjung.


1. Pengaruh loading blog terhadap SEO

Lama atau cepatnya untuk memuat halaman blog merupakan satu dari ratusan faktor SEO. Namun, lama loading dianggap penting oleh mesin pencari untuk merayapi suatu halaman dengan googlebot.

Sehingga terjadi kesalahan perayapan karena situs yang dimuat tidak tampil secara sempurna. Google akan melihat apakah blog tersebut cepat atau lama. Umumnya blog dengan loading cepat akan menempati halaman pertama google, dengan kata lain lebih diprioritaskan.

Baru-baru ini google mengeluarkan produk baru berupa AMP HTML. Bagi yang belum tau, AMP ( Accelerated Mobile Page) adalah web dengan struktur yang dirancang dengan meminimalisir javascript, html,  dan CSS untuk versi mobile.

Ini sangat menguntungkan para blogger karena dapat menigkatkan kecepatan halaman web dua kali lipat. Dan biasanya blog yang menggunakan AMP adalah penghuni halaman 1 google.


2. Pengaruh loading terhadap UX

Pasti bagi seorang blogger berhasil menulis konten yang bagus menjadi kepuasan tersendiri. Tapi itu semua akan percuma jika loading web berat sehingga lama untuk dimuat. Pengunjung akan beralih ke blog lainnya yang dirasa nyaman. 

Pengalaman pengunjung menjadi prioritas utama karena berbanding lurua dengan seo. Kenapa demikian? Tentu saja berkaitan dengan bounce rate. Selama pengunjung merasa tidak nyaman untuk menunggu terlalu lama loading halaman, itu akan meningkatkan presentase bounce rate. 

Semakin banyak yang meninggalkan halaman artikel yang dimuat terlalu lama semakin membuat bounce rate tinggi. Membuat situs dimuat dengan cepat akan disukai oleh pengunjung. 

Terlebih lagi jika untuk bisnis atau internet marketing. Jadi kecepatan blog yang buruk akan membuat reputasi di mata google juga berkurang. Maka dari itu penting untuk memperbaiki waktu loading agar semakin cepat.

2 comments

kalo boleh kasih saran, sekalian gan sertakan link buat tes kecepatan blog😁 makasih sebelumnya..

oke gan bisa meluncur aja ke gmatrix


EmoticonEmoticon