Sunday, October 29, 2017

Cara Meningkatkan Penghasilan Youtube Lewat Adsense

Cara Meningkatkan Penghasilan Youtube Lewat Adsense - Menjadikan Youtube sebagai alat untuk memonetisasi adsense memang menjadi alternatif tersendiri bagi para pengeruk receh untuk menambah penghasilan. Untuk bisa monetisasi bahkan meningkatkan penghasilan adsense di youube memang perlu kerja keras yang lebih ketimbang blogger. Konten dengan video-video yang menarik dan beda dengan yang lain. Menjadi seorang youtuber memang tidak gampang, harus mempunyai passion atau keahlian sehingga kita bisa berbagi lewat video unggahan youtube.

meningkatkan penghasilan youtube

Channel youtube Kamu sudah ada iklannya, tetapi earning masih sedikit? Mungkin artikel ini mrnjadi solusinya. Bagaimana para youtuber mendapatkan penghasilan begitu besar? Ya, mereka mendapatkan uang dari iklan, baik google adsense maupun endorse. Kebanyakan dari mereka pasti memasang google adsense untuk memonetisasi channel youtubenya. Sudah pasti dengan viewer dan subscriber yang begitu banyak mampu mendapatkan recehan yang tidak sedikit dari adsense. Maukah Kamu seperti itu? Lalu bagaimana cara memulainya?


1. Buat channel dan tentukan niche yang menjadi fokus utama


Membuat channel youtube pribadi dengan nama Kamu sendiri atau brand sendiri tidak masalah. Yang menjadi masalah adalah lalu video apa yang harus diupload? Sebaiknya Kamu mempunyai fokus utama untuk memilih tema video apa yang akan ditayangkan dichannelmu. Ini akan menjadi batasan sehingga para viewer tahu niche apa yang terdapat di channelmu. Misal Kamu bisa membuat video pribadi seperti vlog, gaming, tutorial, dan lainnya. Sehingga ke depannya Kamu tidak bingung harus membuat video apa lagi. 

Banyak sih niche yang disukai atau mempunyai peluang banyak viewer seperti niche gaming yang akan selalu update sehingga orang tidak akan bosan dan ingin mau tahu game apa yang sedanh trend. Niche kecantikan seperti tutorial make up juga banyak mendapatkan viewer. Biasanya para cewek-cewek mencari tutorial make up di youtube. Dengan banyaknya view di video kita, maka semakin besar pula peluang mendapatkan uang dari adsense. Untuk yang belum tahu, minimal viewer channel agar bisa dimonetisasi adsense adalah 10000 viewer.

2. Buat video yang berkualitas


Memang kata berkualitas adalah segalanya. Sebaiknya Kamu jangan terlalu fokus untuk mendapatkan uang dari adsense dengan cepat. Karena itu akan merubah mindset Kamu membuat video karena uang. Maka kualitas videomu pun akan menurun dan tidak berkualitas. Usahakan buat video yang memang benar-benar mempunyai isi yang bagus. Jangan karena ingin mendapatkan viewer yang banyak sehingga upload sehari sampai 20 kali tetapi kualitasnya nol. Contohlah youtuber terkenal. Agung hapsah misalnya, videonya mempunyai kualitas dan seni, sehingga pengunjung pun akan tertarik melihatnya. Jika dia membuat video baru pasti ditunggu-tunggu, karena video yang bagus. 

Untuk meningkatkan penghasilan adsense tentunya tidak gampang. Tetapi dengan seiring berjalannya waktu, hal tersebut sudah otomatis akan mengikuti konten yang memang menarik di mata pengunjung. Video yang berkualitas berkaitan dengan isi tersebut. Durasi video tidak terlalu lama karena mungkin pengunjung merasa bosan. Kemudian pada awal video diberikan intro sebagai ciri dari channel tersebut. Ini akan lebih menarik di mata viewer.


3. Buat video yang lagi trending atau viral


Memang membuat video yang lagi trending akan mendapatkan viewer yang sangat banyak. Ini akan memberikan kesempatan Kamu mendapatkan penghasilan youtube yang besar. Tetapi kelemahan dari membuat video viral adalah hanya naik saat itu saja, seterusnya mungkin viewer akan stagnan bahkan turun. 

Untuk referensi mungkin Kamu bisa membuat video yang berhubungan dengan sesuatu yang sedang trend. Contoh video reaksi mengenai video orang lain, video klip atau lagu yang sedang naik daun. Bisa juga melakukan challange yang sedang ngetrend. Pasti viewermu akan banyak karena orang sedang banyak yang mencari.


4. Selalu upload video terbaru


Usahakan konsisten untuk update video-video terbaru. Misalkan satu minggu upload 2 atau 3 video dan itu terjadwal hari apa saja. Sehingga pengunjung atau pengikut channelmu akan tau kapan ada konten baru.
Tetapi ada juga youtuber yang upload konten satu hari satu video. Ini akan lebih baik tetapi dibarengi dengan isi yang berkualitas. Semakin banyak Kamu menggugah konten video, maka semakin banyak orang yang akan mengunjungi channelmu. Dan ini akan berdampak positif dengan meningkatnya pendapatan adsense youtube.


5. Optimasi video dan share ke berbagai medsos

Video juga butuh optimasi seperti blog agar mampu bersaing di halaman teratas youtubr. Paling tidak bisa muncul di 5 halaman teratas. SEO dalam youtube hampir sama dengan google. Kita hanya perlu riset keyword dan memasukkannya ke judul video kita. Deskripsi video juga diberikan kata kunci yang relevan. Penggunaan tag video juga perlu dan bermanfaat untuk menambah viewer karena video kita akan muncul di sidebar kanan ketika ada video yang di play mempunyai tag yang sama. 

Berbagi dan promosi ke media sosial yang diperlukan apalagi yang channelnya masih berkembang. Hal ini akan menambah peluang subscriber channel kita. Jika konten video yang kita share menarik, sudah pasti banyak orang suka dengan video kita. Dan tanpa di minta, mereka akan langsung mengikuti akun youtube kita.


6. Interaksi dengan para viewer

Apalah arti channel kita tanpa subcriber yang selalu menonton dan berkomentar di channel kita. Untuk itu lakukan interaksi semisal menjawab komentar mereka yang sekiranya perlu. Bisa juga melakukan give away juga channelmu sudah besar dan mendapatkan penghasilan yang cukup dari youtube.

Jika kamu youtuber gaming, Kamu bisa mengajak para subscriber mu bermain game bersamamu atau melakukan live streaming di channelmu. Ini akan menambah kedekatan dan kepercayaan antara Kamu dengan para pengikut setia channelmu. Ini akan menjadikanmu sukses dengan adsense yooutubemu.


7. Buat judul yang menarik

Buatlah judul yang mrngundang rasa penasaran dan keingintahuan seseorang sehingga mereka klik play videomu. Oleh karena itu gunakan judul yang mengandung keyword dan pastinya menarik.

Banyak youtuber melakukan clickbait untuk menambah viewer video. Clikbait ini mungkin bisa mrngundang banyak orang untuk menonton video kita, tetapi dampaknya buruk, karena bisa-bisa mereka tidak suka karena konten yang tidak sesuai dengan judul.

Untuk itu gunakanlah cara-cara yang baik untuk meningkatkan penghasilan youtube terutama Kamu yang menayangkan iklan adsense. Perlahan tapi pasti dengan konsisten pasti channelmu akan terkenal. Sehingga bisa memaksimalkan pendapatan iklan adsense.


EmoticonEmoticon