Tuesday, July 17, 2018

Cara Agar Artikel Blog Tidak Bisa Di Copy Paste

Cara Agar Artikel Blog Tidak Bisa Di Copy Paste - Sebagai seorang blogger, menulis di blog bukan hanya sekadar hobi tapi menjadi keharusan dan kebutuhan. Bisa saja pengunjung setia mu bertanya-tanya kenapa hari ini Kamu tidak memposting artikelmu seperti biasanya. Sepertinya mereka menunggu informasi baru apa yang ingin Kamu bagikan. Menulis artikel memang berat, Saya akui itu. Mulai dari mencari ide inspirasi apa yang akan ditulis. Belum lagi menentukan judul dan riset keyword yang mungkin menghabiskan tidak sedikit waktumu. Mengecek kembali tulisan dari awal hingga akhir agar tidak ada kesalahan.

cara membuat tulisan blog tidak bisa di copas


Ketika artikel dipubsih ternyata banyak sekali orang yang membacanya, dan kolom komentar pun ramai tanggapan dari pengunjung. Namun ternyata artikelmu tersebut di plagiat atau copy paste oleh blogger yang lain. Pasti ada perasaan kesal kenapa artikel blog Saya di copas oleh orang lain. Apakah orang tersebut tidak tahu betapa kerja kerasnya membuat artikel demi para pengunjungnya yang menunggu postingan terbaru? Eitt bacanya jangan baper eaa....

Pernahkah artikelmu di copas oleh orang lain? Banyak orang melakukan cara curang untuk mencuri artikel milik orang lain seperti AGC, ataupun copy paste. Kalau AGC (Auto generated content) mungkin bisa dibilang cara otomatis digunakan oleh para blogger. Sedangkan copy paste adalah cara manualnya.

Baca juga : Cara Mengatasi Blog Terkena AGC

Nah di sini Saya akan memberikan script anti copy paste (copas) agar artikel blog Kamu tidak bisa di copy paste sembarangan. Sebenarnya Kamu bebas apakah ingin memasang anti copas di blog mu atau tidak. Kalau memang tidak menonaktifkan fungsi copy paste di blog Saya sehingga pengunjung bisa seleksi tulisan dan mengaktifkan fungsi Ctrl+C.

Memang tergantung si pemilik blog akan menggunakan anti copas atau tidak. Sebenarnya juga tergantung niche blog Kamu. Jika blog mu niche pendidikan dan berisi materi-materi sekolah alangkah baiknya jika tidak menggunakan script anti copy paste ini karena untuk membantu mereka.

Cara agar artikel tidak di copy paste


Baiklah, berikut ini akan Saya berikan script anti copas agar tulisan artikel blog tidak bisa di blok untuk menghindari copy paste. 


<script src="demo-to-prevent-copy-paste-on-blogger_files/googleapis.js"></script>
<script type="text/javascript">
if (typeof document.onselectstart!="undefined" ) { document.onselectstart=new Function ("return false" );
} else { document.onmousedown=new Function ("return false" ); document.onmouseup=new Function ("return true" );
}
</script>

Cara memasang script anti copy paste bagaimana?


Kode anti copas untuk artikel blog tersebut dipasang antara <head> dan </head>
Caranya buka dashbor blogger>menu theme>edit html>gunakan ctrl+F untuk mencari kode <head> dan </head>

Catatan: Script anti copy paste di atas dapat menonaktifkan fungsi seleksi pada tulisan di blog namun apabila dalam postingan blog mu terdapat block quote ataupun syntax highlighter masih bisa di copy atau seleksi bagian tersebut. Selain itu maka tidak bisa diblok ataupun copy paste.

Sebelumnya pertimbangkan terlebih dahulu apakah Kamu ingin menonaktifkan fungsi copy paste tersebut atau tidak, bisa-bisa malah akan menurunkan visitor blog karena tidak nyaman dengan adanya script tersebut. Untuk diwanti-wanti, bersikap bijaklah apabila tulisan blog mu di copy paste orang lain.

4 comments

Mantap gan, mksih infonya gan sangat membantu👍

This comment has been removed by the author.

makasi banyak gan, langsung saya coba....awalnya saya cari-cari diblog lain kagak berhasil. pas coba cara ini berhasil gan...


EmoticonEmoticon