Sunday, April 28, 2019

Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri Terbaru 2019

Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri Terbaru 2019 - Kali ini rekblogging akan membagikan informasi mengenai bimtek dan diklat pemendagri. Bagi Kamu yang sedang mencari tahu tentang info bimtek pusdiklat pemendagri terbaru 2019, silahkan baca artikel ini. Lembaga penyelenggara yang Saya ulas yaitu pusdiklatpemendagri.com. Kamu juga bisa cek langsung ke portal webnya untuk info yang lebih jelas.

bimtek pusdiklat pemendagri

Cari Info Bimtek atau Diklat?


Sebelum memberikan informasi tentang pusdiklat pemendagri, alangkah baiknya jika mengenal terlebih dahulu apa itu bimtek dan diklat/pusdiklat dan manfaat apa yang didapat setelah mengikutinya sehingga Kamu dapat mengambil poin yang di dapat setelah membaca artikel mengenai info tentang dimtek dan pusdiklat pemendagri ini. Tetapi jika dirasa sudah mengetahui sebelumnya apa itu bimtek dan diklat, apa manfaat dan tujuannya, silahkan langsung lihat materi apa saja yang diberikan oleh pusdiklat pemendagri ini, Kamu juga bisa cek melalui websitenya.

Apa itu Bimtek dan Diklat?


Bimtek (Bimbingan Teknis) adalah sebuah bimbingan teknis yang dilaksanakan oleh lembaga resmi dengan tujuan untuk memberikan nasihat, tuntunan, dan memberikan bekal materi sebagai pengembangan pengetahuan dan pemecahan masalah dalam pekerjaan sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Diklat (Pendidikan dan Pelatihan) adalah sebuah penyelenggaraan ajar mengajar untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusia yang bertujuan untuk membangun karakter pribadi, mengembangkan moral, dan membangun sikap positif guna mengoptimalkan kemampuan yang ada sehingga dapat melaksanakan tugasnya dengan baik.

Peran bimtek dan diklat ini sangat penting karena sekarang ini setiap institusi diharuskan memiliki kompetensi yang tinggi. Maka dari itu sebuah bimtek dan diklat ini sangat dibutuhkan. Paling tidak untuk mendapatkan sertifikat yang berguna untuk kedepannya yang menunjukkan bahwa Kamu berkompeten dalam bidang tersebut. Maka dari itu banyak orang yang mencari info bimtek pusdiklat baik online maupun offline karena mereka merasa butuh.

Cari tahu yuk info bimtek pusdiklat pemendagri !


Kenapa sih Kita perlu pendidikan pelatihan? Bukannya hanya buang-buang uang saja. Bagi orang dalam tanda kutip awam mungkin belum paham ya mengenai pentingnya diklat dan bimtek ini. Atau mungkin tidak pernah tahu mengenai info seputar bimtek diklat ini. Nah, berdasarkan Peraturan Pemerintah No 101 tahun 2000 tentang Diklat dan Jabatan PNS menyatakan bahwa pendidikan dan pelatihan bagi pegawai negeri sipil yang selanjutnya disebut diklat merupakan proses penyelenggaraan belajar mengajar dalam meningkatkan kemampuan PNS itu sendiri.

Dengan adanya penyelenggaranan diklat dan bimtek  terutama pusdiklat pemendagri ini diharapkan akan meningkatkan keterampilan, pengetahuan sehingga dapat melaksanakan tugas dengan baik dalam hal ini menjadi pelayanan dan pengayoman kepada masyarakat.

Banyak sekali manfaat yang diberikan. Bagi Kamu yang ingin mengikuti pelatihannya tetapi masih bingung mencari info tentang bimtek dan diklat ini, Saya sarankan untuk Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri di pusdiklatpemendagri.com saja!

Di sana Kamu bisa mendapatkan informasi secara detail tentang bimtek ini. Selain itu materi bimtek dan diklat yang diberikan beragam dan lengkap. Jangan salah ya info yang diberikan update.

Visi Misi dan Tujuan Bimtek Pusdiklat Pemendagri


Sebuah lembaga bediri tentu mempunyai maksud tertentu, dengan membuat acara pasti ada tujuan yang ingin dicapai. Begitulah dengan pusdiklatpemendagri ini. Tentunya mempunyai visi misi yang jelas sehingga orang tahu bahwa lembaga ini mempunyai tujuan baik.

Visi Pusdiklat Pemendagri


Mewujudkan peningkatan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) berkelanjutan, serta keberdayaan masyarakat yang partisipatif, dengan didukung sumber daya aparatur yang profesional. serta mencerminkan suatu keinginan dan cita-cita untuk menjadi yang terdepan dalam melanjutkan perjalanan organisasi sebagai motor penggerak perubahan dalam penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan non formal ke arah yang lebih baik, serta cerminan komitmen organisasi sebagai elemen penggerak dan motivator untuk menjadi semakin baik, yang harus disinergikan dengan elemen penggerak lainnya dalam suatu kesisteman yang utuh.

Misi Pusdiklat Pemendagri


  1. Mendorong peningkatan kemampuan sumber daya melalui Bimbingan Teknis (Bimtek),/ Sosialisasi, Mendorong peningkatan pendidikan dan pelatihan (Diklat), Sosialisasi, dan pemahaman informasi.;
  2. Bersama masyarakat dan institusi lainnya memberikan kontribusi terhadap terciptanya pemerintahan yang bersih dan berwibawa;
  3. Meningkatkan pemberdayaan masyarakat melalui konsultasi publik atas setiap kebijakan yang akan diterapkan, dan Mendorong lahirnya inisiatif, kreatif dan kemandirian masyarakat;
  4. Meningkatkan sumber daya manusia melalui pelatihan yang dilakukan.

Motto Bimtek dan Pusdiklat Pemendagri

BERSAMA MEMBANGUN SUMBER DAYA MANUSIA
Kamu bisa lihat info tentang visi misi bimtek pusdiklat pemendagri di websitenya juga.

Materi Pelatihan Bimtek Pusdiklat Pemendagri

Berdasarkan info yang terdapat di website pusdiklatpemendagri.com, terdapat 9 materi pelatihan yang disediakan. Berikut daftarnya :

1. Diklat DPRD

Kenapa sebagai DPRD perlu di diklat? Fungsi dan perang DPRD di sebuah daerah sangat startegis, salah satunya mengawasi kebijakan lembaga eksekutif di lapangan. Selain itu DPRD juga berhak mendorong lembaga eksekutif untuk mengeluarkan kebijakan yang mensejahterakan dan pro rakyat. Dalam menjalankan semua itu DPRD mempunyai kewenangan yang dimiliki, tetapi juga harus memiliki kompetensi dan kapasitas yang memadai dari perorangan tersebut. Maka dari itu tujuan dari pelatihan DPRD ini untuk meningkatkan dan mengembangkan kamampuan individu. Dari diklat ini Kamu akan mendapatkan beberapa materi sebagai berikut :

Materi Diklat DPRD

  • Diklat / Bimtek Tata Cara Penyusunan dan Pengelolaan serta Proses Akuntansi Keuangan DPRD dan Sekretariat DPRD
  • Diklat / Bimtek Peran Bamus, Balegda, dan Badan Kehormatan dalam Meningkatkan Kinerja DPRD
  • Diklat / Bimtek Peningkatan kapasitas, peran dan fungsi anggota DPRD
  • Diklat / Bimtek Penguatan Hard dan Soft Skills bagi Anggota DPRD Purnabakti
  • Diklat / Bimtek Pelayanan Prima Sekretariat DPRD Terhadap Pimpinan dan Anggota DPRD
  • Diklat / Bimtek Pedoman Pelaksanaan Fungsi DPRD
  • Diklat / Bimtek Orientasi Pengelolaan Dana Reses Bagi Anggota DPRD Provinsi, Kota/Kabupaten
  • Diklat / Bimtek Orientasi Pengelolaan Dana Hibah Dan Dana Bantuan Sosial Bagi Anggota DPRD Provinsi, Kota/Kabupaten
  • Diklat / Bimtek Optimalisasi Tugas dan Tanggung Jawab Alat Kelengkapan DPRD
  • Diklat / Bimtek Optimalisasi reses & pokok pikiran DPRD hasil Jasmara
  • Diklat / Bimtek Optimalisasi peran DPRD dalam perencanaan dan evaluasi kinerja pembangunan daerah
  • Diklat / Bimtek Optimalisasi Peran DPRD Dalam Penganggaran dan Pengawasan Serta Pembuatan Peraturan Daerah Kabupaten/Kota
  • Diklat / Bimtek Optimalisasi Fungsi dan Wewenang DPRD dalam Proses Penyusunan dan Penetapan APBD
  • Diklat / Bimtek Kebijakan umum anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran
  • Bimtek Pedoman Nomenklatur Sekretariat DPRD

2. Diklat Aparatur Desa/Lurah/Camat

Aparatur Desa seperti Camat, Lurah, Kepala Desa, dan Sekretaris Desa mempunyai peran penting dalam pembangunan tingkat desa. Pembangunan dapat dimulai dari desa, maka dari itu para aparatur desa ini menjadi "pamong desa" untuk mengayomi masyarakat menjadi lebih baik. Di samping itu pemerintah memberikan anggaran khusus desa digunakan untuk kemajuan desa itu sendiri. Maka dari itu para perangkat desa ini harus siap mengemban amanah dari rakyat dan harus memiliki kapasitas yang baik sehingga dapat mengelola daerah secara profesional. Untuk mempersiapkan hal tersebut, terdapat bimtek dan diklat untuk perangkat desa yang di dalamnya mencangkup materi tentang pengelolaan desa. Berikut ini beberapa materi yang didapatkan.

Materi Pelatihan Aparatur Desa

  • Diklat / Bimtek Strategi Fasilitator Pemberdayaan Masyarakat Desa
  • Diklat / Bimtek Pengelolaan dan Pengembangan BUMDES (Badan Usaha Milik Desa)
  • Diklat / Bimtek Perencanaan Pembangunan Desa (menyusun RPJMDes dan APBDes)
  • Diklat / Bimtek Pengelolaan Keuangan Desa, dari Perencanaan sampai Pelaporan
  • Diklat / Bimtek Pengelolaan Keuangan Desa Berbasis SISKEUDES
  • Diklat / Bimtek Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa)
  • Diklat / Bimtek Pengadaan Barang/Jasa di Desa Dengan Swakelola
  • Diklat / Bimtek Pendampingan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa
  • Diklat / Bimtek Pembuatan RPJMdesa dan RKPDesa
  • Diklat / Bimtek Manajemen Keuangan Desa Sesuai UU No. 06 Tahun 2014
  • Diklat / Bimtek Manajemen Aset Desa
  • Diklat / Bimtek Kepemimpinan Kepala Desa
  • Diklat / Bimtek Penatausahaan Dan Pertanggungjawaban Keuangan Desa;
  • Bimtek Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 tentang Perubahan Pengelolaan Keuangan Desa
  • Bimtek / Diklat Peningkatan Kinerja Serta Tugas Camat/Lurah/Kepala Desa & Sekretaris Desa
  • Implementasi Perubahan Sistem Pengelolaan Keuangan Desa (Siskeudes) Berdasarkan Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 serta Strategi Pengelolaan dan Pertanggungjawaban Dana Desa terkait Pemeriksaan BPK
  • Bimtek / Diklat Peningkatan Dan Pengembangan Usaha Ekonomi Produktif Masyarakat Desa
  • Bimtek / Diklat Pembentukan Kader dan Tokoh Masyarakat dalam Pengembangan Desa siaga


3. Diklat Keuangan

Dalam dunia kerja, Kita tidak jauh-jauh dari yang namanya uang. Dengan adanya diklat keuangan ini maka akan membantu Kamu untuk mengelola dan mengatur keuangan. Apalagi jika Kamu berkerja pada sebuah perusahaan atau instansi Kamu harus paham tentang aspek keuangan karena uang tersebut milik perusahaan. Maka dari itu diperluakan pelatihan untuk memahmi tugas tersebut. Kamu dapat melihat info materi bimtek diklat keuangan di website pemendagri, berikut ini beberapa materinya.

Materi Pelatihan Keuangan

  • Diklat / Bimtek Sosialisasi dan Implementasi Permendagri Nomor 38 Tahun 2018 Tentang Pedoman Penyusunan APBD Tahun 2019
  • Diklat / Bimtek Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (BLU)
  • Diklat / Bimtek Pengelolaan Keuangan Daerah Dan Proses Akuntansi Bagi Pejabat Penatausahaan Keuangan (PPK) Dan Bendaharawan SKPD
  • Diklat / Bimtek Strategi Penyusunan dan Penyajian Laporan Keuangan Daerah Berbasis Akrual
  • Diklat / Bimtek Penyusunan Laporan Keuangan Instansi Pemerintah
  • Diklat / Bimtek Penyusunan Neraca Awal Dan Akhir Pemerintah Daerah
  • Diklat / Bimtek Perencanaan, Pengelolaan Dan Pertanggungjawaban Bendahara Instansi Pemerintah Daerah
  • Diklat / Bimtek Pengelolaan dan Pertanggungjawaban Keuangan Desa yang dilengkapi dengan pengadaan Barang dan Jasa di Desa dan audit Pemeriksaan BPK terhadap Pengelolaan Keuangan Desa
  • Diklat / Bimtek Tata Cara Pegadaan Pinjaman Luar Negeri & Penerimaan Hibah (PP No.10 THN 2011)
  • Diklat / Bimtek Tata Cara Penatausahaan dan Penyusunan Laporan Pertanggungjawaban Bendahara serta Penyampaiannya
  • Diklat / Bimtek Tata Cara Penyusunan RKA dan DPA Instansi Pemerintah
  • Diklat / Bimtek Tata Cara Perencanaan, Pelaksanaan, Dan Pertanggungjawaban Perjalanan Dinas 
  • Diklat / Bimtek Verifikasi Dan Rekonsiliasi Laporan Pertanggungjawaban Bendahara
  • Diklat / Bimtek Sistem Penatausahaan Pertanggungjawaban Keuangan Daerah & Strategi Mengahadapi Audit dalam Penyusunan Pertanggungjawaban Pengelolaan Keuangan berdasarkan Standar Akutansi Pemerintah
  • Diklat / Bimtek Sistem Penyusunan Anggaran Berbasis Kinerja
  • Diklat / Bimtek tentang Dana Alokasi Umum Daerah Provinsi/Kabupaten/Kota dan Mekanisme Pengalokasian Pengalokasian Anggaran Transfer ke DaerahDiklat / Bimtek Standarisasi Pemeriksaan Keuangan Negara (SPKN)
  • Diklat / Bimtek Tata Cara Menghitung Biaya Iuran, Klaim Dan Pemberian Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian Bagi Pegawai Aparatur Sipil Negara Berdasarkan PP No.70 Tahun 2015 sebagaimana telah diubah dengan PP No 66 Tahun 2017
  • Diklat / Bimtek Pelaksanaan Reviu Atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Berbasis Akrual
  • Diklat / Bimtek Administrasi Keuangan Dan Perencanaan Bagi Pengguna Anggaran (PA),PPTK, PPK Dan Bendahara
  • Diklat / Bimtek Akuntansi Pelaporan Dan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD
  • Diklat / Bimtek Peningkatan Kapasitas Kinerja Aparatur Pemerintah Dalam Penatausahaan, Pertanggungjawaban Keuangan Daerah serta Strategis Menghadapi Audit dalam Penyusunan dan Pertanggungjawaban Pengelolaan Keuangan
  • Diklat / Bimtek Evaluasi Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP)
  • Diklat / Bimtek Manajemen Pengelolaan Keuangan Pajak Dan Retribusi Daerah serta Kedudukan Pajak Bea Perolehan Hak Atas Tanah Dan Bangunan (BPHTB)
  • Diklat / Bimtek Mekanisme Pengelolaan Hibah (PMK Nomor 191/PMK.05/2011)
  • Diklat / Bimtek Pedoman Penyusunan Dan Pengendalian Renja SKPD dan RKPD
  • Diklat / Bimtek Pedoman Tekhnis Pemberian Dana Hibah Dan Bantuan Sosial
  • Diklat / Bimtek Penatausahaan Dan Pertanggungjawaban Keuangan Desa
  • Diklat / Bimtek Penerapan Program Aplikasi Simda Keuangan berbasis Akrual dilingkungan Pemerintah Daerah dan satuan kerja perangkat Daerah (SKPD)
  • Bimtek Sistem Penatausahaan Pertanggungjawaban Keuangan Daerah Berdasarkan Standar Akuntansi Pemerintah
  • Diklat / Bimtek Penatausahaan Dan Pertanggungjawaban Keuangan Desa;
  • Bimtek Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 tentang Perubahan Pengelolaan Keuangan Desa
  • Bimtek Penerapan Transaksi Non Tunai Bagi Pemerintah Daerah
  • Bimtek Teknik Analisa Penyusunan Perencanaan Dan Penganggaran RKPD, KUA, PPAS, Renja, RKA dan RAPBD Berbasis Kinerja
  • Bimtek Diklat Teknik Penyusunan Rencana Strategis Organisasi Perangkat Daerah (RENSTRA OPD) Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017
  • Bimtek Strategi Pembukuan dan Pertanggungjawaban Bendahara Pengeluaran

4. Diklat Kepegawaian


Kemajuan sebuah perusahaan atau instansi tergantung dengan kualitas dan mutu tenaga kerja di dalamnya. Maka penting sekali sebagai pegawai mempunyai kinerja yang baik karena itu menjadi modal utama dalam bekerja. Sehingga memudahkan ketika mencari kerja atau saat sudah bekerja. Salah satu cara meningkatkan kinerja dalam hal ini sebagai pegawai yaitu dengan mengikuti pelatihan-pelatihan berkaitan dengan kepegawaian. Di pemendagri sendiri terdapat diklat yang dikhususkan pada bidang kepegawaian. Berikut materi diklat kepegawaian yang ada dipemendagri.


Materi Pelatihan Kepegawaian

  • Pelatihan / Bimtek Analisis Jabatan (ANJAB) Bagi Pegawai Negeri Sipil
  • Bimtek / Diklat Sistem Mutasi Kepegawaian
  • Bimtek / Diklat Standar Kompetensi Jabatan Pegawai Negeri Sipil (PNS)
  • Bimtek / Diklat Penyusunan Analisis Beban Kerja (ABK)
  • Bimtek / Diklat Impementasi Manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS) Berdasarkan PP No. 11 Tahun 2017 dan Aparatur Sipil Negara (ASN) Sesuai Dengan UU RI No. 5 Tahun 2014
  • Pelatihan / Bimtek Standar Pelayanan Penggajian dan Tunjangan Kinerja Bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS)
  • Pelatihan / Bimtek / Diklat Penilaian Prestasi Kerja PNS Dan Penyusunan Sasaran Kerja Pegawai (SKP)
  • Bimtek / Diklat Strategi Sikap Menghadapi Masa Pra dan Pasca Pensiun dengan Meningkatan Wawasan Keterampilan Bagi ASN (Aparatur Sipil Negara)
  • Bimtek / Diklat Audit Kinerja Tenaga Pemeriksa Dan Aparatur Pengawasan
  • Bimtek / Diklat Sistem Penilaian Kinerja, SKP, SOP dan Pengembangan Kompetensi ASN


5. Diklat Barang dan Aset

Barang dan Aset yang dimaksud merupakan barang atau aset milik negara dan daerah yang tentunya harus ada dasar hukum untuk mengatur dan mengelolanya. Berdasarkan pasal 1 UU No 17 tahun 2003 yaitu Keuangan Negara adalah semua hak dan kewajiban negara yang dapat dinilai dengan uang, serta segala sesuatu baik berupa uang maupun berupa barang yang dapat dijadikan milik negara berhubung dengan pelaksanaan hak dan kewajiban tersebut. Dengan kata lain barang dan aset merupakan hal yang tak terpisahkan dalam keuangan negara. Maka dari itu sebagai pegawai negeri sipil dibutuhkan pemahaman tentang pengelolaan dan fungsi barang serta aset. Untuk meningkatkan pemahaman mengenai pengelolaan barang dan aset, maka pemendagri menyelenggarakan bimtek dan diklat dengan materi sebagai berikut :

Materi Pelatihan Barang dan Aset

  • Pelatihan dan Bimtek Petunjuk Teknis Tata Cara Penggunaan, Pemanfaatan, Penghapusan, Pemindahtanganan, Penilaian, Dan Penatausahaan Barang Milik Negara/Daerah
  • Sistem Pengelolaan Barang Milik Daerah / Negara
  • Pemeriksaan Aset Tetap
  • Penghapusan dan Pemindahtanganan Barang Milik Daerah
  • Tata Cara dan Teknik Penilaian Aset Daerah
  • Sistem dan Tata Cara Penghapusan Aset
  • Sistem Informasi Manajemen Barang Dan Aset Daerah (SIMBADA)
  • Bimtek dan Diklat tentang Tata Cara Pengelolaan Aset / Barang Milik Daerah / Negara (BMD/N) sesuai Permendagri No. 19 Tahun 2016
  • Manajemen Aset Daerah dan Inventarisasi Aset
  • Pemanfaatan dan Pengelolaan Barang Milik Daerah
  • Penatausahaan Barang Milik Daerah
  • Pengelolaan Aset / Barang Milik Daerah Sesuai Permendagri Nomor 19 Tahun 2016

6. Diklat Pemerintahan


Untuk terjun ke dunia pemerintahan maka Kita perlu memahami pemerintahan itu sendiri. Pemerintahan di sini dalam artian lembaga itu sendiri yaitu legislatif, eksekutif, dan yudikatif. Pemerintahan dibagi menjadi dua yaitu pemerintah pusat dan daerah. Dalam hal ini pemerintah daerah yaitu Kepala Daerah, DPRD, DPD, dan lembaga-lembaga di bawahnya. Untuk menjadikan sebuah pemerintahan yang baik maka diperlukan sistem yang baik pula. Sistem yang baik karena di dalamnya terdapat instrumen-instrumen yang berkompeten. Dalam upaya untuk meningkatkan kompetensi lembaga institusi guna mencapai kesejahteraan masyarakat maka dibutuh sebuah bimbingan teknis dan pendidikan pelatihan di bidang pemerintahan. Dalam pelatihan ini akan diberikan beberapa materi seperti :


Materi Pelatihan Pemerintahan

  • Diklat / Bimtek Sosialisasi dan Penjelasan Tata Cara Pemilihan Kepala Daerah;
  • Pelatihan/Diklat/Bimtek Penyusunan Program Kegiatan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD);
  • Diklat / Bimtek Peningkatan Pemahaman Aparatur Pemerintahan Desa Dalam Implementasi Undang-undang No. 6 Tahun 2014 Tentang Desa;
  • Diklat / Bimtek Percepatan Persiapan Pelaksanaan Undang-Undang (UU) Desa;
  • Diklat / Bimtek Perencanaan Dan Evaluasi Kinerja Aparatur Pemerintahan Daerah;
  • Diklat / Bimtek Rencana Strategis (Rentra) pada Pelaksanaan Alokasi Dana Desa (ADD);
  • Diklat / Bimtek Arah Kebijakan Nasional Pembangunan Desa Dan Kawasan Perdesaan Dalam RPJMN 2015-2019;
  • Diklat / Bimtek Dana Desa Yang Bersumber dari APBN serta Pengelolaan Transfer ke Daerah dan Dana Desa;
  • Diklat / Bimtek Gerakan Pembangunan Desa Semesta (Gerakan Desa) Berbasis Kawasan Untuk Pembangunan Manusia Dan Kebudayaan;
  • Diklat / Bimtek Harmonisasi Antar Bidang Urusan Pemerintahan Kabupaten/Kota Dengan Pemerintah Daerah Provinsi;
  • Pelatihan/Diklat/Bimtek Pedoman Tata Cara Pengadaan Barang/Jasa di desa;
  • Diklat / Bimtek Penatausahaan Dan Pertanggungjawaban Keuangan Desa;
  • Pelatihan/Diklat/Bimtek Peningkatan Kinerja Serta Tugas Camat/Lurah/Kepala Desa & Sekretaris Desa;
  • Pelatihan/Diklat/Bimtek Peningkatan Tupoksi Staf Ahli Dalam Mendukung Kinerja Pemerintahan Daerah;
  • Pelatihan/Bimtek Penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD);
  • Sosialisasi Pemilu Serentak 2019 Berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Dengan Tema “MENUJU PEMILU 2019 YANG DEMOKRATIS DAN BERMARTABAT”
  • Bimtek Rencana Tata Ruang Wilayah Nasional sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2017


7. Diklat Barang atau Jasa Pemerintahan


Tujuan diadakan diklat ini adalah untuk meningkatkan keahlian dalam pengelolaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (BPJ) sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Barang yang dimaksud di sini adalah barang yang dapat bergerak maupun tidak bergerak, dan berwujud maupun tidak berwujud. Guna meperlancar pengadaan barang dan jasa dibutuhkan keterampilan dan pengelolaan yang terstruktur. Jika Kamu ingin meningkatkan pengetahuan tentang hal tersebut, berikut pusdiklatpemendagri menyelenggarakan bimtek dan diklat barang/jasa pemerintahan dengan beberapa materi seperti di bawah ini :




Materi Pelatihan Barang/Jasa

  • Tryout Dan Ujian Sertifikasi Ahli Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah
  • Bimtek Sosialisasi Perpres No.16 Tahun 2018 Tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah
  • Diklat Audit Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah
  • Teknik Penyusunan Kontrak Dalam Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah
  • Teknik dan Metode Penyusunan HPS/OE Atas Pengadaan Barang/Jasa untuk BUMN dan Lembaga Pemerintah
  • Pedoman Tata Cara Pengadaan Barang/Jasa Di Desa
  • Tata Kerja Tim Dan Tata Cara Penilaian Angka Kredit Jabatan Fungsional Pengelolaan Pengadaan Barang/Jasa
  • Teknik Penyusunan SOP ULP KLDI
  • Jasa Konstruksi Bagi Tenaga Pemeriksa Dan Aparatur Pengawasan
  • Mekanisme Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah Tanpa Tender
  • Strategi Manajemen Pengelolaan Pengadaan Barang/Jasa Sektor Kesehatan Oleh BLU / BLUD Berdasarkan Pepres No. 16 Tahun 2018

8. Diklat Kearsipan


Arsip dapat menjadi sumber informasi pada sekarang ini. Maka dari itu sebuah dokumen yang memiliki nilai perlu diarsipkan. Untuk itu dibutuhkan manajemen arsip yang baik sehingga memudahkan ketika membutuhkan sesuatu. Pengelolaan secara profesional tentunya menjadi keharusan, maka dari itu seoarng arsiparis memerlukan pengetahuan dan keterampilan yang baik di bidang arsip. Sebagai bentuk profesionalitas, Kamu dapat mengikuti pelatihan bimtek di bidang kearsipan dengan kelengkapan materi sebagai berikut :




Materi Pelatihan Kearsipan

  • Manajemen Kearsipan Dan Pengelolaan Pusat Arsip (Record Center)
  • Kearsipan Elektronik (E-Filling) Bagi Institusi Pemerintahan
  • Bimtek/Pelatihan Korespondensi dan Tata Naskah Dinas 
  • Pelatihan/Bimtek Manajemen Pengelolaan Arsip Daerah, Tata Naskah Dinas Dan Sistem Akuntabilitas Kerja Instansi Pemerintah (SAKIP)
  • Bimtek/Diklat Manajemen Keprotokolan dan Master Of Ceremony (MC) sebagai wujud Peningkatan Wawasan, Keterampilan dan Pengetahuan Bagi Humas, Protokol dan Master Of Ceremony ( MC ) di Daerah.
  • E-Document untuk menunjang kinerja Institusi Pemerintahan
  • Manajemen Kehumasan di Instansi Pemerintah

9. Diklat Kesehatan dan Rumah Sakit


Dalam bekerja dibutuhkan sikap yang profesional, apalagi menyangkut dengan nyawa seseorang. Maka dari itu sebagai pekerja yang bergelut di bidang kesehatan harus mempunyai standar tersendiri. Apalagi perkembangan teknologi di dunia kesehatan menuntut Kita untuk terus mempelajari hal-hal baru. Selain itu sebagai tenaga kesehatan harus siap sedia melayani masyarakat yang membutuhkan tenaga Kita. Untuk meningkatkan keterampilan, mental, tata krama juga dibutuhkan sebuah diklat khusus kesehatan. Berikut ini materi pelatihan kesehatan yang tersedia di pusdiklatpemendagri




Materi Pelatihan Kesehatan

  • Bimtek / Diklat Keselamatan dan kesehatan kerja K3 Rumah Sakit
  • Bimtek / Pelatihan Manajemen Rumah Sakit
  • Bimtek / Diklat Sistem Informasi Kesehatan Kabupaten/Kotamadya
  • Bimtek / Diklat Rekruitmen tenaga Kesehatan Untuk Rumah Sakit dan Puskesmas
  • Bimtek / Diklat Tenaga Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan Rumah Sakit
  • Bimtek / Diklat Kesehatan Reproduksi Remaja
  • Bimtek / Diklat Fasilitator Pemberdayaan Masyarakat dibidang Kesehatan
  • Bimtek / Diklat Desain dan Implementasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Menuju Kepesertaan Seluruh Penduduk (UHC) 2019
  • Bimtek / Diklat Promosi kesehatan Dinkes Kab/kota dan Rumah sakit
  • Bimtek / Diklat Penyehatan Air serta Kursus Higiene Sanitasi makanan dan Minuman
  • Bimtek / Diklat Peningkatan Kinerja Organisasi melalui Pembelajaran Organisasi
  • Bimtek / Diklat Pengolahan Limbah Cair dan Limbah Rumah Sakit
  • Bimtek / Diklat Pengelolaan Program-program Kesehatan Kabupaten dan Kota
  • Bimtek / Diklat Komunikasi Perubahan dan Perilaku
  • Bimtek / Diklat Penerapan Puskesmas Menjadi badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Dan Mekanisme Proses Akreditasi Puskesmas dan Rumah Sakit

10. Diklat Perpajakan


Pajak menjadi salah satu dana pemasukan untuk negara. Sekarang ini pertumbuhan pajak di Indonesia kian baik. Tidak lain karena adanya sistem dan sumber daya manusia yang profesional. Uang pajak berasal dari rakyat dan untuk rakyat juga. Maka dari itu pengelolaan pajak harus baik dan manfaatnya harus dirasakan oleh masyarakat. Oleh karena itu dibutuhkan pengetahuan khusus untuk mengelola pajak ini. Salah satunya yaitu dengan bimtek pelatihan perpajakan. Materi yang didapat bisa dilihat di bawah ini :


Materi Pelatihan Perpajakan

  • Bimtek / Diklat Kewajiban Perpajakan bagi Instansi Pemerintah serta Pedoman Pengelolaan Perpajakan Bagi Bendahara Pemerintah
  • Bimtek / Diklat Kewajiban Perpajakan bagi Instansi Pemerintah BUMN dan BUMD
  • Bimtek / Diklat Pengelolaan Pajak PBB dan BPHTB Berdasarkan Undang – Undang Pajak Daerah Dan Retribusi Daerah (PDRD) No. 28 Tahun 2009
  • Bimtek / Diklat Pengelolaan Potensi Pajak & Retribusi Daerah Untuk Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD)
  • Bimtek / Diklat Tata Cara Pengisian Dan Pelaporan Pengisian e-SPT Bagi Instansi Pemerintah
  • Bimtek / Diklat Jurusita Pajak Daerah
  • Bimtek / Diklat Mekanisme Pendataan dan Penilaian Pajak Bumi Bangunan Perkotaan dan Perdesaan (PBB – P2)
  • Bimtek / Diklat Penyuluhan Pajak Daerah
  • Diklat / Bimtek Manajemen Pengelolaan Keuangan Pajak Dan Retribusi Daerah serta Kedudukan Pajak Bea Perolehan Hak Atas Tanah Dan Bangunan (BPHTB )

11. Diklat Penanaman Modal

Pelayanan Penanaman Modal membantu para investor untuk menanamkan modal usaha di sebuah daerah. Hal ini membutuhkan koordinasi antara investor dengan pemerintah daerah maupun pusat. Tentunya tidak semudah yang dikira. Dengan adanya pelayanan seperti ini maka akan memajukan pembangunan daerah tersebut. Tetapi untuk mengawasi kegiatan penanaman modal juga membutuhkan pemahaman yang dalam mengenai investasi sendiri. Untuk memperdalam pemahaman, dapat mengikuti bimtek diklat penanaman modal yang materinya di bawah ini :

Materi Pelatihan Penanaman Modal

  • Manajemen Penanaman Modal Daerah dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Kabupaten/Kota dalam Bentuk Rencana Strategis Daerah
  • Metode Penyusunan Laporan Kegiatan Penanaman Modal
  • Optimalisasi Rencana Umum Penanaman Modal (RUPM)
  • Optimalisasi Sistem Pelayanan Informasi dan Perizinan Investasi Secara Elektronik (SPIPISE)
  • Manajemen Penanaman Modal Daerah Dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu.
  • Strategi Penyusunan Dan Penetapan Kebijakan Pengembangan Penanaman Modal Daerah Kabupaten/Kota Dalam Bentuk Rencana Strategis Daerah.
  • Pedoman Perencanaan, Regulasi dan Implementasi Sistem Informasi Penanaman Modal Daerah dan Pelayanan Perizinan
  • Strategi Penyusunan dan Penetapan Kebijakan Pengembangan Penanaman Modal Daerah
  • Mekanisme dan Tata Cara Penyusunan dan Penerapan Standar Operasional Prosedur Izin Mendirikan Bangunan (SOP IMB)

12. Diklat UKM/UMKM

UKM ataupun UMKM tidak boleh dipandang sebelah mata karena mempunyai peranan yang penting bagi perekonomian bangsa. Usaha Mikro Kecil Menengah ini tentunya membutuhkan strategi yang baik agar mampu bersaing dengan usaha lain bahkan usaha yang lebih besar darinya. Jika tidak, maka UMKM tidaka akan berkembang dan bertahan lama sehingga mengalami kerugian, maka dari itu bagi Kamu yang ingin merintis UKM atau yang sudah menjalaninya harus mempelajari kiat-kiat suksesnya. Kamu akan mendapatkannya di diklat pemendagri ini. Berikut materinya :

Materi Pelatihan UKM/UMKM

  • Manajemen Pengelolaan Koperasi
  • Implementasi UU No. 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian Indonesia;
  • Implementasi PP. No. 17 / 2013 tentang Pelaksanaan UU . No. 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah;
  • Peningkatan Ekonomi Masyarakat Berbasis Keterampilan Kerajinan Tangan.

13. Diklat SATPOL PP

Adanya Satpol PP ini berharap terpeliharanya ketentraman masyarakat guna membantu Pemerintah Daerah dalam menyelenggarakan ketertiban. Untuk itu perlu adanya sikap mengayomi dan menegakkan peraturan yang ada. Sebagai Satpol PP tentu harus mengerti apa tugas yang harus dilakukan tak terkecuali memahami peraturan yang dibuat untuk ditegakkan. Di pusdiklat pemendagri ini terdapat diklat satpol pp bagi Kamu yang berminat mengikutinya dengan materi :

Materi Pelatihan SATPOL PP

  • Satpol PP atau Kebijakan Pemerintah Daerah dalam Penyelenggaraan Ketertiban Umum Satpol PP.
  • Peningkatan Kapasitas SDM Polisi Pamong Praja dengan Pengenalan Tugas Pokok dan Fungsinya dalam Penegakan Peraturan Daerah dan Peraturan Kepala Daerah
  • Jabatan Fungsional Polisi Pamong Praja
  • Peran Serta Polisi Pamong Praja dalam Menciptakan Tata Kelola Pemerintahan yang Effective dan Berkualitas

14. Diklat Kependudukan dan Capil

Manajemen kependudukan tentu sangat penting bagi pemerintah untuk mendata setiap warganya. Hal ini bertujuan untuk menertibkan dokumen melalui sistem adminstrasi kependudukan. Guna mewujudkan pelayanan yang baik maka dibutuhkan diklat tentang kependudukan capil sehingga meningkatkan pemahaman mengenai hal tersebut. Berikut materi yang didapat :

Materi Pelatihan Kependudukan dan Capil

  • Bimtek / Diklat tentang Kemampuan Pengelola Administrasi Kependudukan pada Dinas Kependudukan serta Meningkatkan Profesionalisme Tenaga Teknis Informasi Data Kependudukan
  • Bimtek / Diklat tentang Manajemen Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam Mewujudkan Pelayanan Kependudukan dan Pencatatan Sipil Mudah, Cepat dan Tepat
  • Bimtek dan Diklat Tentang Mekanisme dan tata cara penyusunan profil kependudukan dan pencatatan sipil berdasarkan 13 kejadian peristiwa penting yang mengacu pada UU No 24 tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan

15. Diklat Perusahaan/BUMD/BUMN

Tujuan adanya bimtek atau diklat di dalam sebuah perusahaan adalah untuk mengupgrade skill karyawan yang ada, atau agar menyama ratakan skill yang ada. Hal ini tentunya agar para karyawan dapat berkembang dan mencapai prestasi terbaik. Diklat perusahaan ini memiliki materi seperti :

Materi Pelatihan Perusahaan/BUMD/BUMN

  • Training Hygiene dan Sanitasi Untuk Catering, Restaurant, Cafe dan Industri Boga
  • Diklat Automatic Exchange of Information (AEOI)

16. Diklat Bidang Hukum

Untuk bekerja di bidang hukum tentunya harus mengerti dan memahami semua hal tentang hukum itu sendiri seperti hukum perdata dan hukum pidanan. Sehingga nantinya jika terjadi kesalahan yang berhubungan daengan bidang hukum maka dapat meluruskan apa yang benar. Dengan adanya bimtek diklat bidang hukum ini Kamu akan mendapat materi :

Materi Pelatihan Bidang Hukum

  • Bimtek Strategi dan Teknik Penyusunan Peraturan Daerah Bagi Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD)
  • Legal Drafting Training
  • Pelatihan Menyusun Perda Efektif dan Aspirtif
  • Hukum Kontrak dalam Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah


Info Jadwal Bimtek dan Diklat Pemendagri


Setiap bulan pusdiklatpemendagri.com menyelenggarakan bimbingan teknis dan pelatiahan. Dilihat dari info jadwal diklat dan bimtek yang tertera di website, paling tidak mereka melaksanakan bimtek paling tidak tiga kali setiap bulan. Kamu dapat melihat jadwal bimtek dan tempat penyelenggaraannya di web langsung. Jika Kamu ingin mendaftar sebagai peserta pelatihan maka dibebani biaya sebesar Rp. 4.500.000,00/peserta. (*biaya dapat berubah sewaktu-waktu, konfirmasi pendaftaran paling lambat h-3).

Ketika Kamu sudah mendaftar, maka Kamu akan mendapatkan fasilitas sebagai berikut:

  1. Pelatihan selama 2 hari / Materi sampai dengan Selesai
  2. Peserta Menginap (Twin-Shering);
  3. Seminar Kit serta Tas Ekslusif;
  4. Coffee Break, Lunch dan Dinner (Selama Kegiatan Berlangsung)
  5. Sertifikat Pelatihan
  6. City Tour Peserta (Wajib Konfirmasi)
  7. Peserta di Jemput di Bandara (Peserta Group Minimal 5 Orang) (Wajib Konfirmasi)
  8. Request Peserta Diluar Jadwal/Materi Yg Tidak Tercantum di Website, (S&K berlaku)

Lokasi Diklat dan Bimtek


Untuk lokasi pelatihan mencangkup 8 kota besar di Indonesia, antara lain Jakarta, Bandung, Bali, Batam, Lombok, Makassar, Medan, Malang, Surabaya, dan Yogyakarta. Tempat penyelenggaraannya berada di hotel berbintang di kota-kota tersebut yang tertera di website. Untuk info lokasi bimtek dan pusdiklat selengkapnya bisa cek langsung ke webnya.

Cara Registrasi Peserta


Bagi Kamu yang ingin menjadi peserta bimtek dapat melihat info bimtek dan diklat di pusdiklatpemendagri atau menghubungi kontak yang tertera di website tersebut. Jangan lupa untuk konfirmasi terlebih dahulu jika sudah mendaftar sebagai peserta. Informasi selengkapnya mengenai bimtek dan pusdiklat pemendagri bisa cek langsung ke web pemendagri.

Alamat Lembaga Pusdiklat Pemendagri


Kamu dapat menghubungi Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pemerintahan Dalam Negeri melalui alamat di bawah ini :

Sekretariat : Jl. Cemara Ujung Blog 11 No. 2 Lantai 1 Jakarta Utara 14260

Telepon/Fax: 021 – 22.443.223
Hp. 081.294.377.777

Website : www.pusdiklatpemendagri.com
Email : admin@pusdiklatpemendagri.com / pusdiklatpemendagri@gmail.com

Galeri kegiatan bimtek dan diklat oleh Pemendagri di berbagai daerah


pusdiklat pemendagri 2019

Kegiatan bimtek dan pusdikat oleh pemendagri tahun 2018


info diklat terbaru 2019

Peserta berfoto bersama setelah kegiatan bimtek dan pusdiklat pemendagri

(*foto dan kegiatan diklat lainnya bisa Kamu lihat di web resminya)


Info bimtek dan pusdiklat pemendagri ini sebenarnya Saya dapat tidak sengaja dari internet setelah membaca-baca mengenai pelatihan dan bimtek yang bagus. Untuk itu tidak ada salahnya jika Saya share info bitemk dan diklat ini bagi Kamu yang membutuhkannya. Info lainnya mengenai bimtek diklat pemendagri terbaru 2019 dapat Kamu askes melalui laman webistenya pusdiklatpemendagri.com. Demikian info tentang bimtek dan pusdiklat pemendagri dari Rekblogging, semoga dapat membantu bagi kalian yang ingin mengikuti bimtek untuk meningkatkan keahliannya.

1 comments so far

bisa jadi referensi nih buat diklat selanjutnya.


EmoticonEmoticon