Tuesday, January 14, 2020

Apa itu Investasi Obligasi? Berikut Penjelasannya

Apa itu Investasi Obligasi? Berikut Penjelasannya - Apakah sekarang ini Anda sudah memiliki pekerjaan serta penghasilan tetap? Jika demikian, tak ada salahnya mulai memikirkan goal untuk jangka panjang seperti memberi kendaraan, melanjutkan pendidikan hingga menggelar pesta pernikahan. Selain goal di atas, hal yang tidak boleh dilupakan adalah masalah investasi.

penjelasan mengenai investasi obligasi


Seperti yang kita ketahui, ada begitu banyak pilihan investasi yang bisa diambil. Salah satunya adalah obligasi. Merujuk pada keberadaan ORI atau Obligasi Ritel Indonesia, pembelian obligasi sekarang ini terus menerus mengalami peningkatan. Penerbitan awal ORI pada tahun 2006, awalnya hanya beberapa belas ribu saja, namun sekarang sudah ratusan ribu orang yang berpartisipasi.

Seperti Apa Investasi Obligasi itu?


Obligasi merupakan surat pernyataan hutang yang diterbitkan oleh penerbit obligasi ke pemegang obligasi. Sebenarnya, ringkasnya ialah penerbit obligasi merupakan pihak yang berhutang, sedangkan pemegang obligasi merupakan orang yang berpiutang. Di dalam obligasi nantinya terdapat jatuh tempo pembayaran dan bunganya, yang menjadi kewajiban si penerbit obligasi.

Jika dilihat dari segi bisnis, obligasi dapat digunakan untuk memperoleh dana segar agar usaha terus berjalan, sedangkan untuk ORI, negara memandang, obligasi ini dapat digunakan sebagai sebuah sumber pendanaan, agar bisa membiayai defisit anggaran belanja.

Mengapa Harus Menjadikan Obligasi Sebagai Pilihan Investasi?


Ada beberapa alasan mengapa harus menjadikan obligasi sebagai pilihan berinvestasi, antara lain:

  1. Keuntungan yang di dapatkan dibagi menjadi tiga yakni tetap, mengambang dan zero coupon. Semakin lama jangka waktu obligasi, akan semakin besar juga keuntungan yang diperolehnya.
  2. Adanya keuntungan yang di dapatkan dari selisih harga. Contohnya harga awal 100%, ketika akan dijual, harganya menjadi naik hingga 115%, sehingga keuntungan yang Anda peroleh ketika menjualnya adalah 15%.
  3. Aman, pembayaran pokok dan kupon dijamin oleh Undang Undang.
  4. Bunga obligasi jauh lebih tinggi dibanding dengan bunga deposito.
  5. Mudah diperdagangkan di pasar sekunder.


Banyak yang harus diketahui mengenai investasi obligasi, namun tidak bisa dalam sekejap dipahami. Sebelum terjun dalam dunia obligasi, lebih baik Anda memahaminya terlebih dahulu. Salah satu platform yang dapat dijadikan pilihan untuk melakukan investasi ORI, bahkan menjadi manajer investasi terbaik adalah Tanamduit.

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon