Thursday, December 17, 2020

Bagaimana Cara Kerja Vaksin COVID-19 di Tubuh Kita?

 Bagaimana Cara Kerja Vaksin COVID-19 di Tubuh Kita? - Pandemi COVID-19 di Indonesia masih belum selesai, pemerintah pun memutuskan untuk mendatangkan vaksin dari luar negeri sehingga pandemi segera terkendali. Pengembangan Vaksin Corona pun sudah di mulai sejak lama hingga sekarang. Beberapa perusahaan mengkalim efektifitas vaksin mereka cukup tinggi. Contohnya Pfizer dan BionTech memliki efektivitas 95 %, Moderna 94 %, Sinovac 90% dan semuanya akan meningkat seteleah pengembangan lebih lanjut.


vaksin corona Indonesia



Melalui Keputusan Menteri Kesehatan, Indonesia sendiri sampai saat ini menggunakan 6 jenis vaksin COVID-19 yaitu:


1. PT. Bio Farma (Persero)

PT. Bio Farma merupakan produsen vaksin virus corona dalam negeri. Untuk pelaksanaannya, ada dua jalur yang ditempuh pemerintah untuk pengadaan vaksin yang melibatkan perusahaan BUMN tersebut. Pertama, pemerintah melalui Bio Farma menjalin hubungan kerja sama dengan perusahaan vaksin milik China, Sinovac Biotech.


2. Astra Zeneca

Uji coba yang dilakukan Astra Zeneca dan Universitas Oxford menunjukan bahwa vaksin COVID-19 produksinya memiliki keefektifan rata-rata 70% dan dianggap mudah didistribusikan karena tidak perlu disimpan pada suhu yang dingin. Untuk vaksinnya dibuat dari versi lemah virus flu biasa dari simpanse yang dimodifikasi tidak tumbuh pada manusia.


3. China National Pharmaceutical Group Corporation (Sinopharm)

Sinopharm mengklaim bahwa individu yang melakukan vaksin telah melakukan perjalanan ke lebih dari 150 negara dan saat ini belum ada kasus temuan infeksi. Vaksin Sinopharm masuk dalam jajaran lima dari vaksin China yang melakukan uji klinis di luar negeri.


4. Moderna

Vaksin virus yang diproduksi Moderna telah diklaim memiliki efektivitas sebesar 94,5%. Moderna meyakini vaksin produksinya telah memenuihi syarat yang ditetapkan BPOM AS (FDA) untuk penggunaan darurat.


5. Pfizer Inc and BioNTech

Pzifer dan BionTech telah mengajukan penggunaan darurat vaksin virus corona yang dibuatnya ke BPOM AS dan Eropa. Kandidat vaksin Pfizer BionTech dari hasil uji coba terakhir pada 18 November 2020 diklaim 95% efektif terhadap virus corona dan tidak menyebabkan risiko masalah keamanan.


6. Sinovac Biotech Ltd.

Nama vaksin COVID-19 dari Sinovac yaitu CoronaVac. Vaksin ini menggunakan versi non-ineksi dari virus corona untuk memicu respon imun. Pada hasil uji coba awal 17 November 2020, vaksin Coronavac disebutkan aman, tetapi hanya menghasilkan respon imun yang moderat dengan tingkat antibodi tak lebih tinggi dari antibodi yang dihasilkan pasien yang pulih dari COVID-19.



Bagaimana Cara Kerja vaksin COVID-19 di Tubuh Kita?


Sebenarnya cara kerja vaksin corona tidak jauh berbeda dengan vaksin penyakit lainnya. Secara umum, vaksin corona bekerja dengan cara merangsang pembentukan kekebalan tubuh secara spesifik terhadap virus corona tersebut. Sehingga apabila terpapar, seseorang akan bisa terhindar dari penularan atau pun sakit berat akibat penyakit tersebut. Tujuan utama vaksin yaitu memicu kekebalan tubuh tanpa sakit terlebih dahulu. Dalam pembuatannya, keamanan menjadi aspek utama dan dilanjut dengan tingkat kefektifan vaksin tersebut terhadap virus.

Dengan adanya vaksin corona ini diharapkan dapat mengendalikan penularan COVID-19 di Indonesia. Meskipun saat ini sudah ada vaksin, tetapi kita semua wajib mematuhi protokol kesehatan terutama di tempat umum. Selain itu jangan lupa untuk memperhatikan perkembangan COVID-19 di Indonesia agar dapat mengantisipasi hal-hal yang ada. Kamu bisa mendapatkan informasi terbaru dan terupdate mengenari perkembangan corona di Indonesia melalui Halodoc. Di Halodoc kamu juga dapat memanfaatkan fitur kesehatan yang ada. Kamu bis berkonsultasi secara gratis maupun berbayar tanpa harus bertemu langsung dengan dokternya.


EmoticonEmoticon