Sunday, January 10, 2021

8 Cara Mudah Mengatasi Rambut Kusut dan Kusam

 8 Cara Mudah Mengatasi Rambut Kusut dan Kusam - Mempunyai rambut panjang yang sehat dan indah merupakan impian bagi para pemilik rambut panjang. Seperti halnya perempuan, rambut merupakan mahkota baginya. Rambut yang tergurai halus dan mempesona membuat penampilan lebih percaya diri. Tetapi ternyata masih banyak perempuan yang mengeluh dengan rambut panjang yang dimilikinya. Kebanyakan karena rambutnya kusut dan kusam. Tapi memang masalah rambut kusut dan kusam ini menjadi masalah umum yang sering terjadi.


mengatasi rambut kusut



Memiliki rambut panjang yang indah dan sehat serasa impian saja, nyatanya rambut panjang yang ada malah kusut dan kusam. Tapi jangan buru-buru potong rambut. Tenang, masalah rambut yang kusut dan kering tidak perlu sampai potong rambut kok. Kamu tetap bisa mempunyai rambut panjang impian mu jika kamu tahu cara mengatasinya.



Apa Penyebab Rambut Kusut dan Kusam?


Rambut panjang memang lebih rentan kusut, apalagi jika kamu memiliki tipe rambut keriting. Apa saja sebenarnya yang membuat rambut kita kusam dan kusut, yuk cari tahu!



#1. Rambut Kering
Hayo siapa yang sering abai dengan kondisi rambutnya? Yap, ternyata rambut kering menjadi penyebab paling umum loh. Apalagi jika tipikal rambut yang keriting dan bergelombang. Seringnya gesekan antara rambut membuat kondisi lebih kering dan kekurangan minyak. Sehingga jenis rambut ini mudah sekali kusut. 

#2. Paparan Sinar Matahari
Kamu adalah orang yang mempunyai aktivitas padat setiap hari? Jika iya, lebih perhatikan kondisi rambut kamu. Terlebih lagi jika kamu sering beraktivitas di luar ruangan. Rambut yang terlalu sering terpapar sinar matahari dapat menyebabkan rambut rapuh, warna berubah, dan kusut. 

#3. Keramas Berlebihan
Ternyata terlalu sering keramas juga tidak baik loh untuk rambut. Minyak alami yang ada di rambut bisa hilang karena terlalu banyak dibilas. Hal ini akan membuat rambut kusut dan kering. Selain itu keseringan keramas malah membuat ujung rambut tumbuh bercabang. Sebaiknya tidak melakukan keramas setiap hari, paling tidak beri jeda sehari agar rambut tetap terjaga kesehatannya.

#4. Menggunakan Styling Tool
Guna menunjang penampilan, sudah pasti rambut juga harus kece. Untuk mempermudah hairstayling rambut maka dibantu dengan alat seperti catokan rambut, pengering rambut, dan lain-lain yang umumnya membuat rambut kering karena panas. Pemakaian alat ini tanpa menggunakan hir protectant tentu akan membuat kondisi rambut semakin buruk. Maka dari itu sebelum menggunakan hair styling tools alangkah baiknya menggunakan produk hair protectant spay.


Cara Mengatasi Rambut Kusut dan Kusam


Bagaimana mengatasi rambut kusut dan kusam? Beberapa cara ini bisa kamu coba agar rambut panjang mu terlihat lebih halus dan indah berkilau.


1. Menggunakan Kondisioner

Keramas untuk menghilangkan debu dan polusi yang melekat di rambut tidaklah cukup. Sering terjadi ialah rambut malah menjadi kusut setelah keramas. Baiknya kamu juga menggunakan conditioner setelah keramas menggunakan sampo.  Conditioner ini bertujuan untuk menghaluskan, menguatkan, dan memudahkan rambut untuk diatur sesuai keinginan. Kelembaban juga akan terjaga sepanjang hari, sehingga rambut tidak akan kering.


2. Menyisir Sesuai Jenis Rambut

Menata rambut dengan sisir sebelum melakukan aktivitas agar tidak berantakan dan mengembang. Menyisir rambut akan membantu kamu terlihat rapi sepanjang hari. Sesuaikan sisir dengan jenis rambut kamu. Gunakan sisir dengan gerigi renggang atau jenis bristle brush untuk rambut panjang dan kusut. Sisir jenis ini akan menggerai rambut yang kusut tanpa membuat rontok dan patah.



3. Menggunakan Serum Rambut

Serum rambut memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan rambut. Fungsi serum rambut yaitu melindungi rambut dari kerusakan akibat terpapar sinar matahari, melembutkan rambut sehingga tidak kusut, dan membuat rambut lebih berkilau alami. Tentunya dalam pemakaian serum harus dilakukan dengan tepat. Pilih produk serum yang cocok dengan jenis rambut kamu. Selain itu gunakan sesuai takaran yang tepat dan aplikasikan pada rambut setelah keramas.


4. Hindari Keramas dengan Air Panas

Tidak hanya sampo saja yang mempengaruhi kondisi rambut saat keramas. Suhu air juga berpengaruh loh. Sebagian besar orang memilih keramas dengan air hangat karena bersifat menenangkan dan juga membuka pori-pori agar debu terangkat. Tetapi karena membuka pori-pori kepala, tidak hanya kotoran saja yang terangkat, minyak alami di rambut juga ikut terangkat. Kelembaban rambut menjadi berkurang dan parahnya menjadi kering.


5. Menggunakan Masker Rambut Berkala
Sama seperti serum, masker rambut juga membantu kondisi rambut tetap sehat, terutama untuk rambut yang kusut dan rusak. Penggunaan masker rambut umumnya sekali dalam seminggu. Hampir mirip dengan masker wajah, masker rambut diaplikasikan merata ke seluruh rambut dan diamkan kira-kira 20 menit. Bilas dengan air bersih dan lap lembut menggunakan handuk.

Bagaimana? tidak cukup sulit bukan mengatasi rambut kusut dan kusam. Coba praktikan dan lihat hasilnya! Selamat mencoba.

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon