Wednesday, October 18, 2017

Faktor Pageone: Bersaing di Halaman Teratas Google

Faktor Pageone: Bersaing di Halaman Teratas Google - Semakin banyak suatu keyword yang dicari banyak orang, maka semakin besar pula peluang persaingan antar web untuk berlomba-lomba membuat artikel tersebut. Para blogger mengaharapkan konten yang mereka buat nantinya di kunjungi banyak orang, oleh karena itu berada di pageone google adalah tujuan pertama mereka untuk bisa mendapatkan pengunjung secara organik. Faktor pageone bisa dari internal ataupun eksternal.

bersaing di halaman pertama google

Oke, tidak semua web atau blog membuat artikel hanya semata mata untuk berada di halaman teratas google. Mungkin mereka hanya sekadar ingin berbagi informasi atau hobi yang secara terus menurus dan konsisten selalu mempublikasikan konten mereka kepada peselancar internet.

Tetapi tidak untuk pencari recehan uang di internet. Mereka akan selalu berusaha membuat bagaimana caranya agar konten yang mereka buat muncul di pencarian pertama google. Tetapi tidak semuanya begitu, bisa juga mereka yang hobi blogging juga sambil mencari keuntungan lewat blog dengan memasang iklan. Semakin banyak orang yang melihat atau meng klik iklan itu maka semakin besar pendapatannya. Itulah kenapa banyak blogger yang ingin artikelnya masuk pageone.

Jika Kamu ingin mengetahui apa saja yang menjadi faktor suatu artikel bisa menjadi rangking satu, simak pembahasan ini sampai selesai.

Apa saja faktor pageone tersebut?


1. Faktor jumlah orang yang mencari keyword tersebut


Setiap keyword pasti mempunyai jumlah pencarian yang berbeda. Terdapat keyword dengan tingkat pencarian rendah dan ada yang tinggi. Ini yang menjadi faktor artikelmu bisa pageone atau tidak. Mari kita ulas.

Sebuah keyword mempunyai tiga kategori berdasarkan tingkatan pencarian yaitu :

  • rendah (sekitar 100-1000 pencarian)
  • sedang (sekitar 10000-100 ribu pencarian)
  • tinggi (sekitar 100 ribu keatas)
Tetapi tidak menutup peluang terdapat keyword dengan jumlah pencarian tinggi tetapi tingkat persaingan rendah.

Ini tergantung keyword apa yang akan Kamu bidik untuk sebuah artikel. Jika Kamu memilih keyword dengan tingkat pencarian sedang atau bahkan rendah, maka semakin tinggi peluang untuk masuk halaman pertama google. Saat Kamu memilih untuk menembak keyword dengan persaingan tinggi dan jumlah di cari banyak peluang akan semakin kecil. Tetapi tidak menutup kemungkinan dengan seo onpage dan offpage bisa membuat artikel bertengger di peringkat pertama.

Faktor tersebut merupakan faktor eksternal pageone. Untuk itu Kamu harus bijak dalam menentukan sebuah kata kunci yang ingin di dibidik sebelum membuat artikel.


2. Backlink yang mampu meningkatkan otoritas blog


Siapa bilang saat ini backlink tidak berpengaruh di serp google. Nyatanya blig yang artikelnya banyak menempati pageone google mempunyai backlink yang tidak sedikit bahkan berkualitas. Coba saja bandingkan blogmu yang baru membuat artikel yang isinya mirip dengan blog yang mempunyai backlink berkualitas, misalnya panduanim. Belum tentu kan blog mu akan bertengger menyamai panduanim. Itu karena ada faktor backlink yang mempengaruhi peringkat serp.

Kenapa backlink bisa meningkatkan otoritas blog? Oke saya jelaskan, misal blog Kamu mempunyai artikel yang menarik dan berkualitas dan ternyata Saya akan membuat artikel dengan tema yang sama dengan artikelmu. Kemudian Saya membuat artikel merujuk ke blogmu. Otomatis blog mu menjadi referensi dan mungkin saja Saya akan menautkan link artikelmu ke artikel Saya karena relevan. Terlebih lagi jika yang dilakukan adalah tautan link do follow.

Kamu juga bisa membeli backlink di web jasa jual backlink seperti seostore. Tetapi hati-hati terkadang penyedia jasa mencabut kembali BL tanpa sepengetahuan pembeli. Jadi pilih jasa backlink dengan baik.


3. Usia blog atau domain


Sebenarnya usia blog tidak sepenuhnya menjadi faktor sebuah artikel masuk pageone. Tetapi dengan usia blog dan domain yang tua akan mempunyai kesempatan yang besar untuk bisa menembus pageone. Google biasanya mempunyai kepercayaan yang besar atau menjadi prioritas domain dengan usia yang tergolong tua karena telah lebih awal terdaftar di google.

Tetapi bukan berarti juga domain yang usianya misal 5 tahun tetapi domain authority nya masih rendah juga bisa nangkring halaman satu. Google juga pasti mempertimbangkan faktor-faktor lain untuk menjadikan blog itu kredibel dan relevan sesuai pencarian search engine.


4. Pemakaian kata kunci yang tepat


Pemakaian kata kunci yang salah akan mengakibatkan artikel tidak masuk pageone. Jika Kamu memakai kata kunci secara berlebihan (stuffing keyword) bisa saja dianggap spam oleh google. Tetapi jika Kamu memberikan keyword yang minimal, artinya tidak banyak kata yang di bidik untuk menjadi keyword maka artikelmu akan tenggelam dan kalah bersaing dengan blog lain.

Penempatan keyword yang pas menjadi kunci yang tepat jika artikelmu mau di PR 1. Usahakan di setiap paragraf mengandung keyword utama atau turunan yang menjadi titik fokus tema. Paragraf awal dan akhir akan menjadi tempat strategis untuk menempatkan keyword. 

5. Nilai DA dan PA yang tinggi

Nilai DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority) akan berpengaruh di serp karena biasanya dengan nilai yang tinggi maka akan semakin baik peringkat blog tersebut. Untuk mencapai nilai yang yang cukup dibutuhkan waktu yang tidak cepat. Lakukan update konten yang berkualitas secara konsisten dan visitor akan banyak mengunjungi blogmu. Itulah yang menjadi faktor naiknya DA dan PA. Itulah kenapa banyak blogger yang berburu DA dan PA blog yang tinggi untuk mendapatkan backlink dari blog itu. Karena bisa mendongkrak peringkat serp di pencarian.

Itulah faktor-faktor apa saja yang menentukan artikel masuk pageone atau tidak. Memang ini hanya bagian kecil dari banyak faktor yang menentukan peringkat pencarian google. Jika Kamu ingin menambahkan faktor apa yang sesuai, silakan komen di bawah.


EmoticonEmoticon