Monday, October 29, 2018

Seperti Apa Contoh Artikel yang Baik dan Berkualitas Itu?

Seperti Apa Contoh Artikel yang Baik dan Berkualitas Itu? - Sebagai seorang blogger tentunya dituntut untuk selalu update konten agar tetap eksis, tentunya konten dalam hal ini artikel harus mempunyai nilai untuk pengunjung. Maka dari itu perlu untuk membuat artikel yang baik dan berkualitas.

membuat artikel berkualitas seo


Seperti apa artikel yang baik dan berkualitas itu? 


Apa artikel berkualitas itu harus memenuhi kaidah SEO? Tidak juga. Membuat artikel berkualitas tidak semata-mata fokus pada kata kunci tetapi konten keseluruhan. Tetapi kata kunci membantu konten Kita untuk memberi tahu search engine apa yang Kita buat sehingga dapat ditemukan.

Simak artikel ini agar Kamu memahami, paling tidak tahu contoh artikel yang mempunyai standar kualitas tinggi.

Ini dia beberapa hal yang perlu digarisbawahi penentu kualitas konten di sebuah blog yang juga menjadi penyebab sebuah blog menjadi berkualitas.

1. Membuat konten yang komprehensif, artinya mengandung informasi yang luas dan lengkap. Jangan salah, komprehensif tidak mesti panjang.

2. Ditujukan kepada pembaca tertarget, artinya memang mereka benar-benar membutuhkan artikel yang Kamu buat.

3. Artikel dibuat untuk menjawab pertanyaan yang mungkin diajukan oleh pembaca, artinya masalah yang ada terselesaikan setelah membaca artikel tersebut.

4. Konten yang dibuat diusahakan merupakan satu niche (satu topik), artinya pembaca akan mudah mengetahui jika blog Kamu membahas satu lingkup topik yang mendalam, ini akan membuat pembaca datang kembali.

5. Artikel mempunyai manfaat bagi orang lain, artinya orang tesebut mendapatkan impact positif.

6. Memiliki unsur pendukung seperti grafik, desain visual, dan lainnya karena pembaca cenderung lebih tertarik melihat sebuah gambar visual dari pada tulisan.

7. Isi artikel update dalam waktu tertentu mengikuti perkembangan zaman sehingga konten tetap fresh.

8. Memiliki nilai rating dan share yang cukup tinggi, karena dirasa bermanfaat dan orang lain juga membutuhkannya.

Jika Kamu pernah membaca artikel PanduanIM mengenai "Tahap Menulis Artikel yang Baik untuk Website agar Mendapatkan Peringkat Satu Google", disitu dijelaskan bahwa Kita harus melupakan SEO friendly (yang dianggapnya jadul) untuk membuat artikel yang menarik untuk dibaca (Human firendly).

Sayangnya Saya tidak setuju sepenuhnya, memang beberapa teknik SEO dalam konteks ini Seo On Page sudah ketinggalan jaman. Tetapi beberapa cara teknik SEO cukup efektif untuk meningkatkan peringkat di halaman google. Maka beberapa teknik dapat menjadikan artikel SEO Friendly.

Terlebih lagi setelah adanya algoritma google Hummingbird, membuat trend SEO menjadi berubah. SEO tidak hanya bicara mengenai penargetan kata kunci umum secara berulang. Ini soal konten keseluruhan dan kata kunci turunan.

Orang akan lebih mencari kata kunci yang tertarget seperti "Menteri Pendidikan kabinet Jokowi" ketimbang "Menteri Pendidikan". Karena orang cenderung ingin langsung mendapatkan jawaban yang mereka cari.

Maka yang perlu Kita lakukan adalah menyesuaikan algoritma google yang ada.

Oleh karena itu diperlukan juga trial and error dalam SEO.

Baca juga: Anchor Text sebagai Senjata SEO.

Contoh artikel baik dan berkualitas


Berikut Saya ambilkan contoh artikel blog yang menurut Saya berkualitas dari beberapa kategori, sehingga Kamu dapat memiliki gambaran, oh ini to artikel yang bagus. Jadi Kamu bisa mengikuti cara penulisan artikel atau metodenya untuk diterapkan dalam artikelmu.

1. Artikel resep masakan.
Saya ambil contoh artikel "Resep Nasi Goreng Kampung" dari Blueband yang menurut Saya berkualitas dari artikel lain yang sejenisnya.

  • Dari segi judul cukup menarik dan memiliki keunikan, karena embel-embel "istimewa dari Blueband dan juga "Kampung" yang menarik pembaca.
  • Menjelaskan bahan-bahan yang digunakan secara detail.
  • Langkah yang diberikan cukup jelas dan sederhana.
  • Unsur gambar visual yang relevan, dalam artikel ini menjelaskan bahwa nasi goreng ini terdapat bahan bakso, gambar yang digunakan juga merupakan nasi goreng dengan toping bakso.
  • Adanya informasi nilai gizi per porsi, dalam artikel lain Saya tidak melihat ada yang menyelipkan info ini. Padahal ini cukup penting.
2. Artikel membuat blog
Saya ambil contoh artikel dari blog PanduanIM tentang "Langkah Sukses Membuat Blog" karena cukup komprehensif.
  • Susunan artikel yang baik mulai dari pendahuluan, isi, dan penutup.
  • Metode penulisan artikel cukup menarik dan tidak membosankan karena menggunakan teknik penulisan "Bukit Bakau". (Istilah ini Saya ambil dari pakar SEO malaysia, Wanyusuf)
contoh artikel baik bagus
Teknik Bukit Bakau


artikel berkualitas seo
Teknik Bangunan

  • Artikel dibuat menggunakan studi kasus dan riset sehingga pembaca dapat memahami konteks lewat pengalaman penulis.
  • Menggunakan visualisasi gambar dan video sebagai penunjang

Inti dari artikel berkualitas tinggi adalah....

1. Membuat artikel yang baik dan kompehensif

2. Menerapkan kaidah seo yang tepat

Jangan hanya mengandalkan seo saja yang mengulang dan memutar kata kunci utama dan turunan saja, tetapi tidak memiliki nilai dan membingungkan orang yang membacanya

Buatlah artikel yang mudah dan menarik untuk dibaca.

Dua hal ini tidak terpisahkan, ketika semua itu terpenuhi maka Google juga akan memberikan respon s positif.

Artikel yang komprehensif dianggap dapat menjawab pertanyaan pembaca, dan menggunakan kaidah seo merupakan langkah mengikuti algoritma google.

Maka jadilah aritkel yang berkualitas SEO.

Menulis artikel berkualitas memang membutuhkan latihan, terus menulis dan kenali tulisanmu sendiri. Apa yang kurang dan lebih dari artikel yang Kamu tulis.

Kamu bisa melihat contoh artikel seo dan sejenisnya dari web orang lain, amati metode penulisan, gaya bahasanya, susunan artikel, dan lain-lain. Apa yang membuat artikel tersebut menarik.

Demikian artikel mengenai contoh artikel yang baik dan berkualitas. Apabila ada saran, kritik dan komentar Kamu bisa menyampaikannya di kolom komentar di bagian bawah artikel ini.



pict by vecteezy

3 comments

dari yang saya baca, tela'ah dan pahami contoh penulisan artikel berkualitas seperti diatas..

Cara membuat artikel berkualitas seo sudah tepat, jelas dan padat. walaupun padat, kunci-kunci dari penulisan artikel berkualitas nya udah pas banget.

hanya saja sedikit tambahan, yaitu keyword..
semua bermula dari keyword. riset keyword sangat diperlukan untuk dapet keyword utama dan beberapa keyword turunan, sinonim yang disebar di paragraf pertama, paragram ketiga, caption images, tengah artikel dan akhir artikel.

tujuannya adalah agar artikel tersebut bisa tertarget di google, karena kita pasti mengutamakan organic traffic ya kan..

semangat berkarya dan sukses terus untuk rekblogging. amin..

Terimah kasih atas tipsnya....

Terima kasih atas tips yang sangat bermanfaat ini.


EmoticonEmoticon