Tuesday, July 30, 2019

Untuk Penderita Diabetes, Begini Cara Mengobati Luka yang Susah Sembuh

Untuk Penderita Diabetes, Begini Cara Mengobati Luka yang Susah SembuhMengobati luka pada pasien diabetes memang cukup susah, dan ini sering dikeluhkan oleh kebanyakan pengidap penyakit ini. Luka yang susah sembuh itu diakibatkan oleh tingginya kadar gula darah karena luka tidak mendapatkan nutrisi dan oksigen dalam jumlah yang cukup.

cara mengobatai luka diabetes


Meskipun susah, kesembuhan ini tetap harus diupayakan supaya luka tidak berkembang menjadi borok yang bisa mendatangkan kemungkinan buruk. Dan dalam rangka mengatasi luka tersebut, Anda dapat memperhatikan cara-cara yang disebutkan di bawah ini.


Cara Mengatasi Luka Pasien Diabetes yang Susah Sembuh


1. Langsung Bersihkan Luka


Luka sekecil apapun, sebaiknya memang tidak diremehkan. Terlebih pada pasien diabetes. Apabila pasien menderita luka, maka segera bersihkan luka dari berbagai kotoran. Baiknya, membersihkan luka ini dilakukan di bawah air yang mengalir. Dan jangan gunakan sabun saat melakukannya karena sabun hanya akan menyebabkan iritasi.

Setelah dibersihkan, berikan salep antibiotik pada luka agar tidak terjadi infeksi. Dan setelahnya, tutup luka tersebut menggunakan perban yang bersih.


2. Hindari Memberi Tekanan pada Luka


Kemudian, hindari memberikan tekanan yang berlebih pada luka. Mengapa demikian? Supaya luka yang diderita tidak menjadi lebih dalam dan kulit baru yang terbentuk juga tidak rusak lagi sehingga kesempatan luka untuk sembuh lebih besar.

Lalu bagaimana jika yang terluka adalah telapak kaki? Jika memang demikian, sebaiknya penderita mengurangi aktifitas berjalannya. Atau kalau tidak, berikan bantalan yang empuk supaya pasien tidak menekan lukanya secara berlebihan.


3. Gunakan Kunyit untuk Pengobatan dari Dalam


Selain melakukan pengobatan dari luar, tak ada salahnya juga jika melakukan pengobatan dari dalam. Untuk ini, penderita diabetes dapat menggunakan kunyit. Kunyit diketahui mampu membantu pasien diabetes untuk mengontrol kadar gula dalam darahnya.

Ini penting untuk diperhatikan karena apabila kadar gula tersebut terkontrol dengan baik, maka kemungkinan luka untuk segera sembuh bisa lebih besar.

Caranya sangat mudah, cukup sediakan kunyit secukupnya. Cuci bersih lalu dipotong-potong. Rebus potongan kunyit tersebut dengan air mendidih. Diamkan sampai dingin, baru kemudian saring lalu minum airnya.

Apabila ternyata luka tersebut masih belum sembuh juga, sebaiknya segera kunjungi dokter. Semakin cepat Anda mengunjungi dokter, maka kemungkinan untuk mengelami komplikasi juga semakin bisa diminimalisir. Dan apabila Anda ingin mendapatkan pengetahuan lebih mengenai hal-hal yang ada hubungannya dengan kesehatan atau diabetes itu sendiri, silahkan kunjungi situs Gue Sehat.


EmoticonEmoticon