Wednesday, March 4, 2020

Bumbu Apa Saja Sih yang Wajib Ada Di Dapur?

Bumbu Apa Saja Sih yang Wajib Ada Di Dapur? - Ketika memasak tentunya banyak bahan-bahan dapur yang harus dipersiapkan. Bisa dibilang jika lain masakan lain juga bahan dapur yang digunakan, tetapi tahu ngga sih jika hampir semua masakan ada bahan dapur yang selalu dipakai?

bumbu royco sachet


Maka dari itu, di dapur biasanya selalu tersedia bumbu-bumbu yang wajib ada. Kan repot ya kalau setiap mau masak harus beli bumbu dulu, nah bagi Kamu yang belum tahu bumbu dapur apa saja yang wajib Kamu miliki, catat nih dan jangan lupa untuk stok bahan masakan ini di rumah yak!

Bahan Dapur yang Wajib Kamu Punya



#1. Cabai

Orang Indonesia cenderung suka dengan makanan pedas, selain untuk menjadi bumbu dalam makanan, banyak orang yang menjadikan cabai sebagai sambal yang disandingkan saat mereka makan. Mungkin berasa ada yang kurang ya kalau makan tanpa dicocol sambal. Bukan tidak mungkin jika cabai ini menjadi komponen wajib yang harus ada di dapur.


#2. Bawang Merah dan Putih

Bisa dibilang jika bawang merah dan putih ini menjadi bumbu dasar sebuah masakan. Apapun masakannya, bisa dipastikan ada dua bumbu dapur ini, entah itu ditumis, dihaluskan, atau digoreng tipis-tipis sebagai pelengkap saat makan. Bawang merah dan putih ini digunakan sebagai bumbu masakan untuk menambahkan aroma yang kuat sehingga lebih nikmat.



#3. Garam

Garam yang dimasukkan dalam sebuah masakan membuat cita rasa gurih dan sedap sehingga bumbu dapur ini menjadi komponen wajib dalam sebuah masakan. Kata orang bilang sih, makanan tanpa garam sama saja tanpa bumbu alias hambar. Selain karena menambah cita rasa, garam juga bisa meningkatkan tekstur makanan loh.


#4. Gula

Jika penggunaan garam dalam masakan sangat berpengaruh sekali dalam menciptakan rasa sedap dan gurih, mungkin berbeda dengan gula. Gula dalam masakan sebenarnya tidak begitu dipentingkan. Memang rasa manis dalam masakan juga perlu, tetapi penggunaan gula sebagai bumbu masakan sangatlah sedikit. Meskipun begitu Kita tetap perlu menyediakan gula ketika akan memasak.


#5. Rempah-Rempah

Rempah-rempah atau empon-empon menjadi ciri khas masakan Indonesia. Tentunya banyak sekali jenis rempah-rempah yang mungkin dibutuhkan disetiap makanan yang berbeda. Mungkin tidak cukup hanya satu wadah saja untuk menyimpan bahan rempa-rempah yang ada di dapur. Apalagi Kita harus memisahkan antara rempah yang satu dengan lainnya. Bayangkan jika Kamu mencampurkan ketumbar dengan lada, tentunya akan sulit bukan untuk membedakannya karena bentuknya yang mirip.

Tetapi sekarang ini sudah banyak bumbu dapur instan yang bisa Kamu gunakan untuk memasak sehingga tidak perlu repot-repot membeli rempah-rempah dalam satuan. Apalagi bumbu instan yang sekarang ini sangat praktis karena dalam bentuk sachet. Misalnya saja royco sachet, Kamu tinggal membeli varian royco dalam kemasan sachet sesuai dengan apa yang akan Kamu masak. Apabila Kamu ingin membuat bakso, gampang saja, tinggal beli Royco sachet yang varian kuah bakso. Ini akan lebih praktis tanpa harus mengolah rempah-rempah yang ada.

Nah sudah tahu kan bumbu dapur apa saja yang wajib Kamu punya? Sebenarnya sih masih banyak bumbu-bumbu dapur yang diperlukan, tetapi minimal, ada lima bumbu yang sudah disebutkan di atas yang wajib ada di dapur. Jangan lupa dicatat dan buruan beli buat keteresediaan di dapur, biar kalau masak ngga perlu repot beli lagi.


EmoticonEmoticon