Sunday, May 31, 2020

Pelatihan Barista Merdeka dan Usaha Warung Kopi Pemula By Bencoolen Coffee

Pelatihan Barista Merdeka dan Usaha Warung Kopi Pemula By Bencoolen Coffee - Pelatihan barista dan usaha warung kopi merupakan salah satu materi dari program kartu pra kerja. Pada saat ini program kartu prakerja sudah masuk pada gelombang empat. Sebagian pesertanya banyak yang memilih program pelatihan barista. Kenapa bisa banyak orang yang tertarik dengan pelatihan sebagai barista profesional?

pelatihan barista dan usaha warung kopi


Apakah profesi sebagai barista sangat menjanjikan? Seberapa spesialnya sehingga banyak pengguna kartu pra kerja memilih pelatihan tersebut ketimbang yang lainnya? Jika kita tengok ke belakang, jumlah peserta lebih dari 450 ribu orang untuk gelombang pertama dan kedua.

Perlu diketahui bahwa sekarang ini kedai kopi kekinian sangat tren dikalangan anak muda. Peluang bisnis kopi masih menjanjikan untuk masa yang akan datang. Untuk itu kenapa alasan menjadi seorang barista atau memiliki usaha warung kopi begitu digemari. Sebelum menjelaskan lebih lengkap terkait peluang kerjanya, saya akan menjelaskan bagaimana pelatihan barista dan usaha warung kopi dalam program kartu prakerja.


Apa itu Program Kartu Prakeja ?


Kartu Prakerja merupakan program dari pemerintah pusat yang berupa bantuan biaya dan pelatihan untuk masyarakat Indonesia terutama bagi mereka yang sedang mencari kerja atau sudah bekerja. Kartu prakerja bertujuan untuk mengembangkan keterampilan dan kompetensi di bidang keahlian masing-masing guna dapat bersaing dalam dunia kerja. Para penerima program kartu prakerja yaitu masyarakat Indonesia di atas 18 tahun yang sedang tidak sekolah.

Apakah kartu prakerja bukan untuk pengangguran? Perlu diketahui bahwa program prakerja awalnya ditujukan kepada mereka para pengangguran muda, namun karena adanya dampak pandemi COVID 19 maka juga ditujukan kepada mereka para pekerja dan pengusaha khususnya usaha mikro yang terdampak pandemi. Cara daftar kartu prakerja dapat kamu lihat di web resminya di sini.


Kenapa Profesi Barista Sangat Menjanjikan ?


Apa yang ada dipikiranmu ketika mendengar kata BARISTA ? Keren, pecinta kopi, indie? Profesi barista belakangan ini sedang naik-naiknya, bukan apa-apa tren kopi kekinian di Indonesia sangat-sangatlah populer. Hal ini membuat pamor seorang barista sebagai peracik kopi pun juga naik. Profesi barista pun sebenarnya cukup unik. Kalau saya bilang, barista adalah pekerja seni. Ya, seni meracik kopi istimewa dengan cita rasa tinggi.

Apa kamu tertarik untuk menjadi barista? Jangan salah, ternyata menjadi seorang barista profesional tidaklah mudah. Tidak cukup memiliki skill meracik cita rasa kopi saja, tetapi juga mampu berinteraksi dengan pembeli. Menjadi seorang barista juga harus dapat merepresentasikan racikan kopinya kepada para pelanggan sehingga mereka mendapatkan feel ketika di menikmati kopinya. Bisa dibilang profesi barista cukup menjanjikan.


Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi oleh Bencoolen Coffee House


Pelatihan barista dan usaha warung kopi oleh Bencoolen Coffee sangat menarik bagi praa kaum milenial. Bencoolen Coffee merupakan salah satu mitra dari program kartu pra kerja yang memberikan pelatihan di bidang kopi. Pelatihan ini cocok sekali bagi kalian yang ingin mendirikan atau mengembangkan usaha kopi kekinian yang sedang tren. Tidak hanya itu, bagi para barista kopi yang ingin menambah pengetahuan dan skill di dunia perkopian pun dapat mengikuti materi pelatihannya.

membuka usaha warung kopi kekinian


Semenjak populernya kopi kekinian di kalangan anak muda, profesi barista pun makin diminati dan menjanjikan. Kenapa saya bilang menjanjikan? Berikut alasannya.


1. Seorang Barista Bisa Bergaji Tinggi Loh


Percaya nggak kalau gaji barista sebenarnya tinggi? Saya sih percaya, untuk mengikuti pelatihan baristanya saja harus merogoh kocek tidak sedikit. Bayangkan saja untuk mengikuti kelas selama 3 jam harus membayar 3-4 juta rupiah, wajar saja jika gaji yang didapat tinggi. Terlebih lagi jika memiliki sertifikat dan jam terbang tinggi. Di luar negeri seperti Amerika, seorang barista kopi bisa digaji sampai 189 juta. Beda lagi di Australia, gaji barista di negeri Kanguru ini bisa mencapai 195 juta.

Bagaimana di Indonesia? Bisa dibilang gaji seorang Barista Indonesia di kelas menengah ke atas. Berdasarkan sumber dari Indeed, bahwa rata-rata gaji barista di Indonesia berkisar 2,7 juta. Tetapi sebenarnya banyak faktor yang mempengaruhi bayaran seorang profesi, bahkan tiap-tiap daerah pun berbeda karena adanya UMR. Gaji barista di Jakarta tentu beda dengan di Yogyakarta. Bisa jadi 4 juta di Jakarta, tetapi di Yogyakarta di angka 3 juta. Begitu pun di daerah lain.


2. Peluang Kerja Barista di Indonesia Tinggi


Seperti yang sudah saya singgung sebelumnya, banyaknya peminat dan permintaan kopi di Indonesia khususnya kalangan anak muda membuat secercah harapan bagi para pebisnis kopi. Kedai kopi sekarang ini bisa di temukan di mana-mana. Tidak sulit untuk menemukan sebuah coffee shop di pinggir jalan. Peluang pun semakin besar ketika tren kopi kekinian disegani oleh masyarakat karena kebutuhan menjadi barista juga meningkat.

Baca juga: Tempat Murah All You Can Eat di Jakarta

Sekarang ini Coffeeshop tidak hanya sekadar sebagai tempat untuk minum kopi saja. Tidak hanya itu, usaha warung kopi kekinian tersebut beralih fungsi sebagai tempat meeting, tempat nongkrong, bahkan tempat untuk mengerjakan tugas bagi para mahasiswa. Ibarat kata menjadi rumah kedua bagi para penikmat kopi. Kini barista tidak dianggap sebelah mata, anak-anak jaman sekarang pun banyak yang tertarik terjun ke profesi ini. Tidak jarang juga banyak kedai kopi yang menerima magang para barista pemula.


Apa Saja Manfaat Setelah Mengikuti Pelatihan Barista by Bencoolen Coffee ?


Kenapa harus mengikuti pelatihan menjadi barista profesional? Untuk menjadi seorang barista tentunya ada tahap-tahapannya mulai dari bawah. Tujuan utama pelatihan barista tentunya untuk mengembangkan skill mereka ke tingkat lebih tinggi di dunia perkopian dan tentunya agar siap untuk bekerja sebagai barista yang profesional.

Beberapa manfaat yang didapat jika kamu mengikuti pelatihan barista:

1. Pengetahuan Kopi


Syarat utama untuk menjadi seoarang barista ya harus tahu tentang jenis-jenis kopi. Kamu harus mencintai kopi agar tahu bagaimana cita rasa dan karakteristik masing-masing kopi. Setiap racikan pun memiliki teknik pembuatan yang berbeda-beda. Maka dari itu di dalam pelatihan dibutuhkan dasar-dasar pengetahuan tentang kopi tanpa terkecuali tugas-tugas seorang barista.


2. Memahami Kebutuhan Barista


Apa faedahnya tahu tugas-tugas sebagai barista tetapi tidak bisa menggunakan peralatannya? Di pelatihan barista juga diajarkan bagaimana cara menggunakan peralatan kopi dan treatmentnya. Treatment ini juga penting agar peralatan yang dipakai tidak rusak dan tetap awet sehingga kualitas kopi terjaga.


3. Menjadi Barista Handal


Dalam pelatihan juga diberikan berbagai tips bagaimana meracik sebuah kopi sesuai standar cita rasa tinggi. Selain itu kamu juga diberikan pemahaman dan wawasan terkait rasa dan aroma berbagai kopi Indonesia.


4. Wirausaha Warung Kopi


Selain menjadi barista, juga terdapat materi tentang entrepreneur yaitu bagaimana membuka usaha kedai kopi susu kekinian dengan modal yang minim. Kamu dapat membuka usaha warung kopi di daerahmu dengan harga terjangkau tetapi memiliki kualitas cita rasa yang tinggi.

Beberapa materi yang di dapat seperti:

  • Barista Pemula
  • Usaha Kedai Kopi Susu Kekinian dengan Modal Minim
  • Outlet Warung Kopi
  • Mitra Outlet Warung Kopi
  • Pemasaran Kopi Online
  • Sales Kopi Keliling Wilayah

wirausaha kedai kopi susu modal minim


Dengan pelatihan barista dan usaha warung kopi yang di selenggarakan oleh Bencoolen Coffee dapat menambah skill dan pengetahuan kamu dalam dunia perkopian. Pelatihan ini juga bermitra dengan program kartu prakerja. Jadi bagi kamu yang memiliki kartu pra kerja, dapat mendaftar sekarang juga.

16 comments

Saya kira pekerjaan menjadi seorang Barista itu sangat gampang untuk dilakuin, ya tinggal bikin kopi ajakan mudah? Eh ternyata ada pelatihannya juga. Terus menjadi Barista juga nggak asal bikin kopi ya kak, setidaknya harus tau kopi apa yang sedang ia buat huaaa keren

Waduuh mantaap ternyata menjadi seorang barista bukan hal mudah membalikkan telapak tangan ya hehe harus ada pelatihan khusus juga

Teryata jadi barista ada sekolah/pelatihannya juga ya..
Kalo sekolah/pelatihan jadi bos ada gak ya?

Tio_iotomagz

pelatihan kerja yang sangat menjanjikan, aku tertarik nii, tapi statusku udah pra mahasiswa nii hehehe :)

Barista tentu tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang dengan mudah, tetapi kalau ada niat, tekad yang kuat, rajin berlatih, kreatif, dan melatih skill yang dimiliki, keinginan kita akan terwujud 👍 mantap infonya.. davarpedia

Wah keren pelatihan barista bisa melahirkan wirausaha baru.keren
Salam
Neni lineyni

Pengetahuan akan kopi, bener banget karena itu pengetahuan basic dari seorang barista. Nama barista sendiri terkesan keren sih, haha.. Seorang baristapun harus dilatih tidak sekenanya mengolah kopi.

Sekrang sudah banyak muncul warung-warung kopi kekinian dan tentu membutuhkan barista-barista berpengalaman yang bersertifikat. Pas kalilah di prakerja ini ada pelatihan menjadi barista handal.

Widihh, ada ya ternyata pelatihan barista. Bisa langsung praktikan bangun usaha terima kasih infonya

Mksh mas. Artikelnya penuh inspirasi. Semoga terus diberi kesehatan dan rezeki yg luas. Aamiin

Acuk

ngeblog di warung kopi atau cafe itu cara asyik buat nulis. Tapi ternaya banyak hal yang bisa dijadikan inspirasi di sana ya, baik sebagai pengusaha atau profesional barista yang ternyata punya banyak cuan.

buat yang bilang "jadi barista itu gampang" :') mereka gatau aja susahnya bikin logo hati di kopi :)

Saya pernah baca buku tentang pekerjaan barista.. pekerjaannya memang gak bisa di bilang mudah dan wajar gajinya tinggi

Setelah jadi barista dan paham akan usaha warkop, yg mulanya barista bisa jadi pengusaha. Keren gan mantap infonya.

Mksh Gan tambahan ilmunya. manteb gan artikelnya, yuk jadi pengusaha kopi. Terus semangat ...

Silvi


EmoticonEmoticon