Sunday, October 25, 2020

Cara Daftar BPJS Kesehatan Melalui Daring, Ini Dia Syarat dan Ketentuannya

 Cara Daftar BPJS Melalui Daring, Ini Dia Syarat dan Ketentuannya - Masyarakat Indonesia sekarang ini sudah mulai sadar akan pentingnya asuransi kesehatan bagi dirinya ataupun keluarganya. Melihat antusias masyarakat dan meningkatnya pengguna asuransi jiwa di Indonesia, sejumlah perusahaan asuransi menawarkan program menarik, contohnya saja BPJS yang merupakan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial milik pemerintah. BPJS memudahkan masyarakat yang ingin mendaftarkan asuransi via online. Tentunya akan lebih praktis dan tidak ribet daripada harus pergi ke kantornya. Lalu bagaimana cara daftar BPJS melalui daring?


cara daftar bpjs melalui dari


Cara Pendaftaran BPJS Kesehatan Online


Dalam artikel ini akan dibahas mengenai bagaimana cara mendaftar BPJS perseorangan yang dilakukan oleh peserta sendiri melalui website resmi BPJS Kesehatan yaitu di bpjs-kesehatan.go.id. Kamu cukup mengisi formulir yang terdapat di webistenya tanpa harus datang ke kantor cabang.


Sebelum kalian mendaftar BPJS Kesehatan, lebih baik jika mengetahui ketentuan yang harus dipahami ketika kamu  mendaftar asuransi BPJS Kesehatan. 

Beberapa ketentuan yang harus dipenuhi yaitu:
  • Pengguna Layanan Pendaftaran BPJS Kesehatan harus memiliki usia yang cukup secara hukum untuk melaksanakan kewajiban hukum yang mengikat dari setiap kewajiban apapun yang mungkin terjadi akibat penggunaan Layanan Pendaftaran BPJS Kesehatan.
  • Mengisi dan memberikan data dengan benar dan dapat dipertanggungjawabkan ketika pendataran online.
  • Ketika mendaftarkan diri sendiri maka seluruh anggota keluarga juga wajib mendaftar BPJS Kesehatan.
  • Melaporkan jika terjadi kehilangan dan kerusakan identitas ( kartu peserta ) peserta yang diterbitkan oleh BPJS Kesehatan atau ketika ada perubahan data peserta.
  • Terkait perubahan susunan anggota keluarga dapat dilakukan di Kantor Cabang BPJS Kesehatan terdekat.
  • Membayar iuran setiap bulan sebelum tanggal 10.
  • Tidak menyalahgunakan kepemilikan kartu BPJS untuk hal-hal yang merugikan.
  • Membayar polis pertama paling lambat 30 hari setelah mendaftar atau mendapat virtual account.
  • Pendaftaran akan direset otomatis ketika Kamu tidak melakukan pembayaran polis pertama atau melakukan perubahan data 14 hari setelah menerima virtual account.
  • Mengikuti ketentuan dan tata cara pelayanan kesehatan yang ditetapkan oleh BPJS Kesehatan.
Setelah Kamu membaca dan menyetujui ketentuan terkait peserta BPJS Kesehatan, maka Kamu boleh melakukan pendaftaran diri, jika Kamu tidak menyetujui ketentuan di atas maka Kamu tidak diperkenankan menggunakan Layanan Pendaftaran BPJS. Dalam artikel ini dibahas mengenai pendaftaran BPJS via online. Sebelum mengetahui langkah-langkahnya, sebaiknya kamu mempersiapkan terlebih dahulu syarat-syarat yang diperlukan ketika mendaftar BPJS melalui daring.


Hal-Hal yang Harus Dipersiapkan Saat Daftar BPJS Kesehatan Online


Sebelum mendaftar, pastikan Kamu mempersiapkan beberapa hal di bawah ini:
  • Data NIK pada E-KTP atau Kartu Keluarga
  • Paspor untuk warga negara asing
  • Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama yang nantinya dipilih
  • Email dan Nomor Aktif
  • Rekening Tabungan

Setelah semua dipersiapkan maka selanjutnya kamu bisa melakukan langkah pendaftaran via online dapat melalui website resmi BPJS


Cara Mendaftar BPJS Kesehatan Online Lewat Website


  1. Buka website resmi BPJS Kesehatan lewat dekstop atau smartphonemu. Setelah masuk ke halaman utama situs, Kamu akan melihat menu Pendaftaran Online dibagian kanan halaman
  2. Setelah itu akan muncul halaman Pendaftaran Peserta yang berisi syarat ketentuan yang harus disetujui. Centang pada kotak bagian bawah untuk menyetujuinya kemudian klik "Pendaftaran" pada bagian sebelah kanan.
  3. Masukkan nomor Kartu Keluarga untuk dilakukan pengecekan data, jika sudah kamu wajib mengisi formulir yang ada sesuai data pribadi Kamu.
  4. Mengisi data seperti NIK, paspor bagi WNA, memilih Faskes 1 dan memilih kelas perawatan, mengisi alamat korespondensi jika alamat tidak sesuai KTP, serta mengisi nomor rekening.
  5. Setelah data diinput, pihak BPJS akan memvalidasi data, jika sudah valid maka akan diterbitkan virtual account untuk pembayaran.
  6. Jika Kamu sudah melakukan pembayaran virtual account, BPJS akan menerbitkan kartu identitas untuk peserta yang berlaku 7 hari setelah dilakukannya pembayaran pertama.
Demikian artikel terkait bagaimana cara mendaftar BPJS Kesehatan via online di website resmi. Kamu juga bisa mendaftar daring melalui aplikasi JKN Mobile. Sekarang Kamu jadi tidak perlu lagi repot-repot pergi ke kantor untuk mendaftar sebagai peserta BPJS karena suda bisa melalui online. Semoga membantu.


EmoticonEmoticon