Monday, November 9, 2020

Tips Interview Kerja Untuk Fresh Graduate Agar Diterima

 Tips Interview Kerja Untuk Fresh Graduate Agar Diterima - Setelah lulus dari bangku kuliah, fresh graduate akan memasuki dunia kerja. Tentunya tidak mudah untuk mencari pekerjaan. Beberapa perusahaan mematok kriteria tinggi bagi calon karyawannya. Selain itu fresh graduate juga harus bersaing dengan para pelamar lainnya yang tentunya memiliki kompetensi tinggi dalam mendapatkan pekerjaan di perusahaan yang diidam-idamkan. Tidak ada jaminan ketika dipanggil interview kerja bisa mendapatkan posisi pekerjaan yang dinginkan. Tetapi dengan menerapkan beberapa tips interview kerja, kesempetan untuk di terima di perusahaan yang diimpikan semakin besar. Maka dari itu sebelum melaksanakan interview perhatikan hal-hal yang dapat memperlancar kamu dalam sesi wawancara.


tips interview kerja



Bagi fresh graduate, sesi wawancara tidak semudah yang dibayangkan dan bahkan menjadi momok yang menakutkan bagi mereka karena masih minim pengalaman. Banyak pelamar kerja yang gagal dalam tahap interview kerja karena kurangnya persiapan, sehingga dalam pelaksanaannya kurang maksimal.

Tapi tenang saja, ada kok beberapa tips sukses interview kerja, berikut tips dari rekblogging :



Persiapan Interview Kerja


Persiapan dalam menghadapi tahap wawancara sangat penting, karena ini yang menjadi tolak ukur sukses tidaknya kamu dalam menghadapi interview kerja. Beberapa hal yang harus dipersiapkan seorang fresh graduate sebelum melakukan interview kerja adalah :


1. Pelajari Perusahaan dan Bisnis Mereka

Kamu perlu tahu banyak tentang calon perusahaan yang akan kamu lamar, tidak hanya sekadar tahu nama perusahaannya saja tetapi juga visi misi perusahaan dan jugabisnis di dalamnya. Kamu juga perlu mengetahui tentang posisi yang akan kamu tempati. Jika perusahaan yang tuju merupakan perusahaan besar, kamu bisa mencari informasinya melalui website resmi, forum, atau blog yang ada di internet.


2. Penampilan Diri

Selain mencari tahu tentang perusahaan yang akan dituju, kamu juga perlu mempersiapkan penampilan yang rapi sebelum melakukan interview. Pastikan pakaian yang kamu kenakan sesuai dengan interuksi yang diberikan, jika tidak ada pakaian yang khususkan, pakailah pakaian yang sopan dan menyesuaikan dengan budaya perusahaan. Rapikan penampilanmu dengan memotong rambut agar terlihat rapi. Memotong dan merapikan kuku tangan juga perlu. Hal ini memberikan kesan yang baik bagi HRD.


3. Mempersiapkan CV dan Resume

Meskipun dalam mengajukan lamaran sudah mengirimkan CV dan resume, tidak ada salahnya untuk membawanya saat melakukan interview kerja. Terkadang ada perusahaan yang mengsyaratkan harus membawa resume dan sejumlah dokumen lain ketika tahap wawancara.


4. Mempelajari Pertanyaan

Di setiap wawancara akan ada pertanyaan-pertanyaan umum yang sering diajukan. Meskipun tidak semua ditanyakan, tetapi baiknya jika kamu memperlajari pertanyaan yang sering ditanyakan ketika sesi wawancara. Selain itu siapkan jawaban terbaik kamu saat diajukan pertanyaan oleh HRD.


5. Isitrahat dan Tidur yang Cukup

Ketika semua persiapan untuk interview kerja sudah matang, seperti belajar menjawab pertanyaan, etika ketika wawancara, dan mempelajari calon perusahaan lantas lupa untuk istirahat cukup. Pastikan kamu tidak begadang pada malam harinya sehingga esok bisa siap dan datang lebih awal dalam pelaksanaan wawancara.

Demikian beberapa tips interview kerja untuk fresh graduate agar diterima di perusahaan yang diinginkan. Semoga dengan adanya tips-tips di atas bisa memperbesar peluang untuk diterima kerja.


EmoticonEmoticon