Saturday, February 3, 2018

Teknik Black Hat SEO Untuk Blog Wajib Dihindari

Teknik Black Hat SEO Untuk Blog Wajib Dihindari - Bagi seorang blogger adalah wajib untuk melakukan optimasi terhadap blognya. Terdapat SEO White Hat dan Black Hat. Caranya dengan mengoptimalkan SEO agar mampu naik ke halaman satu google. Tentunya tidak mudah dan langsung berhasil begitu saja ketika Kita melakukan trial error. Maka dari itu ada yang melakukan cara pintas yang tergolong curang bahkan dilarang oleh google yaitu dengan teknik SEO Black Hat. Teknik ini berkebalikan dengan SEO White Hat yang dianjurkan karena lebih aman. Tetapi apa daya banyak blogger yang menggunakan cara ini karena menurutnya berhasil.

black hat seo curang


Berikut teknik seo yang sering dipakai dari waktu ke waktu yang mungkin masih bekerja sampai sekarang ini, tetapi ada juga yang sudah tidak berfungsi karena prmbaruan algoritma google terbaru.


1. Optimasi yang berlebihan


Pada dasarnya optimasi sebuah artikel atau blog sangat baik tetapi harus sesuai dengan porsinya. Misal saja mereka menaruh kata kunci yang terlampau banyak agar google cepat untuk merayapinya. Ada juga yang menggunakan backlink yang berlebihan karena semakin banyak link masuk maka semakin bagus. Sebenarnya google tidak suka yang berlebihan, karena mereka akan menganggap itu spam dan tentu saja pengunjung tidak berharap semua itu. Pada dasarnya artikel dibuat untuk pembaca bukan untuk mesin pencari. Oke, jika optimasi tersebut diaplikasikan untuk mendongkrak peringkat serp. Tetapi harus juga mementingkan user experience. Pengunjung di buat senyaman mungkin dan mendapatkan manfaat yang lebih dari artikel yang Kita buat. Toh juga google akan menilai mana artikel yang berkualitas baik dilihat dari presentase visitor organik yang didapat.


2. Membuat artikel spinning


Pernah kan Kalian mendengar artikel spin. Ini termasuk cara curang dan termasuk black hat seo. Jika belum tahu apa itu spin artikel, spin artinya berputar. Jadi yang dimaksud artikel spin adalah cara untuk mengubah suatu artikel menjadi artikel baru dengan mentranslate dan mengganti kata di dalamnya dengan sinonim atau kata yang mirip tetapi masih pada maksud yang sama. Sama halnya dengan copas si menurut Saya, tapi ini lebih baik sedikit karena tidak sama dengan yang lain.

Banyak blogger memakai cara hitam seperti ini untuk mengakali bagaimana membuat artikel yang unik tanpa susah payah mencari ide. Dengan bantuan software atau pun situs spinner baik berbayar maupun gratis, memudahkan para blogger membuat artikel baru. Mereka tinggal copy paste dan akan mendapatkan artikel yang sama tetapi berbeda penulisannya.


3. AGC


Auto Generate Contents lebih maju ketimbang copy paste manual atau slin artikel. Dengan menggunakan script AGC akan bisa otomatis mengcopas artikel dari sati blog target ke blog tujuan. Apalagi dengan adanya RRS feeds blog yang bisa memudahkan orang mengetahui artikel blog tersebut. Belum lagi adanya situs agregator yang disalahgunakan oleh sebagian orang untuk mendapatkan keuntungan pribadi. Dengan adanya situs agregator ini Kamu bisa melihat artikel apa saja yang ada di blog tersebut. 

Ciri-ciri blog AGC biasanya mempunyai banyak sekali jenis artikel yang berbeda karena mungkin dapat dari banyak situs yang berbeda. Kemudian, gaya penulisannya pun sangat jauh berbeda antara satu artikel dengan yang lainnya. Dan kadang kala terdapat nama blog korban yang di AGC karena mungkin mereka menyertakan nama blog di dalam artikelnya. Memang sih ini cukup ampuh jika ingin mendapatkan banyak artikel dalam sekejap tanpa capek-capek memuatnya tapi yang pasti ini tidak dianjurkan karena termasuk teknik black hat. Cobalah hargai karya orang lain.

Baca juga: Cara Mencegah Blog Terkena AGC


4. Spam komentar di mana-mana


Spam, spam, dan spam lagi. Mungkin cara ini banyak dilakukan para blogger pemula untuk mendongkrak blognya agar dikenal banyak orang dan mendapatkan banyak pengunjung. Ada yang melakukannya secara manual dan ada pula yang menggunakan bot otomatis.

Hal ini tentunya akan merugikan orang lain, ketika terdeteksi komentar spam di web orang lain maka web tersebut juga terkena dampaknya karena reputasinya akan menurun. Apalagi jika menaruh link aktif yang mungkin orang lain tidak tahu jika itu berbahaya atau tidak ketika mengkliknya. Tetapi cara seperti ini masih banyak digunakan misalnya dengan cara blogwalking dan komentar antar sesama blogger yang dianggap teknik seo yang efektif. 


5. Menembak kata kunci secara berlebihan


Hal yang berlebihan memang tidak baik. Begitu juga dengan jumlah keyword dalam sebuah artikel. Ketika Kita membuat konten pasti terlebih dahulu menentukan keyword yang akan menjadi salah satu poin penting selain tema artikel. Penempatan dan presentase kata kunci artikel yang benar akan menjadi salah satu senjata agar berpeluang menempati posisi pertama google. Selain itu memang masih banyak faktor yang menentukan pageone.

Sebenarnya cara ini sudah lama digunakan dan termasuk teknik seo kuno. Memasukkan jumlah kata kunci yang banyak bahkan memakai hidden text agar bisa mengelabuhi google. Tetapi ada cara yang lebih baik yaitu dengan menggunakan LSI (Latent Semantic Indexing) merupakan relevansi antar keyword yang mirip dengan keyword utama. Penggunaan keyword turunan juga akan memperkuat kualitas seo tanpa menggunakan teknik black hat.


6. Menggunakan kata kunci sebagai nama domain


Penggunaan keyword untuk nama domain biasanya digunakan oleh para blogger untuk meningkatkan relevansi kata kunci pencarian. Semakin dekat dengan kata kunci yang dicari maka semakin besar kemungkinan berada diposisi paling atas.

Biasanya keyword digunakan pada blog yang mengikuti perlombaan seo, tetapi kebanyakan tidak membolehkannya. Ada juga yang memanfaatkannya untuk blog bisnis atau penjualan online agar orang bisa mengingat blog yang dikunjungi.

Baca juga: Tips Memilih Nama Domain Menarik


7. Judul artikel clickbait


Clickbait adalah jebakan atau tipuan yang dibuat dengan judul yang berlebihan dan sensasional agar orang penasaran untuk mengklik yang pada kenyataanya tidak ada relevansi dengan isi. Membuat judul yang klikbait memang berpeluang mendapatkan banyak view karena rasa penasaran seseorang apa yang ditulis. 


Penggunaan judul ini biasanya pada artikel viral, berita, atau tutorial. Dengan menggunakan kalimat yang berlebihan atau kalimat yang nanggung membuat orang akan mengklik lebih lanjut. Tetapi disatu sisi ini akan meningkatkan bounce rate karena biasanya pengunjung akan langsung keluar ketika sudah melihat isi yang tidak sesuai dengan ekspetasi.


8. PBN


Private Blog Networks yaitu sebuah atau beberapa blog diambil dari domain expired dengan kualitas baik untuk keperluan backlink atau direct ke blog utama agar meningkatkan SEO. PBN ini cukup ampuh dijadikan senjata karena untuk membuatnya diperlukan domain yang mempunyai kriteria bagus. Misal pemilihan DA dan PA, jumlah backlink, dan umur domain. Tetapi perlu diingat bahwa domain expired yang mempunyai kriteria baik akan semakin mahal.


9. Menjatuhkan kompetitor


Cara lain ketika sudah mentok untuk meningkatkan performa blog  dan masih kalah saing dengan blog lain maka dengan cara menjatuhkan kompetitor. Memang ini cara yang sangat kotor. Banyak cara yang dilakukan misal dengan jingling visitor, bom klik jika punya adsense, atau dengan mencemarkan nama baik atau blognya. 

Nah, itu dia beberapa teknik black hat yang harus dihindari, minimal jangan sampai merugikan orang lain ketika sedang membangun blog. Gunakan cara atau teknik seo yang baik. 


EmoticonEmoticon