Wednesday, November 27, 2019

Mau Kegiatan Aman dan Nyaman dengan Motor? Ini Dia Tipsnya!


Mau Kegiatan Aman dan Nyaman dengan Motor? Ini Dia Tipsnya! - Menjelang hari lebaran, sebagian masyarakat yang tinggal jauh dari kampung halaman biasanya akan melakukan tradisi mudik. Nah, bagi Kamu yang ingin mudik ke kampung halaman dengan membawa sepeda motor, kamu bisa menambahkan box motor di belakang jok motor untuk tempat menyimpan oleh-oleh keluarga dirumah.


Mudik dengan Sepeda Motor


sumber: kumparan.com


Mudik menggunakan sepeda motor lazim dilakukan di Indonesia. Meskipun sudah ada larangan dari pemerintah, mudik menggunakan sepeda motor dianggap lebih hemat dan bisa dilakukan kapanpun. Agar mudik yang kamu jalani tetap nyaman dan selamat sampai tujuan, berikut tipsnya :

1. Istirahat Saat Lelah


Mengendarai sepeda dengan jarak yang cukup jauh mungkin akan membuat Kamu lelah. Agar tubuhmu tetap fit dan keselamatan di jalan raya tetap terjaga, Kamu bisa beristirahat ketika tubuh mulai lelah. Pergunakan pos mudik untuk beristirahat hingga tubuh kamu pulih kembali. Terlebih lagi jika kamu memiliki riwayat penyakit yang cukup serius, semisal diabetes. Kadar gula yang tidak terkontrol menyebabkan mudah mengalami kelelahan.


2. Jaga Kondisi Tubuh


Menjaga kondisi tubuh saat melakukan perjalanan sangat diperlukan, terlebih mengendarai sepeda motor akan membuat Kamu terpapar sinar matahari, debu, dan angin malam. Ada baiknya sebelum berangkat mudik kamu dalam kondisi yang sehat agar keselamatan sampai ke kampung halaman bisa tercapai. Jika perlu, sebelum melalukan perjalan jauh lakukan medical checkup atau bisa juga konsultasi kesehatan sehingga tahu bagaimana kondisi tubuh saat sebelum berkendara.

3. Bawa Barang Seperlunya


Agar mudik yang kamu jalani aman dan nyaman, ada baiknya kamu membawa barang seperlunya saja. Hindari untuk membawa barang terlalu banyak di depan agar pandangan saat mengendarai sepeda motor tidak terhalang. Selain itu, untuk menambah keamanan dan barang bawaan, Kamu bisa menambahkan box motor dengan memasangnya terlebih dahulu.


Tips Memilih Box Motor yang Sesuai


sumber: mobimoto.com


Agar barang bawaan kamu aman dan tidak mudah terjatuh selama mudik, kamu bisa menambahkan box yang sesuai dengan sepeda motor milikmu. Memilih box pada motor ternyata tidak bisa sembarang, berikut panduannya :


1. Sesuaikan Kapasitas Box dengan Mesin Motor


Memilih box harus disesuaikan dengan mesin motor yang kamu punya. Bobot box yang terlalu berat akan mempengaruhi kecepatan sepeda motor yang akan semakin menurun. Jika mesin motor kamu 125 cc, maka maksimal box yang bisa dipakai adalah yang berukuran 30 liter. Sedangkan untuk motor 250 cc hingga 400 cc bisa menggunakan box dengan ukuran maksimal 35 liter.


2. Pilih Ukuran yang Tepat


Memilih ukuran box bisa disesuaikan dengan kebutuhan barang bawaan kamu. Kamu bisa menyesuaikan barang bawaan kamu dengan syarat pemasangan box tidak melebihi lebar terluar motor dan panjangnya harus disesuaikan dengan struktur motor. Agar tidak membahayakan pengendara di belakang, pilihlah box motor yang tidak terlalu menonjol ke belakang.


3. Sesuaikan Bobot Box


Ada baiknya kamu memilih box dengan bobot yang ringan. Selain mudah dibongkar dan dipasang, box dengan bobot yang ringan akan menjaga kendaraan kamu tetap stabil. Selain itu, perkirakan juga bobot bawaan yang akan kamu masukkan ke dalam box agar tidak terlalu berat. Selain mengganggu kenyamanan, box yang terlalu berat juga berisiko bagi keselamatanmu di jalan.


4. Pilih yang Sudah Terjamin Keamanannya


Keamanan dalam memilih box harus didahulukan agar kenyamanan dan keselamatan kamu selama di perjalanan dapat terjaga. Kamu bisa memilih box dengan plate yang mudah dibongkar-pasang ataupun box yang dilengkapi dengan pengunci ganda agar barang bawaan kamu tidak mudah dibobol orang lain.

Dengan menggunakan box motor akan membuat perjalanan mudik kamu nyaman dan tetap aman. Pastikan memilih box yang tepat untuk barang bawaaan kamu agar bawaan kamu tetap aman dan tidak mudah terjatuh saat dalam perjalanan mudik.


EmoticonEmoticon