Thursday, May 21, 2020

Tips Menjaga Kesehatan Mental di Situasi Pandemi

Tips Menjaga Kesehatan Mental di Situasi Pandemi - Fakta bahwa Pandemi Covid 19 sekarang ini tidak hanya berpengaruh terhadap kesehatan fisik saja tetapi juga pada kesehatan mental. Jangan salah, kesehatan mental justru dapat mempengaruhi kesehatan fisik Sebagian besar masyarakat di seluruh dunia mengalami peningkatan stres dan rasa cemas yang berlebih di saat pandemi sekarang. Belum lagi mereka yang bingung dan frustasi karena kehilangan pekerjaan.

cara menjaga kesehatan mental


Ketakutan akan tertular virus baik diri sendiri bahkan keluarga membuat kita untuk tetap Stay at Home. Tetapi terkadang seseorang juga akan jenuh untuk ketika harus berada di rumah saja, bahkan mungkin lebih dari 3 bulan selami pandemi ini berlangsung.

Maka dari itu diperlukan juga edukasi terkait kesehatan mental selama masa karantina ini. Tidak hanya saat pandemi tetapi juga bagaimana nantinya ketika kita menghadapi keadaan pasca pandemi. 

Lalu apa yang harus kita lakukan untuk menjaga kesehatan mental kita ketika harus tetapi dirumah saat pandemi seperti ini? Simak tipsnya.


Tips Menjaga Kesehatan Mental di Kala Pandemi Covid 19


1. Memilah Informasi untuk Mengurangi Kecemasan

Kamu dapat mengurangi kecemasan yang berlebih dengan sedikit mengurangi membaca, menonton, atau mendengarkan berita yang sensitif. Baca atau tontonlah informasi dari media yang kredibel dan bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Ketika kamu membaca sebuah berita yang kebenarannya masih diragukan malah akan menimbulkan kecemasan dan ketakutan dan mempengaruhi mentalmu. 
Terlebih lagi bagi kamu yang suka membuka berita online di internet, disituasi yang kemalut seperti ini justru kamu harus pintar-pintar memilih berita yang baik untuk dibaca atau tidak. 


2. Tetap bersosial

Mungkin akan sulit di saat pandemi untuk keluar rumah sekadar bertemu dan nongrong bersama teman. Meskipun dari rumah kamu masih bisa bersosial dengan dunia luar secara online. Nyatanya dengan internet pun bisa mendekatkan orang yang jauh. Zaman semakin canggih, kamu bisa terhubung dengan banyak temanmu secara online via zoom. Bisa juga videocall dengan keluarga atau kerabat dekat. Jadi meskipun di rumah kamu tetap bisa berinteraksi dengan mereka. Hal ini sangat penting karena di saat pandemi justru kita butuh teman dan dukungan dari orang lain.


3. Melakukan hal-hal positif

Melakukan kegiatan yang kamu sukai ketika di rumah menjadi pengobat stress tersendiri. Misalnya mencoba untuk berkebun di rumah atau sekadar bermain PS bersama anak atau anggota keluargamu. Terkadang rutinitas membuat kita jenuh, jadi lakukanlah hal-hal baru yang membuatmu merasa mendapatkan pengalaman baru dan recharge diri. Ini sederhana tetapi banyak orang yang tidak melakukannya.


4. Mengatur pola hidup

Meskipun banyak kerjaan atau tugas di rumah, usahakan untuk tetap mengatur pola hidupmu. Bangun pagi dan tidur tepat waktu membuat stressmu berkurang. Selain itu pola makan juga sangat berpengaruh. Makanlah makanan bergizi seperti sayur-sayuran dan buah.Apa yang kamu makan akan mempengaruhi kesehatan fisikmu. Jadi lakukanlah pola hidup sehat saat ini juga.


5. Konsultasi Kesehatan Mental

Ketika kamu sudah memiliki masalah kesehatan mental, jangan takut pergi ke dokter untuk sekadar konsultasi. Jangan pernah mendiagnosa masalah mentalmu sendiri karena itu akan memperburuk keadaanmu. Jika kamu tidak sempat pergi ke dokter atau saat kondisi yang tidak memperbolehkan mu untuk keluar, masih ada layanan konsultasi psikologi online. Konsulasi online seperti ini sudah banyak bahkan ada yang gratis. Contohnya saja Halodoc yang merupakan aplikasi dan layanan kesehatan online terpopuler saat ini. Kamu bisa konsultasikan kesehatan mentalmu dengan para dokter profesional yang ada di Halodoc. 

11 comments

Kalo lagi pandemi ini memang kudu banget untuk menjaga kesehatan mental. Apalagi kian hari kian bertambah, bukannya ngurang hem. Perlu sekali memilah informasi yang masuk agar diri tetap waras mencernanya. Berpikir posituf itu juga penting. Menjaga silaturahmi juga, walau online. Dan lain-lain :D

Memilah Informasi untuk Mengurangi Kecemasan

Poin 1 ini penting banget. Apalagi sekarang banyak berita hoax yang bertebaran di mana-mana. Jadi, memilah informasi itu penting banget.

Poin 4 nih yg susah untuk d aturnya juga ya ,tp mungkin saya harus terus d coba ya

Melakukan hal - hal positif adalah kuncinya

Poin pertama dan ketiga sangat menjadi penentu. Dari banyaknya media yang memberitakan terkadang ada informasi hanya menakut-nakutkan masyarakat, sehingga terjadinya kepanikan. Melakukan yang positif di masa pandemi ini sangat banyak, salah satunya baca buku, buku cetak bukan digital. Minusnya meningkag ntar, hehe..

Nomor satu menurut saya sangat efektif untuk menjaga kesehatan mental, dengan mengurangi dan menyaring informasi yang masuk

Ketakutan yang terbesar adalah Ketakutan akan tertularnya virus Covid-19 ini baik diri sendiri bahkan keluarga. tidak dipungkiri bahwa ketakutan ini membuat kita jadi Parno. sebentar-sebentar cuci tangan.
Terimakasih sudah memberikan tips menjaga kesehatan di masa pandemik ini.

Mantappp banget bro emng ketakutakan itu membuat orng jadi parno

semakin hari pengetahuan soal kesehatan mental semakin diperhatikan, ini bagus karena kelihatannya semakin banyak orang stres dll hehehe

Iya ini bener banget! Terima kasih infonya sangat bermanfaat semoga pandemi ini cepat berakhir dan kita bisa beraktifitas normal kembali aamiinn

Jagalah mental juga perlu, sebab bisa memicu masyarakat menjadi stress salah satunya


EmoticonEmoticon