Monday, October 25, 2021

Cara Memulai Proses Recruitment yang Benar

Cara Memulai Proses Recruitment yang Benar - Setiap perusahaan pasti memiliki bagian recruiter yang bertugas untuk mencari kandidat pekerja yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Untuk menciptakan kinerja yang nyaman dan berkualitas, seluruh sumber daya manusia di perusahaan harus memiliki kualitas.

cara rekrutmen karyawan

Tidak mudah untuk melakukan proses rekrutmen, apalagi jika ada banyak kandidat pekerja yang masih maka recruiter harus mengecek lamaran tersebut satu per satu. Itulah mengapa cara recruiter dalam melakukan proses ini sangatlah penting bagi perusahaan.

Mencari karyawan yang baik bisa dibilang tidak mudah, tetapi bisa didapatkan asal dilakukan dengan proses awal yang baik dan tepat. Beberapa cara di bawah ini membantu kamu untuk mendapatkan karyawan yang berkualitas, tidak hanya mendapatkannya tetapi juga membuat mereka bertahan dan berdedikasi dengan perusahaan. Terlebih lagi jika perusahaan seperti startup yang baru dirintis.



Cara Memulai Proses Recruitment yang Benar


1. Menganalisa Kebutuhan Perusahaan Terkait Posisi yang Kosong


Apabila perusahaan menemukan posisi yang kosong, rekrutmen biasanya akan dilaksanakan untuk mencari kandidat yang tepat dengan posisi tersebut. Perusahaan harus menganalisa terlebih dahulu kebutuhan rekrutmen karyawan baru agar mendapatkan yang terbaik.


Perusahaan harus segera menyusun kualifikasi yang dibutuhkan untuk menempati posisi tersebut agar karyawan lama bisa segera mendapatkan bantuan kerja. Terkadang, perusahaan juga melakukan transfer posisi agar kinerja dan produktivitas tidak terganggu.



2. Merencanakan Proses Rekrutmen


Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah merencanakan proses rekrutmen dengan baik. Perusahaan harus membuat rencana yang matang agar posisi yang kosong bisa terisi oleh pekerja dengan kualifikasi yang sesuai dan dibutuhkan oleh perusahaan.


Bukan hanya tentang kualifikasi pekerja, recruiter juga harus menentukan tempat iklan tersebut akan dipublikasikan, tahapan apa saja yang akan dilakukan, dan lain sebagainya. Dengan begitu, proses rekrutmen bisa berjalan lancar dan sesuai kondisi perusahaan.



3. Pasang Lowongan Kerja


Jika semua rencana sudah matang dan lowongan kerja sudah dibuat, maka langkah selanjutnya adalah memasang lowongan tersebut ke platform yang tepat. Mulai dari media cetak, media elektronik hingga media online yang dirasa memiliki kualitas terbaik.


Selain itu, kamu juga bisa memasang lowongan tersebut di website dan media sosial resmi sebagai rujukan dari beberapa platform yang dipilih. Sebagian platform mungkin menyediakan layanan secara gratis, tapi ada juga platform berbayar.



4. Memproses Lamaran dan Melakukan Wawancara


Setelah publikasi lowongan kerja, biasanya lamaran akan masuk dan bahkan dalam hitungan hari, kamu sudah mendapatkan banyak kandidat pekerja. Setelah semua lamaran terkumpul, kamu bisa langsung memproses lamaran tersebut satu per satu dan memilahnya sekaligus.


Jika kamu sudah mendapatkan beberapa kandidat pekerja yang dirasa cocok dengan kualifikasi perusahaan, maka kamu bisa melanjutkan tahapan rekrutmen, yaitu dengan wawancara. kamu bisa melakukan wawancara, baik secara langsung maupun online.



5. Memilih Kandidat Pekerja yang Cocok


Setelah melakukan berbagai tahapan rekrutmen, termasuk wawancara, kamu akan menemukan kandidat yang paling sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan. kamu bisa memberitahu budaya kerja di perusahaan dan sedikit banyaknya tentang tugasnya nanti.


Baca juga: Apa Saja Persiapan Memulai Bisnis Online?


Jangan lupa untuk mempersiapkan penawaran dan kontrak kerja yang biasanya berisi tentang gaji, waktu kontrak kerja, tugas, jam kerja, tunjangan, dan lain sebagainya. Apabila kandidat setuju dengan semua itu, maka kamu sudah mendapatkan pekerja terbaik untuk posisi itu.



Cara Mudah Melakukan Proses Rekrutmen


Proses rekrutmen yang dilakukan secara manual tentu akan menghabiskan banyak waktu, tenaga dan biaya. Padahal, sekarang ini sudah ada cara paling mudah dan cepat untuk melakukan proses rekrutmen, yaitu dengan memanfaatkan tools solusi hiring, Shortlyst.


Shortlyst adalah tools terbaik untuk melakukan proses rekrutmen dan mendapatkan kandidat pekerja yang berkualitas sesuai kebutuhan. Tidak perlu biaya besar karena tools ini menawarkan harga yang sangat terjangkau, mulai dari 23 USD.


Jadi, bagi kamu yang ingin melakukan proses rekrutmen dengan mudah dan cepat, percayakan saja pada USP Shortlyst.



EmoticonEmoticon