Sunday, October 15, 2017

Cara Membuat Artikel Berkualitas Dan Menarik Banyak Pengunjung

Cara Membuat Artikel Berkualitas Dan Menarik Banyak Pengunjung - Dikatakan artikel berkualitas seo dan menarik itu seperti apa sih? Pasti kebanyakan dari teman-taman masih salah menafsirkannya dan bingung bagaimana cara membuatnya. Sehingga kalian tertuju ke artikel ini untuk mengetahui bagaimana cara membuat itu semua.

artikel menarik pengunjung


Apa itu artikel berkualitas seo?

Artikel berkualitas seo adalah artikel menarik yang mampu memberikan jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan pengunjung. Ya, memang setiap orang mempunyai definisi sendiri-sendiri. Intinya artikel berkualitas yaitu yang dibutuhkan oleh orang-orang. Maksudnya dibutuhkan adalah saat orang tersebut mengunjungi artikel kita maka dia akan mendapatkan apa yang mereka cari secara detail.

Untuk itu diperlukan keahlian dalam menulis artikel seo. Menulis untuk blog berbeda dengan buku. Dalam blogging mempunyai cara sendiri agar artikel kita mampu berada di halaman pertama mesin pencarian.

Mungkin kebanyakan blog akan terpaku seputar keyword. Ya, banyak blog yang terfokus membuat artikel dengan menitik beratkan pada kata kunci agar dapat peringkat pertama google. Ini yang menjadi kesalahan, bukan isi informasi yang tersampaikan tetapi malah pengunjung merasa tertipu dan kabur. Membuat artikel tidak hanya berpatok pada seo friendly tetapi juga human friendly.

Artikel berkualitas saja tidak cukup. Kenapa? Saat pertama kali, orang akan melihat judul dari artikel tersebut. Otomatis kita harus membuat kesan pertama yang baik terhadap calon pembaca. Jangan biarkan pengunjung hanya melihat beberapa detik saja artikel kita lalu pergi lagi karena artikel yang tidak berkualitas.

Lalu bagaimana agar banyak pengunjung membaca artikel kita?


1. Pilih topik yang akan menjadi bahan untuk artikel


Langkah pertama untuk membuat artikel yang baik adalah dengan menentukan garis besar dari apa yang akan di tulis. Memilih topik apa yang pas untuk di terbitkan. Topik yang baik adalah yang sesuai dengan niche blog kita. Contoh saja Saya, blog Saya memiliki niche blogging, maka dari itu yang harus dilakukan adalah membuat artikel yang berhubungan dengan blog, misal tips seo, membuat artikel berkualitas, cara meningkatkan pengunjung organik, dan lainnya. 

Dalam menentukan topik, sebaiknya lihat dulu pesaing dan kepopuleran topik tersebut. Jika tema yang Kamu angkat ternyata sudah banyak yang membuat artikelnya, pertimbangkan dulu apakah masih mau lanjut atau tidak. Jika lanjut ada dua pilihan antara artikelmu tenggelam atau naik di halaman pertama. 

Bagiaman kita bisa bersaing dengan blog lain dengan tema yang sama? Jawabannya satu, buat artikel dengan pembahasan dari sudut pandang kita. Meskipun yang dibahas sama, tapi kita mempunyai pemikiran yang berbeda. Itu yang membuat artikelmu berbeda dan menarik dilihat pengunjung


2. Melakukan riset mengenai informasi topik itu


Dalam hal ini yang perlu kita riset adalah kata kunci, jumlah pencarian, dan artikel high cpc.

Untuk melakukan riset tersebut Saya hanya menggunakan google keyword planner dan kata kunci turunan yang berada di bawah kotak pencarian google.

Sebaiknya pilih keyword utama atau yang menjadi pembahasan dengan jumlah pencarian tinggi atau sedang kisaran 100 ribu-satu juta. Utamakandengan tingkat persaingan yang rendah atau sedang. Kenapa tidak memilih yang tingkat persaingan tinggi?

Pada umumnya orang akan memilih yang tinggi, tetapi itu akan berdampak pada artikelmu yang sulit bersaing untuk menempati halaman pertama. Jika tingkat keketatn tinggi dan jumlah pencarian banyak maka yang diuntungkan hanya artikel yang berada diantara halaman pertama sampai kedua. Selebih dari itu artikelmu mempunyai sedikit peluang untuk diklik.


3. Menggunakan bahasa yang informatif


Pernahkah Kamu membaca artikelmu sendiri? Bagaimana pendapatmu mengenai tulisan setelah membacanya? Kebanyakan blogger jarang yang membaca artikelnya sendiri sebelum dipublish. Padahal ini penting, kenapa?. Dengan membaca seolah-olah Kamulah yang menjadi pengunjung blog dan mempunyai anggapan apakah artikel tersebut menarik atau tidak.

Bahasa informatif juga tidak melupakan bahasa yang baik dan benar. Tetapi Kamu juga boleh menggunakan bahasa akrab misalnya dengan memanggil sapaan pengunjung seperti "bro, sahabat, anda, dan lainnya". Utamakan bahasa yang digunakan mudah dipahami oleh visitor. Percuma Kamu menjelaskan panjang-panjang tetapi poin-poin yang utama tidak tersampaikan. 

Untuk memudahkannya biasannya Saya menggunakan penomoran untuk memberikan penekanan atau hal penting sebagai poin yang akan disampaikan. Contohnya saja artikel ini. Namun tidak semua artikel harus diberikan numeric, artikel berupa paragraf juga boleh. Dalam perihal penomoran biasanya untuk artikel seperti tips, tutorial ataupun langkah. Seperti Tips membuat artikel berkualitas seo ini.


4. Sebuah artikel harus menyelesaikan masalah


Pengunjung pasti memilih membaca sebuah artikel seo yang mengupas semua yang dicarinya ketimbang artikel bersambung. Maksudnya bersambung yaitu artikel tersebut dibagi menjadi beberapa artikel yang membahas per bagian. Misalnya judul artikel dan diberi part 1 sampai part 3. Memang betul ini akan meningkatkan banyak pengunjung. Tetapi tidak selamanya begitu, pengunjung malah akan pergi meninggalkan blogmu. Mereka cenderung ingin mudah dalam mencari informasi sehingga tidak membuang waktu mereka.

Kelemahan dari membuat artikel per part juga meningkatkan bounce rate blog karena presentase pantulan cenderung tinggi jika mereka langsung meninggalkan blog.


5. Lakukan optimasi SEO agar masuk pageone


Artikel berkualitas juga memerlukan seo. Dalam hal ini seo onpage dan offpage sangat berpengaruh dalam menentukan peringkat di google. Biasanya karena terpaku dengan seo, lalu merubah struktur artikel yang awalnya sudah dirancang baik, seharusnya tidak. Lakukan kombinasi seo dengan isi konten yang bagus.

Baca juga: Optimasi Seo On Page Untuk Meningkatkan Page Rank Google.

Meskipun artikelmu lebih mengupas secara mendalam belum tentu juga bisa masuk ke pageone google. Memang banyak faktor yang menentukan munculnya artikel di pageone google. Bisa jadi karena umur blog, backlink, meta descriptions, dan lainnya.

Judul pun juga harus membidik keyword yang dituju dan membuat orang ingin mengkliknya. Intinya artikel berkualitas seo jangan hanya terpaku untuk mendapatkan peringkat satu google tetapi apakah artikel itu bermanfaat untuk banyak orang? Cobalah membuat artikel berkualitas dari sekarang.

1 comments so far

yang ini lagi dicoba mas, walaupun agak puyengg,, tetep dicoba lah, demiii nganuu :D


EmoticonEmoticon