Monday, August 20, 2018

Referensi Blog Untuk Tempat Belajar SEO

Referensi Blog Untuk Tempat Belajar SEO - Bagi Kamu yang membuka artikel ini sudah pasti ingin belajar mengenai SEO (search engine optimization). Sebenarnya tidak hanya blogger yang harus menggali ilmu seo, tetapi internet marketer, pebisnis online, pemilik toko online juga wajib belajar dunia seo. Itu semua memliki konsep dasar SEO yang sama.

web belajar seo gratis


Seperti mencari ilmu, untuk belajar SEO juga butuh referensi agar Kita tahu secara benar dan jelas mengenai seo itu sendiri. Semakin banyak referensi yang didapat maka semakin luas pula ilmu seo yang didapat. Lalu di mana tempat belajar SEO secara gratis? Cukup mengandalkan internet.

Tidak usah pakai jasa seo, beli ebook, dan lain sebagainya. Saya belajar dan memahami seo lewat website-website yang membahas tentang seo. Baik itu web luar ataupun dalam negeri. Dari website Kita dapat mengetahui perkembangan seo dan juga algoritma mesin pencari secara up to date. Dari sini, Kamu bisa belajar seo onpage dan juga offpage. Berikut referensi blog yang Saya gunakan untuk tempat belajar SEO.

Daftar Blog Indonesia untuk Belajar SEO


PanduanIM merupakan web yang sering Saya kunjungi ketika awal-awal mengenal dunia SEO. Bahkan merupakan website pertama yang menjadi tempat belajar Saya sebagai pemula seo. Pemilik webnya bernama Darmawan yang merupakan praktisi digital marketing.

Seperti nama webnya, kontennya berisi panduan mengenai strategi-strategi marketing untuk meningkatkan trafik dan penjualan. Dalam hal ini PanduanIM membahas berbagai hal bagaimana cara mendatangkan pengunjung, pemasaran, meraih peringkat pertama di mesin pencari, pokoknya berbau optimasi search engine deh.

Yang menariknya, konten yang dibahas dalam web ini sangat mendalam (dikupas tuntas). Dan juga dalam menyampaikan informasinya diberikan data infografis seputar topik yang ditulis. Lengkap bukan? Meskipun tulisannya panjang (membaca lebih dari 3 menit) tetapi mudah dimengerti dan tidak membosankan. Mungkin karena gaya penulisan dan juga terdapat konten pendukung seperti infografis tadi ya.


Berfokus pada konten yang berhubungan dengan teknik SEO, Rohadiright memberikan artikel yang cukup menarik bagi Saya. Hampir semua trik-trik rahasia seo yang bahkan tidak ada di postingan blog orang lain, di kupas secara mendalam di artikelnya.

Tips dan trik yang beliau share cukup membuat Saya lebih penasaran untuk selalu berkunjung ke websitenya. Jika Kamu lihat di setiap artikelnya pasti ada lebih dari  50 orang berkomentar bahkan ada yang mencapai 1000 komentar lebih.

Omblogging

Awal mula tahu omblogging adalah ketika Saya masuk ke grup blogger Indonesia di Facebook. Ketika itu om Ian juga menawarkan untuk masuk ke grup FB nya "Optimasi blog dan SEO". Nah di situ beliau share trik-trik seonya melalui artikel di blog omblogging ataupun materi di grup.

Kenapa Saya tertarik belajar di blog Omblogging? Menurut Saya cara yang disampaikan melalui artikelnya cukup mudah dipahami dan dipraktekkan. Bisa dilihat dari tulisan artikelnya bahwa beliau juga menerapkan teknik seo yang dimilikinya dalam tulisannya.

Vatih

Belum lama ini Saya menemukan website untuk tempat belajar seo rekomend menurut Saya. Awalnya Saya berselancar di web mastahseo milik suhu Airul lalu terdapat artikelnya yang mengarahkan outbund linknya  ke web vatih.com ini.

Kebanyakan konten yang disajikan merupakan konten seo menengah ke atas. Cocok bagi Kamu yang suda paham dasar-dasar seo dan yang ingin mengembangkan ilmu seo dengan membaca artikel-artikel seo nya.

Daftar Blog Luar Negeri Untuk Belajar SEO


Neilpatel

Jika Kamu terjun di dunia digital marketing, pasti sudah tahu siapa itu Neil Patel. Beliau adalah seorang yang ahli dalam bidang analisis bisnis, pengusaha, dan juga master SEO.  Neil juga telah membeli ubersuggest yang merupakan tools bagaimana cara riset kata kunci.

Dalam blog nya, Neil tidak hanya memposting artikel saja, bersama rekannya Beliau juga mempublikasikan video dan rekaman diskusi tentang sesuatu yang menarik untuk dibahas.

Banyak sekali konten-konten berkualitas yang di bahas di blognya, seperti bagaimana Kita meningkatkan trafik blog dan juga strategi seo lainnya.

Bloggertipstricks

Blog luar negeri ini juga sering Saya kunjungi tidak sekadar mencari inspirasi menulis tetapi juga belajar hal-hal baru mulai dari seo, trik blogging, bahkan juga bisnis online. Blog ini dimiliki oleh Ankit yang merupakan full time blogger, affiliate marketer, dan juga pembicara.

Dari semua daftar blog untuk belajar seo di atas, semua kontennya mengikuti aliran white hat seo. Jadi jika Kamu pengikut black hat seo, jangan salahkan jika apa yang Kamu cari tidak ada.

Demikian artikel mengenai referensi website untuk belajar seo yang Saya rekomendasikan. Teruslah belajar dan memperdalam ilmu seo. "Seseorang yang disebut pintar ketika ia terus belajar. Begitu ia merasa pintar, saat itu ia bodoh" (Abdullah ibn Mubarak)


photo by freepik
edited by rekblogging

3 comments

terima kasih atas info nya. saya mencoba membuka website panduanIM, disana dijelaskan cukup baik tip membuat blogger. sangat terbantu.

Bener banget nih, gue juga belajar dari blog diatas terutama NeilPatel dan PanduanIM. Ohh iya tambahan lagi dari web trikmudahseo dlu cuman sekarang udah jarang aktif kayaknya.

Bener banget kak, saya baca banyak artikelnya mas vatih bagus2.


EmoticonEmoticon