Wednesday, September 18, 2019

Museum Adityawarman, Museum Budaya dan Edukasi untuk Liburan Keluarga

Museum Adityawarman, Museum Budaya dan Edukasi untuk Liburan Keluarga - Mencari tujuan wisata keluarga di Padang bukanlah masalah besar. Pasalnya, banyak objek wisata alam seperti pantai yang sempurna untuk menghabiskan quality time sekaligus menyegarkan pikiran. Namun, jika ingin suasana beda dan bernuansa edukasi, Kamu bisa menjadikan Museum Adityawarman sebagai destinasi.



Apa yang menarik dari Museum Adityawarman? Berikut ulasannya.

Tentang Museum Adityawarman

Museum Adityawarman (sumber: id.wikipedia.org)

Museum Adityawarman merupakan sebuah museum di Padang yang cukup populer sebagai destinasi wisata budaya dan sejarah. Museum seluas 2,6 hektare ini didirikan sekitar 1974. Namun, peresmiannya baru dilaksanakan pada 16 Maret 1977. Kawasan museum dulunya dikenal sebagai Taman Melati, sebuah taman rekreasi masyarakat Padang.


Nama Museum Adityawarman diambil dari nama sosok raja Minangkabau, tepatnya dari Kerajaan Malaypura. Raja Adityawarman memerintah sekitar abad 14, tepatnya pada 1347-1375 M. Kerajaan di Minangkabau ini diperkirakan memiliki era yang sama dengan Kerajaan Majapahit.

Dengan luas bangunan mencapai 2.800 m2, bangunan museum terbilang unik karena menerapkan konsep Rumah Gadang, rumah adat Minangkabau. Kamu dapat melihat betapa indahnya arsitektur Rumah Bagonjong—nama lain Rumah Gadang—dengan bentuk atap menyerupai tanduk kerbau. Terdapat tujuh gonjong di atap bangunan Museum Adityawarman.

Koleksi Museum Adityawarman


Secara umum, koleksi Museum Adityawarman dibagi menjadi beberapa kelompok ilmu. Kategori tersebut meliputi keramologika, numismatika/heraldika, seni rupa, seni ukir, teknologika, historika, geologika, filologika, etnografika, biologika, dan arkeologika. Jumlah total koleksi museum mencapai 6.000 buah.

Bagi Kamu yang ingin belajar kebudayaan Minangkabau, museum ini adalah tempat yang tepat. Pasalnya, Museum Adityawarman menyimpan berbagai peninggalan sejarah dan koleksi budaya masyarakat Minangkabau. Meskipun begitu, Kamu tetap bisa menemukan beberapa koleksi budaya daerah lain di nusantara.

Diorama kebudayaan Minangkabau yang memegang sistem matrilineal menjadi primadona di Museum Adityawarman. Kamu dapat menyaksikan paparan tentang struktur kekerabatan dan berbagai aktivitas sehari-hari kaum perempuan Minangkabau. Sebut saja memasak, mengasuh anak, bahkan mengajar anak lewat berbagai pantun. Kamu pun dapat belajar tentang seluk beluk pernikahan masyarakat Minang, lengkap dengan pakaian dan perlengkapan yang dibutuhkan.

Baca juga: Cara Cepat Mendapatkan Uang di Internet

Selain diorama, Kamu akan menemukan aneka perhiasan, baju adat, alat musik tradisional, perkakas, bahkan replika makanan khas Minangkabau di dalam Museum Adityawarman. Di sisi luar, terdapat benda-benda bersejarah tak kalah menarik, seperti tugu putih, puisi perjuangan, patung pejuang dengan bambu runcing, patung-patung simbol budaya Padang, serta pesawat tempur dari zaman Perang Dunia II.

Hal yang Bisa Kamu Lakukan di Museum Adityawarman


Selain mendapat wawasan sejarah dan budaya, Kamu dapat menikmati keindahan Museum Adityawarman secara lebih maksimal. Abadikan sudut-sudut memukau di bagian luar museum dengan kamera. Rumput-rumput hijau tampak menyempurnakan keindahan bangunan ini. Kamu juga dapat berkeliling halaman museum yang dipenuhi pohon dan tumbuhan hijau.

Lokasi dan Jam Operasional Museum Adityawarman


(sumber: google maps)

Museum Adityawarman berada di Jalan Diponegoro No. 10, Belakang Tangsi, Padang Barat. Dari pusat Kota Padang, Kamu cukup berkendara sekitar 20 menit—baik dengan kendaraan pribadi maupun umum.

Untuk jam operasional, Museum Adityawarman buka setiap hari, mulai pukul 08.00-18.00 WIB. Tiket masuknya pun sangat terjangkau, hanya Rp2.000.

Itu tadi ulasan sekilas tentang Museum Adityawarman. Wisata murah tetapi memberikan banyak wawasan dan pengalaman liburan berkesan.

Buat perjalanan wisata dan bisnis ke Padang lebih menyenangkan dengan Airy. Temukan tiket pesawat ke Padang dengan harga terbaik lewat Airy App di ponsel pintar Kamu. Banyak pilihan tiket pesawat online dari berbagai maskapai dengan promo menarik.

Takut bertransaksi di Airy? Jangan khawatir. Selain menyediakan fitur refund dan reschedule, Airy juga memberikan jaminan transaksi bebas penipuan yang aman dan tidak mengecewakan.

Nah, siap berlibur bersama keluarga ke Padang?

1 comments so far


EmoticonEmoticon